Ada dua jenis kotoran telinga, yaitu kotoran telinga kering dan basah. Kotoran ini berperan penting dalam melindungi organ pendengaran dari benda asing dari luar. Meski begitu, terkadang kotoran telinga bisa juga menyebabkan masalah jika sudah terlalu banyak dan menumpuk.

Kotoran telinga bisa kering karena terlalu lama berada di saluran telinga. Bila kotoran ini menumpuk, risikonya adalah terjadi penyumbatan di saluran telinga (serumen prop) yang dapat mengganggu pendengaran.

Gangguan Akibat Kotoran Telinga Kering Menumpuk dan Cara Mengatasinya - Alodokter

Ada beberapa faktor yang menyebabkan penumpukan kotoran telinga kering, seperti memiliki saluran telinga yang sempit dan berambut, serta kebiasaan menggunakan cotton swabs, earphone, dan benda asing seperti pensil yang berisiko mendorong kotoran lebih dalam.

Kenali Gangguan Akibat Kotoran Telinga Kering Menumpuk

Kotoran telinga kering yang menumpuk seringkali ditandai dengan gejala rasa tidak nyaman dan terasa penuh seperti ada yang mengganjal di telinga. Tak hanya itu, ada juga beberapa gangguan yang muncul akibat kotoran telinga kering menumpuk, di antaranya:

Kemampuan pendengaran menurun

Kotoran telinga kering yang menumpuk dapat menyumbat saluran telinga, sehingga berisiko membuat kemampuan pendengaran menurun. Kondisi ini juga memungkinkan terjadinya telinga berdenging (tinnitus).

Infeksi dan iritasi

Penumpukan kotoran telinga kering yang tidak segera diatasi dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi akibat pertumbuhan bakteri di sekitarnya. Selain itu, usaha untuk membersihkan kotoran telinga kering dengan cara yang tidak tepat juga bisa menyebabkan telinga teriritasi, sehingga menyebabkan luka dan perdarahan.

Kesulitan dalam pemeriksaan telinga

Kotoran telinga kering yang menumpuk akan membuat dokter kesulitan dalam mendiagnosis penyakit telinga yang mungkin terjadi. Hal ini karena tumpukan kotoran menghalangi pandangan dokter saat memeriksa bagian dalam telinga.

Cara Membersihkan Kotoran Telinga Kering Menumpuk

Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan kotoran telinga menumpuk yang bisa Anda lakukan:

  • Gunakan obat tetes alami, seperti air garam, minyak zaitun, dan minyak kelapa, yang dapat membantu melunakkan kotoran telinga kering sehingga bisa dikeluarkan dengan mudah.
  • Gunakan obat tetes telinga dari apotek, seperti asam asetat, natrium bikarbonat, dan hidrogen peroksida yang juga berfungsi untuk melunakkan kotoran telinga.
  • Pergi ke dokter jika penanganan di rumah tidak membuahkan hasil. Biasanya dokter akan melakukan irigasi telinga untuk membilas kotoran telinga kering. Namun, cara ini tidak dapat dilakukan jika terdapat cedera atau gangguan pada gendang telinga karena bisa memicu infeksi dan kerusakan fungsi pendengaran.

Hal penting yang perlu Anda ingat adalah melunakkan kotoran telinga kering yang menumpuk membutuhkan waktu lebih dari sehari. Jadi, kemungkinan Anda harus meneteskan obat tetes teling secara rutin hingga kotoran telinga terasa lunak dan mudah dikeluarkan.

Hindari membersihkan kotoran telinga dengan cara menariknya dengan memasukkan benda tertentu ke dalam telinga, apalagi dengan bantuan benda tajam. Hindari juga penggunaan ear candle atau lilin telinga karena tidak terbukti efektif dan justru berisiko menyebabkan cedera, seperti terbakar.

Apabila Anda memiliki riwayat gangguan telinga sebelumnya atau mulai merasakan nyeri telinga, terutama yang disertai dengan gangguan pendengaran atau demam, hindari mencoba membersihkan telinga sendiri dan segera periksakan diri ke dokter.