Ada beragam penyebab dan gejala katarak pada anjing. Sebagai pemilik anjing, informasi mengenai hal ini penting untuk kamu ketahui. Pasalnya, katarak merupakan salah satu penyakit yang cukup sering menimbulkan gangguan penglihatan atau bahkan kebutaan pada anjing.

Katarak merupakan kondisi ketika lensa mata yang normalnya bening atau transparan berubah menjadi keruh. Hal ini membuat cahaya tidak dapat masuk ke dalam mata, sehingga penglihatan pun menjadi terganggu. Katarak bisa terjadi pada manusia maupun hewan, salah satunya anjing.

Katarak pada Anjing, Kenali Beragam Penyebab dan Gejalanya - Alodokter

Sama seperti manusia, bertambahnya usia bisa menjadi penyebab terjadinya katarak pada anjing. Namun, selain faktor penuaan, masih ada beragam hal lain yang juga dapat memicu terjadinya katarak pada anjing.

Penyebab Katarak pada Anjing

Sebelumnya telah disebutkan bahwa penyebab katarak pada anjing yang paling umum adalah penuaan. Selain itu, ada juga beberapa faktor lain yang bisa menjadi penyebab katarak pada anjing, yaitu:

  • Faktor genetik atau turunan
  • Kekurangan nutrisi, seperti asam amino dan kalsium
  • Paparan sinar matahari (UV) berlebihan
  • Diabetes
  • Penyakit mata, seperti glaukoma atau radang pada uvea mata (uveitis)
  • Cedera pada mata, misalnya akibat paparan zat kimia atau sengatan listrik

Selain itu, beberapa ras anjing, seperti Boston Terrier, Labrador Retriever, Bulldog, Poodle, Cocker Spaniel, dan Siberian Husky, juga lebih rentan mengalami katarak.

Gejala Katarak Pada Anjing

Katarak tidak selalu menimbulkan gejala yang terlihat jelas, apalagi bila masih dalam tahap awal. Namun, bila tidak ditangani sejak dini, katarak pada anjing bisa makin parah dan menimbulkan beberapa gejala berikut ini:

1. Bercak keputihan pada mata

Gejala katarak pada anjing yang paling umum adalah munculnya bercak putih keruh pada mata. Bercak ini akan terlihat lebih jelas ketika mata anjing yang terkena katarak disinari cahaya. Bercak keputihan ini bisa muncul pada salah satu atau kedua mata.

2. Penglihatan buram

Katarak pada anjing dapat mengganggu penglihatannya. Hal ini membuat anjing akan terlihat sering menabrak atau tersandung suatu benda.

Pada kasus yang sudah parah, katarak pada anjing bahkan bisa menyebabkan anjing mengalami kebutaan. Hal ini biasanya terjadi ketika katarak sudah membuat seluruh lensa mata anjing menjadi keruh.

3. Sulit berinteraksi dengan orang lain

Gangguan penglihatan bisa membuat anjing dengan katarak menjadi sulit mengenali orang baru di sekitarnya. Ini bisa membuat ia menjadi cemas atau bahkan ketakutan saat bertemu orang baru. Akibatnya, anjing akan lebih agresif saat disentuh oleh orang baru yang tidak dikenalnya.

4. Nyeri pada mata

Katarak umumnya tidak menyebabkan rasa sakit pada mata. Namun, jika disebabkan oleh peradangan, glaukoma, atau cedera pada mata, hal ini bisa membuat anjing merasa nyeri dan sering menggaruk atau mengedipkan matanya.

Bila katarak disebabkan oleh diabetes, kamu mungkin akan melihat beberapa perubahan pada anjingmu, seperti sering buang air kecil dan lebih banyak minum, perubahan nafsu makan, hingga penurunan berat badan.  

Pada kebanyakan kasus, katarak pada anjing memang tidak dapat dicegah, terlebih lagi bila katarak yang dialami karena faktor keturunan atau kondisi medis lainnya, seperti diabetes. Namun, untuk memastikan bahwa penglihatan anjingmu tetap terjaga, kamu perlu membawa hewan kesayanganmu ini ke dokter hewan secara teratur.

Penanganan Katarak pada Anjing

Satu-satunya langkah pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan katarak pada anjing adalah dengan operasi mata. Sebelum memulai operasi, dokter hewan akan melakukan pemeriksaan dan persiapan terlebih dahulu untuk memastikan anjing yang terkena katarak aman menjalani operasi.

Meski begitu, pada anjing yang kondisinya tidak memungkinkan untuk menjalani operasi mata, dokter akan memberikan penanganan tertentu untuk memperlambat perkembangan penyakit katarak, misalnya dengan pemberian suplemen antioksidan.

Itulah berbagai informasi penting seputar katarak anjing yang penting untuk diketahui para pecinta anjing. Bila kamu memelihara anjing di rumah dan ia tampak mengalami gejala katarak, sebaiknya segera periksakan anjingmu ke dokter hewan, ya.