Tidak ada hubungan yang selalu berjalan mulus. Tentu ada kalanya bermasalah dan menjadi renggang. Nah, bila hubunganmu sedang mengalami kerenggangan, jangan buru-buru memutuskan untuk berpisah, ya. Pasalnya, bisa jadi hubungan kalian sebenarnya masih layak untuk dipertahankan, lho.

Setiap hubungan pasti memiliki permasalahannya masing-masing, mulai dari perbedaan cara pandang, perbedaan prioritas, masalah finansial, hingga menjalani hubungan jarak jauh (LDR). Namun, adanya masalah bukan berarti hubunganmu harus berakhir begitu saja, ya.

Ini Tanda Hubungan Kamu dan Pasangan Masih Layak Dipertahankan - Alodokter

Selama hubungan yang kamu jalani tidak termasuk ke dalam hubungan yang toxic atau bahkan hubungan abusive, kamu masih memiliki pilihan, kok, untuk mempertahankan hubungan tersebut. Oleh sebab itu, kamu perlu mengenali hal-hal apa saja yang bisa menjadi tanda bahwa hubunganmu layak untuk dipertahankan.

Tanda Hubungan Masih Layak Dipertahankan

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi tanda bahwa hubunganmu dan pasangan masih layak untuk dipertahankan:

1. Komunikasi masih berjalan

Untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam suatu hubungan, diperlukan komunikasi yang baik antara kedua belah pihak. Inilah alasan mengapa komunikasi yang baik disebut sebagai kunci dari hubungan yang sehat.

Oleh sebab itu, jika kamu dan pasangan masih sama-sama mau mengesampingkan ego dan emosi masing-masing, demi menyelesaikan masalah secara terbuka, ini merupakan tanda pertama bahwa hubungan kalian masih layak untuk dipertahankan.

2. Masih ada rasa percaya

Tidak hanya komunikasi, rasa percaya juga merupakan dasar dari suatu hubungan yang sehat, lho. Sebesar apa pun masalah yang ada, jika kamu masih memiliki rasa percaya pada pasanganmu, begitu pula sebaliknya, ini artinya hubungan kalian masih bisa diperjuangkan, kok.

3. Kedua belah pihak masih ingin bertahan

Perlu diingat, membina dan mempertahankan suatu hubungan harus dilakukan oleh kedua belah pihak. Contohnya dengan memaklumi bahwa setiap orang pasti pernah berbuat salah, bersedia memaafkan kesalahan pasangan, dan mau memperbaiki diri bersama.

Sebaliknya, jika usaha untuk mempertahankan hubungan hanya dilakukan oleh satu pihak saja, hal ini pasti tidak akan berjalan lancar. Maka dari itu, bila kamu dan pasangan masih mau berusaha untuk mempertahankan hubungan kalian, ini juga bisa menjadi tanda bahwa hubunganmu masih layak untuk dipertahankan.

4. Bisa menjadi diri sendiri

Setiap orang pasti memiliki kekurangan, ketakutan, atau rahasia terdalam yang tidak dapat diceritakan atau ditunjukkan ke banyak orang. Nah, apabila kamu merasa bisa menjadi dirimu sendiri dan bisa terbuka di depan pasanganmu, ini juga bisa kamu jadikan tanda bahwa hubunganmu dengannya masih layak untuk diperjuangkan.

Pasalnya, menemukan seseorang yang bisa menerima kita apa adanya, dengan segala kekurangan yang dimiliki, bukanlah merupakan hal yang mudah, lho.

5. Tidak ada rasa terpaksa

Adanya perasaan terpaksa atau terjebak merupakan salah satu tanda bahwa kamu sedang menjalani hubungan yang kurang sehat. Jadi, cobalah ingat-ingat, apakah saat ini kamu merasa terpaksa melakukan kegiatan bersama pasanganmu? Dan masih adakah hobi atau aktivitas yang bisa kamu nikmati bersama pasangan?

Bila ada, ini merupakan salah satu indikator bahwa hubunganmu masih layak dipertahankan, karena artinya kamu dan pasangan masih sama-sama bisa menikmati kebersamaan kalian.

Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mempertahankan Hubungan

Jika kamu melihat tanda-tanda di atas dalam hubungan yang kamu jalani saat ini, artinya hubungan kamu dan pasangan masih layak untuk dipertahankan. Nah, untuk mempertahankannya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  • Komunikasikan masalah yang ada dengan jujur dan terbuka.
  • Diskusikan solusi untuk setiap permasalahan dengan kepala dingin.
  • Samakan ekspektasimu dan pasangan mengenai hubungan yang sedang dijalani.
  • Lakukan quality time bersama pasangan, misalnya dengan traveling, menonton film, makan malam, atau sekadar olahraga bersama.
  • Biasakan mengucapkan terima kasih untuk setiap hal baik yang dilakukan pasangan. Ini berguna untuk membuat pasanganmu merasa diapresiasi sekaligus mengingatkanmu mengenai hal positif yang dimilikinya.

Mempertahankan hubungan yang renggang memang tidak mudah, tapi dengan usaha yang maksimal, hal tersebut bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Namun, apabila kamu merasa kesulitan untuk mempertahankan hubunganmu dengan pasangan saat ini, jangan ragu untuk meminta bantuan psikolog, ya.