Ada berbagai penyebab telinga berdenging sebelah kiri, mulai dari yang ringan hingga serius. Meski terkesan sepele, telinga berdenging yang disertai dengan gangguan pendengaran atau gangguan keseimbangan tubuh perlu untuk diwaspadai.

Telinga berdenging atau tinnitus merupakan salah satu keluhan yang umum terjadi. Keluhan ini biasanya ditandai dengan suara berdering atau bergemuruh yang terdengar di telinga, tetapi bukan berasal dari luar telinga. Telinga berdenging bisa terjadi pada salah satu atau kedua telinga, baik kiri atau kanan.

Jangan Sepelekan, Ini 6 Penyebab Telinga Berdenging Sebelah Kiri - Alodokter

Sebagian orang bisa sesekali mengalami telinga berdenging sebelah kiri, tetapi ada juga yang merasakannya hampir sepanjang waktu dan sangat mengganggu. Suara berdenging ini biasanya lebih terdengar di malam hari atau saat suasana sunyi.

Berbagai Penyebab Telinga Berdenging Sebelah Kiri

Penyebab telinga berdenging, baik sebelah kiri, kanan, maupun kedua telinga, belum diketahui secara pasti. Namun, keluhan ini diduga disebabkan oleh kerusakan rambut halus di dalam telinga yang secara tidak normal mengirim sinyal suara ke otak. Selanjutnya, otak mengartikan sinyal tersebut sebagai kebisingan.

Secara umum, berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab telinga berdenging sebelah kiri:

1. Penumpukan kotoran telinga sebelah kiri

Penyebab paling umum telinga berdenging adalah penumpukan kotoran. Kotoran yang menumpuk bisa menyumbat telinga dan memengaruhi pendengaran. Jika penumpukan kotoran terjadi di sebelah kiri, suara berdenging dapat terjadi di telinga kiri.

2. Adanya benda asing di telinga sebelah kiri

Masuknya benda asing, seperti kacang, serangga, atau beras, ke telinga sebelah kiri juga bisa menjadi penyebab telinga kiri berdenging. Kondisi ini umumnya dialami oleh anak-anak.

Selain benda di atas, sisa kapas atau ujung cotton bud yang digunakan untuk membersihkan telinga juga mampu menyumbat saluran telinga dan menghambat aliran getaran suara yang masuk ke dalam telinga. Hal inilah yang kemudian menimbulkan suara berdenging di dalam telinga.

3. Paparan suara keras

Paparan suara keras atau bising secara terus-menerus juga bisa menjadi penyebab telinga berdenging sebelah kiri. Paparan suara keras ini dapat berasal dari suara mesin di pabrik atau suara musik konser.

Jika dibiarkan, paparan suara yang kencang secara berkepanjangan dapat merusak saraf telinga, baik sifatnya sementara atau bahkan permanen.

4. Infeksi telinga sebelah kiri

Infeksi telinga sebelah kiri juga dapat menyebabkan telinga berdenging. Kondisi ini bisa memengaruhi pendengaran dan menambah tekanan dalam telinga serta rongga sinus. Dengan begitu, suara berdenging di telinga bisa muncul. Namun, telinga berdenging biasanya akan hilang ketika infeksi telah diobati.

5. Tumor di telinga tengah

Salah satu gejala awal tumor telinga tengah adalah telinga berdenging di satu sisi, baik telinga kiri maupun kanan. Ini karena tumor tersebut berlokasi di struktur penerima suara pada telinga, sehingga dapat menganggu pengantaran sinyal suara ke otak.

Meski tumor telinga tengah jarang terjadi, tetapi waspadalah jika Anda merasakan telinga berdenging sebelah yang disertai dengan sulit berjalan atau sulit berbicara, nyeri hebat, maupun penurunan kualitas pendengaran.

6. Cedera kepala atau leher

Telinga berdenging sebelah kiri juga bisa terjadi akibat cedera kepala atau leher. Cedera biasanya memengaruhi telinga bagian dalam, saraf pendengaran, dan fungsi otak yang terkait dengan pendengaran. Cedera kepala atau leher ini sering kali menyebabkan suara berdenging hanya pada satu telinga.

Selain berbagai penyebab di atas, telinga berdenging sebelah kiri juga bisa terjadi karena faktor usia, pengggunaan obat-obatan, serta beberapa penyakit tertentu seperti otosklerosis, diabetes, atau gangguan pembuluh darah.

Tidak jarang, telinga berdenging sebelah kiri yang berkepanjangan menyebabkan penderitanya sulit tidur, sulit berkonsentrasi, dan mudah frustrasi atau mengalami depresi. Untuk mengurangi kebisingan di telinga, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini:

  • Hindari berada di ruangan yang sunyi untuk menutupi suara berdenging di telinga sebelah kiri, tetapi hindari juga suara yang terlalu keras.
  • Jika berada di ruangan sunyi, cobalah untuk menyalakan radio, musik, atau TV.
  • Kelola stres dengan baik, misalnya menjalani hobi.

Jika Anda mengalami telinga berdenging sebelah kiri secara tiba-tiba, terus-menerus, dan tanpa sebab yang jelas, apalagi telah mengganggu kemampuan Anda untuk mendengar dan mengganggu aktivitas sehari-hari, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Untuk mendeteksi penyebab telinga berdenging dan menentukan pengobatan yang tepat, dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan telinga dan saraf di sekitar wajah. Selain itu, beberapa tes penunjang juga bisa dilakukan, salah satunya seperti tes pendengaran.