Lidah putih pada bayi umumnya bukan masalah yang serius dan mudah untuk diobati. Tapi jika kondisi ini mulai mengganggu nafsu makan Si Kecil, Anda disarankan segera menghubungi dokter. Anda juga harus mengetahui penyebab dan pencegahannya agar kondisi ini tidak terulang kembali.

Lidah putih pada bayi merupakan pertanda adanya infeksi jamur. Kondisi inilah yang menyebabkan bercak putih atau kuning  pada langit-langit , gusi, bibir, dan lidah pada mulut bayi. Infeksi jamur ini juga bisa menyebar ke tenggorokan, amandel, atau kerongkongan. Lapisan putih ini biasanya tidak dapat dihilangkan dengan mudah.

Ini Penyebab Lidah Putih pada Bayi dan Cara Pencegahannya - Alodokter

Salah satu gejala utama dari infeksi jamur ini adalah terdapatnya lapisan putih pada lidah dan sekitar mulut bayi. Tapi, lapisan putih pada lidahnya yang bisa dibersihkan dengan mudah kemungkinan hanya disebabkan oleh susu. Infeksi jamur ini jarang membuat bayi merasa rewel, tetapi mereka bisa malas untuk menerima minuman atau makanan.

Penyebab lidah putih Pada Bayi

Jamur penyebab infeksi ini disebut Candida albicans. Orang yang sehat sekalipun bisa memiliki jamur ini di dalam mulutnya, dan biasanya itu tidak menyebabkan suatu masalah. Tapi, pertumbuhan jamur yang terlalu cepat pada akhirnya dapat menginfeksi selaput mulut. Infeksi jamur dapat menyerang siapa saja, tetapi paling umum menyerang bayi berusia kurang dari 6 bulan.  Bayi lebih berisiko terinfeksi jamur karena sistem imun mereka belum berkembang sempurna dan kemampuannya dalam melawan infeksi masih rendah. Terutama pada bayi yang terlahir prematur (sebelum usia kehamilan 37 minggu).

Lidah putih pada bayi akibat infeksi jamur juga cenderung terjadi pada bayi yang menerima obat-obatan antibiotik. Antibiotik bekerja dengan cara melemahkan bakteri baik yang mengendalikan pertumbuhan jamur di mulut. Apabila ibu dari bayi sedang menerima antibiotik untuk melawan infeksi tertentu, juga akan menurunkan jumlah bakteri baik yang melawan jamur. Ini membuat Anda lebih mudah terinfeksi jamur dan akhirnya menularkannya pada Si Kecil.

Jika dirasakan perlu untuk memberikan pengobatan, dua obat antijamur yang biasa diberikan dokter untuk mengobati lidah putih pada bayi adalah:

  • Miconazole, merupakan obat yang biasa direkomendasikan oleh dokter dalam  bentuk gel. Anda cukup mengoleskan obat ini pada mulut bayi yang terkena infeksi menggunakan jari yang bersih.
  • Nistatin, obat tetes ini dapat diberikan pada lidah bayi menggunakan pipet. Nistatin lebih mudah diberikan pada bayi dan  biasanya tidak menimbulkan efek samping.

Anda mungkin juga disarankan untuk memberikan yogurt yang mengandung bakteri baik untuk mengatasi infeksi jamur penyebab lidah putih pada bayi. Tapi pemberian yogurt ini harus sesuai anjuran dokter dengan mempertimbangkan usianya.

Pencegahan Lidah Putih Pada Bayi

Untuk mencegah lidah putih pada bayi, Anda dapat melakukan hal-hal yang penting ini seperti mensterilkan mainan, botol, dan peralatan makan secara teratur. Tidak lupa untuk selalu mencuci tangan dengan bersih setelah mengganti popok.

Jika Anda sedang menyusui dan bayi Anda terinfeksi jamur, kemungkinan Anda juga akan mengalami infeksi yang sama pada puting dan payudara Anda. Anda tetap dianjurkan untuk menyusui bayi dan memberikan krim anti jamur pada puting setelah selesai menyusui. Jangan lupa juga untuk membersihkan puting dari krim terlebih dahulu sebelum Anda menyusui bayi.

Pengobatan infeksi jamur cukup mudah bagi mereka yang sehat, tetapi gejala yang lebih buruk dapat timbul ketika kekebalan tubuh seseorang sedang lemah. Obat-obatan yang diberikan juga harus diimbangi dengan pembersihan lidah untuk membantu dan mencegah infeksi datang kembali. Jika lidah putih pada bayi belum juga sembuh setelah diberikan obat, segera hubungi dokter kembali.