Ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat, termasuk obat sakit gigi untuk ibu hamil, karena dikhawatirkan dapat memengaruhi kondisi janin dan ibu. Lantas, obat sakit gigi apa yang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Simak artikel ini untuk mengetahui obat sakit gigi untuk ibu hamil.

Sakit gigi merupakan gangguan kesehatan yang umum dialami oleh ibu hamil. Salah satu penyebab sakit gigi saat hamil adalah perubahan hormon yang memicu muntah. Jika muntah terjadi terus-menerus, asam dari lambung yang kembali ke mulut dapat mengikis email gigi dan menyebabkan sakit gigi.

Inilah Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil - Alodokter

Selain itu, sakit gigi pada ibu hamil juga bisa disebabkan oleh plak akibat kebersihan gigi yang tidak terjaga, gusi sensitif, atau perubahan pola makan. Untuk mengatasi sakit gigi, ibu hamil dapat melakukan cara alami atau mengonsumsi obat sakit gigi untuk ibu hamil yang telah terbukti aman.

Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil yang Aman

Sebelum mengonsumsi obat-obatan, termasuk obat sakit gigi untuk ibu hamil, Bumil sebaiknya berkonsultasi ke dokter gigi terlebih dahulu. Nantinya, dokter gigi akan meresepkan obat sakit gigi yang aman, seperti paracetamol.

Paracetamol yang diresepkan oleh dokter tergolong aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain sakit gigi, paracetamol juga bisa digunakan untuk meredakan demam, sakit kepala, dan nyeri sendi atau otot.

Namun, usahakan untuk meminimalkan konsumsi paracetamol selama hamil. Jika sakit gigi menyerang, minumlah paracetamol dengan dosis terendah atau sesuai yang diresepkan oleh dokter. Bumil juga tidak disarankan untuk mengonsumsi paracetamol dalam jangka panjang.

Selain paracetamol, dokter juga mungkin meresepkan antiseptik yang mengandung benzocaine sebagai obat sakit gigi untuk ibu hamil.

Cara Alami Meredakan Sakit Gigi untuk Ibu Hamil

Karena tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat, Bumil dapat menerapkan beberapa cara alami berikut ini untuk meredakan sakit gigi:

Berkumur dengan air garam hangat

Air garam hangat sudah sejak lama dipercaya dapat meredakan sakit gigi. Bumil dapat mencampurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat untuk berkumur. Berkumur dengan air garam hangat bisa Bumil lakukan beberapa kali dalam sehari.

Kompres dingin

Kompres dingin atau minum air es bisa menjadi cara lain untuk meredakan peradangan yang menyebabkan sakit gigi. Bumil dapat mempelkan kompres dingin di bagian luar pipi selama sekitar 20 menit.

Jika cara di atas masih belum mampu meredakan sakit gigi, Bumil dapat mengonsumsi obat sakit gigi untuk ibu hamil sesuai yang diresepkan oleh dokter.

Jangan pernah mengabaikan sakit gigi yang muncul selama masa kehamilan. Sakit gigi yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan infeksi gusi atau gingivitis. Gingivitis saat hamil diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya preeklampsia, kelahiran prematur, dan bayi terlahir dengan berat badan yang rendah.

Untuk mencegah sakit gigi selama masa kehamilan, ada beberapa cara yang bisa Bumil lakukan, antaranya lain:

  • Membersihkan gigi 2 kali sehari menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride
  • Menggunakan benang gigi, setidaknya 1 kali sehari, untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi
  • Membatasi makanan atau minuman manis
  • Memilih camilan yang sehat, seperti sayuran dan buah-buahan segar, yogurt, atau biskuit gandum
  • Menghindari penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol
  • Berkumur dengan campuran air hangat dan baking soda setiap habis muntah, untuk menghilangkan asam di gigi yang bisa merusak email gigi

Apabilan keluhan sakit gigi tidak kunjung membaik, bahkan setelah mengonsumsi obat sakit gigi untuk ibu hamil, segera konsultasikan kembali ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.