Kok kulitku tetap kusam ya, padahal setiap pagi pakai skincare?” Apa kamu punya keluhan yang sama? Wah, jangan-jangan urutan skincare pagi kamu salah, tuh! Biar manfaatnya lebih maksimal, kamu harus tahu tahapan penggunaan skincare pagi yang tepat.

Sebelum beraktivitas di pagi hari, kamu dianjurkan untuk menggunakan skincare pagi. Tujuannya agar kulit terlindungi dari kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebihan dan asap kendaraan.

Jangan Sampai Salah, Ini Urutan Skincare Pagi yang Tepat - Alodokter

Skincare pagi terdiri dari beberapa produk dengan fungsi yang bermacam-macam. Agar setiap produk bisa bekerja dengan efektif, sebaiknya produk tersebut digunakan sesuai urutan yang tepat.

Urutan Skincare Pagi yang Tepat

Pada dasarnya, urutan menggunakan produk perawatan kulit dimulai dari konsistensi dan kepekatannya paling ringan hingga padat. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah urutan skincare pagi yang benar:

1. Sabun cuci muka

Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit adalah tahapan pertama dalam skincare pagi. Sabun cuci muka yang digunakan di pagi hari ditujukan untuk menghilangkan kotoran di wajah yang berasal dari bantal, guling, selimut, atau seprai.

Sembari mencuci muka, kamu bisa memijat wajah dengan lembut. Setelah itu, bilas wajah sampai bersih dan keringkan dengan tisu atau handuk yang lembut. Jangan digosok, cukup tepuk-tepukkan tisu atau handuk ke wajah.

2. Toner

Setelah cuci muka, urutan skincare pagi selanjutnya adalah toner wajah. Toner dirancang untuk mengembalikan tingkat keasaman kulit yang bisa saja berubah setelah kamu mencuci muka. Produk ini juga bisa membantu menjaga kelembapan kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati atau kotoran yang masih tersisa.

Selain itu, toner berperan sebagai dasar perawatan kulit, sehingga skincare yang digunakan setelahnya dapat menyerap dan bekerja dengan lebih baik. Cara menggunakannya mudah kok, cukup ditepuk-tepuk langsung ke wajah atau dituangkan ke kapas lalu usapkan secara lembut ke wajah.

3. Serum

Selanjutnya, gunakanlah serum. Produk skincare ini umumnya mengandung berbagai bahan aktif berkonsentrasi tinggi yang berguna untuk menutrisi dan mengatasi berbagai masalah pada kulit, seperti jerawat, kerutan, dan flek hitam.

Untuk menggunakannya, kamu bisa mengoleskan beberapa tetes serum ke wajah dan leher secara merata. Kemudian, tunggulah hingga serum benar-benar terserap sebelum kamu menggunakan produk perawatan wajah selanjutnya.

4. Pelembap

Kamu bisa lanjutkan langkah perawatan kulit di pagi hari dengan menggunakan  pelembap wajah atau moisturizer. Pelembap wajah bermanfaat untuk menenangkan, melembutkan, dan menjaga kelembapan kulit wajahmu sepanjang hari.

Penggunaan pelembap bisa kamu lakukan dengan cara mengoleskannya ke seluruh wajah sembari melakukan pijatan lembut.

5. Sunscreen

Sunscreen merupakan urutan terakhir dan paling tidak boleh dilewatkan dalam rutinitas perawatan kulit di pagi hari. Produk ini berperan dalam melindungi kulitmu dari bahaya paparan sinar matahari, seperti sunburn, penuaan dini, bahkan kanker kulit.

Supaya perlindungannya maksimal, pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30. Oleskan sunscreen kira-kira sebanyak dua ruas jari secara merata ke seluruh wajah dan leher. Selain itu, jangan lupa untuk reapply sunscreen setiap 2 jam sekali, ya.

Mulai sekarang, yuk terapkan urutan skincare pagi yang benar agar manfaatnya menjadi lebih maksimal. Selain memperhatikan urutannya, pastikan juga kamu memilih produk skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Apabila kamu memiliki kesulitan untuk menentukan produk perawatan kulit yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.