Memiliki kulit wajah sensitif dan berminyak bukan jadi penghalang untuk tetap tampil mempesona dan percaya diri. Jika Anda memiliki tipe kulit tersebut, ada beberapa cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak yang bisa Anda lakukan di rumah.

Secara umum, jenis kulit wajah terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu jenis kulit normal, kulit kering, kulit kombinasi, kulit sensitif, dan kulit berminyak. Dari semua tipe kulit tersebut, tipe kulit sensitif dan kulit berminyak biasanya lebih membutuhkan perawatan ekstra.

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak - Alodokter

Kulit sensitif cenderung kering, mudah mengalami iritasi dan sering mengelupas, serta terasa perih ketika terpapar zat tertentu, seperti polusi dan bahan kimia dalam produk kosmetik atau sabun. Sementara itu, jenis kulit wajah berminyak rentan terhadap jerawat, komedo, noda hitam, dan terlihat kusam.

Untuk menjaga kondisi kulit wajah tetap sehat, hal penting yang perlu Anda lakukan adalah merawatnya sesuai dengan tipe kulit. Cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak dapat dilakukan dengan menggunakan teknik dan produk perawatan kulit wajah yang sesuai dengan kedua jenis kulit tersebut.

Cara Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Kering

Berikut ini adalah panduan merawat kulit sensitif dan cenderung kering yang dapat Anda coba lakukan:

1. Bersihkan wajah secara rutin

Agar tetap bersih dan sehat, kulit wajah perlu dicuci 2 kali sehari pada pagi hari dan menjelang tidur malam.

Saat mencuci wajah, gunakan sabun pembersih wajah berbahan kimia lembut dan hindari menggosok wajah terlalu kuat. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih secara perlahan.

2. Gunakan pelembab

Kulit wajah sensitif rentan kering dan mengelupas. Oleh karena itu, oleskan pelembab di wajah secara rutin setelah mandi dan cuci muka. Namun, pemilik kulit wajah sensitif perlu lebih selektif dalam memilih pelembap.

Untuk melembapkan kulit wajah yang sensitif, sebaiknya pilih pelembap yang mengandung petrolatum, dimethicone, hyaluronic acid, ceramide, atau niacinamide. Bahan-bahan tersebut cenderung aman dan baik untuk merawat kulit sensitif.

3. Gunakan tabir surya dan hindari paparan sinar matahari

Hindari paparan sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama karena dapat menyebabkan kulit semakin sensitif dan mengalami iritasi.

Bila Anda harus beraktivitas di luar ruangan saat matahari sedang terik, gunakan tabir surya khusus untuk kulit sensitif dengan SPF 30 atau lebih. Selain itu, kenakan pakaian yang menutupi seluruh permukaan tubuh, topi lebar, dan kacamata hitam.

4. Pilih produk perawatan yang ramah di kulit

Usahakan untuk menggunakan produk yang minim bahan kimia atau memiliki formulasi yang tidak menyebabkan iritasi kulit. Hindari menggunakan toner, astringen, dan produk perawatan kulit wajah yang mengandung alkohol, asam glikolik, dan pewangi.

Lebih baik pilihlah produk dengan bahan dasar alami, seperti lidah buaya, chamomile, atau teh hijau. Selain itu, pemilik kulit sensitif juga disarankan untuk membatasi penggunaan eksfoliator atau scrub wajah karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

5. Batasi waktu mandi

Pemilik kulit sensitif dan cenderung kering disarankan untuk mandi tidak lebih dari 10 menit. Hindari pula mandi dengan air panas karena dapat menghilangkan produksi minyak di wajah dan menyebabkan wajah menjadi kering. Mandilah dengan air biasa atau air yang sedikit hangat untuk merawat kulit sensitif.

6. Jalani pola hidup sehat

Selain kelima cara di atas, pemilik kulit sensitif dan kering juga perlu menjalani pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan kulit wajahnya. Cara tersebut bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang, memperbanyak konsumsi buah dan sayur, serta cukup minum air putih.

Untuk merawat kulit sensitif, Anda juga perlu menghindari stres dan paparan polusi, misalnya asap rokok, karena kedua hal tersebut bisa menyebabkan kulit mudah iritasi dan tampak kusam.

Cara Merawat Kulit Wajah Berminyak

Umumnya, kulit berminyak memiliki pori-pori yang lebih besar, tampak mengkilap, dan cenderung kusam. Selain itu, kulit wajah berminyak juga mudah berjerawat dan berkomedo.

Untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang dapat muncul akibat kulit berminyak, Anda dapat mencoba cara merawat kulit wajah berminyak di bawah ini:

1. Bersihkan wajah secara rutin

Pemilik kulit wajah berminyak perlu mencuci muka 2–3 kali sehari, yaitu pagi hari setelah bangun tidur, setelah berolahraga atau ketika wajah banyak berkeringat, dan menjelang tidur malam.

Saat mencuci muka, pilihlah sabun wajah berbahan kimia lembut dan mengandung gliserin serta bebas alkohol.

2. Gunakan toner setelah mencuci muka

Bila perlu, gunakan toner ke area wajah menggunakan kapas setelah mencuci muka untuk mengangkat minyak, kotoran, dan sisa make up yang mungkin masih menempel di wajah. Selain itu, toner juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH kulit wajah.

Jika ingin menggunakan toner, pilihlah produk toner yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi. Bahan-bahan tersebut efektif untuk mengurangi produksi minyak atau sebum di wajah.

3. Gunakan pelembab dan tabir surya

Meski memiliki kulit wajah berminyak, Anda tetap perlu menggunakan pelembab dan tabir surya, terutama jika ingin beraktivitas di luar rumah.

Hal ini penting untuk menjaga agar kulit wajah tetap terhidrasi dan mencegah efek buruk sinar matahari yang bisa menyebabkan keriput, noda hitam di wajah, dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan produk pelembab yang mengandung tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Untuk mencegah munculnya jerawat, gunakan tabir surya dan pelembap yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide serta bebas alkohol dan wewangian.

4. Pilih produk perawatan khusus untuk kulit berminyak

Pilihlah produk perawatan kulit wajah atau kosmetik yang berbahan dasar air dan tidak mengandung minyak. Saat hendak membeli produk perawatan kulit wajah atau kosmetik, perhatikan label kemasan dan carilah produk yang berlabel water-based atau oil free.

Selain itu, carilah produk berlabel noncomedogenic yang tidak menyebabkan penyumbatan pada pori-pori. Beberapa produk perawatan yang baik digunakan oleh pemilik kulit berminyak, antara lain kertas minyak dan masker wajah yang mengandung tanah liat untuk menyerap minyak berlebih di kulit wajah.

Tak hanya masker tanah liat, Anda juga bisa menggunakan masker kecantikan berbahan alami lain, seperti masker madu, masker telur dan lemon, masker lidah buaya, masker tomat, serta masker almond yang juga baik untuk mengatasi masalah kulit berminyak.

5. Terapkan pola makan sehat

Apapun jenis kulit Anda, Anda harus selalu menjalani pola hidup sehat. Jika Anda adalah pemilik kulit berminyak, hindari mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti seperti gorengan, makanan tinggi gula, dan makanan olahan.

Pada dasarnya, setiap perawatan kulit wajah membutuhkan waktu dan konsistensi agar hasil yang dicapai lebih maksimal. Oleh karena itu, cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak ini perlu dilakukan secara rutin setiap hari. Jika perlu, konsultasi dengan dokter kulit untuk menentukan perawatan wajah yang optimal.