Memasuki masa kehamilan, Bumil mungkin jadi ekstra hati-hati terhadap makanan, termasuk rempah-rempah seperti kayu manis. Padahal, mengonsumsi kayu manis ketika hamil bukanlah suatu hal yang dilarang, kok. Justru kayu manis bisa memberikan banyak manfaat kesehatan bagi Bumil.

Kayu manis adalah sejenis rempah yang terbuat dari irisan kulit kayu pohon Cinnamomum. Memiliki bau yang khas, kayu manis kerap digunakan sebagai penambah aroma dan rasa pada makanan atau minuman.

Kenali Manfaat Kayu Manis untuk Ibu Hamil - Alodokter

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kayu manis pun sudah lama digunakan sebagai obat tradisional karena dipercaya memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan semua orang, termasuk ibu hamil.

Sederet Manfaat Kayu Manis untuk Ibu Hamil

Selama dikonsumsi dalam batas wajar, kayu manis tidak akan membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin. Justru, kayu manis dapat memberikan beberapa manfaat untuk Bumil, di antaranya:

1. Menurunkan risiko infeksi

Saat hamil, daya tahan tubuh Bumil cenderung lebih lemah, sehingga Bumil jadi lebih rentan mengalami infeksi. Nah, salah satu manfaat mengonsumsi kayu manis adalah meningkatkan sistem imun tubuh sehingga menurunkan risiko infeksi.

Khasiat kayu manis ini datang dari senyawa aktif cinnamaldehyde dan berbagai senyawa aktif lainnya yang memiliki efek antioksidan. Selain mampu meningkatkan daya tahan tubuh, senyawa-senyawa ini juga membantu tubuh melawan radikal bebas berlebih penyebab penyakit kronis.

2. Membantu mengatasi peradangan

Saat hamil, berat badan biasanya akan naik. Pertambahan berat badan ini dapat memberikan tekanan ekstra pada persendian yang menyebabkan sendi menjadi mudah nyeri dan bengkak.

Pada ibu hamil, kayu manis dapat bertindak sebagai antiinflamasi yang bisa mengatasi dan mengurangi peradangan di seluruh tubuh, termasuk sendi, sehingga mengurangi nyeri sendi dan otot ketika hamil.

3. Menurunkan tekanan darah

Kondisi yang disertai tekanan darah tinggi saat hamil, misalnya hipertensi gestasional atau preeklamsia, bisa mengancam risiko kesehatan Bumil dan janin.

Untuk menurunkan tekanan darah dan mencegah terjadinya komplikasi, Bumil bisa mencoba manfaat dari kayu manis, sebab rempah ini diduga memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah.

4. Membantu mengontrol diabetes gestasional

Diabetes gestasional terjadi ketika tubuh tidak mampu menghasilkan insulin yang cukup, sehingga kadar gula darah menjadi tinggi. Jika mengalami ini, Bumil bisa mengonsumsi kayu manis untuk membantu mengontrol gula darah.

Kandungan polifenol pada rempah ini dipercaya mampu meningkatkan kerja insulin, sehingga pemakaian gula dari darah jadi lebih maksimal dan kadarnya terkontrol. Oleh karena itu, kayu manis cocok dikonsumsi oleh ibu hamil, baik dalam bentuk makanan atau minuman.

Itulah beragam manfaat kayu manis untuk ibu hamil yang perlu Bumil ketahui. Walau berkhasiat, jangan lantas mengonsumsi kayu manis secara berlebihan, ya. Cukup konsumsi kayu manis sebagai penambah rasa atau aroma pada masakan atau minuman Bumil.

Sebagian ibu hamil bisa mengalami alergi kayu manis yang ditandai dengan gatal pada bagian mulut atau lidah, ruam kulit, hingga sulit bernapas. Selain itu, mengonsumsi kayu manis terlalu banyak juga dapat menyebabkan Bumil mengalami nyeri ulu hati dan kembung.

Jika Bumil mengalami gejala tersebut setelah mengonsumsi kayu manis, segera konsultasikan dengan dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan yang tepat, sehingga kondisi kesehatan Bumil dan janin tetap terjaga dengan baik.