Selain kram perut, sebagian perempuan juga dapat mengalami mual saat menstruasi. Umumnya, kondisi ini bukanlah hal yang berbahaya, namun memang cukup mengganggu kenyamanan. Agar tidak semakin parah, yuk ketahui cara mengatasi mual saat menstruasi di artikel ini!

Ketika menstruasi, secara alami tubuh akan mengeluarkan hormon prostaglandin. Hormon inilah yang diyakini sebagai penyebab timbulnya rasa mual saat kamu datang bulan. Walau hormon ini turut luruh dengan lapisan rahim dalam darah haid, sebagian hormon prostaglandin juga bisa masuk ke aliran darah, yang kemudian dapat menyebabkanmu mengalami mual, muntah, sakit kepala, bahkan diare.

Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Mual saat Menstruasi - Alodokter

Berbagai Cara Mengatasi Mual Saat Menstruasi

Ketika mengalami mual saat menstruasi, kamu bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengatasinya:

1. Minum teh jahe

Jahe sudah sejak lama digunakan untuk mengatasi mual. Walaupun cara kerjanya belum diketahui dengan pasti, tetapi para ahli meyakini bahwa jahe memiliki kandungan yang mirip dengan obat antimual.

Untuk mengatasi mual saat menstruasi, kamu bisa membuat teh jahe. Caranya, rebus 2 ruas jahe yang telah dicuci bersih ke dalam 1,5–2 cangkir air. Setelah mendidih, matikan kompor dan dinginkan. Agar lebih nikmat, kamu bisa meminumnya selagi hangat.

2. Makan dengan porsi kecil tapi sering

Selain bisa menjaga kadar gula darah tetap stabil, makan dengan porsi kecil tapi sering saat menstruasi juga bisa meredakan rasa mual. Agar rasa mual tidak datang dan mengganggu, kamu pun dianjurkan untuk mengonsumsi makanan bertekstur lembut, seperti pisang, dan menghindari makanan yang berbau terlalu menyengat.

3. Hindari mengonsumsi makanan berat sebelum tidur

Untuk mencegah mual, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang terlalu berat dan berlemak sebelum tidur. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi jus buah, susu hangat, atau yoghurt.

4. Lakukan olahraga secara rutin

Menstruasi bukan alasan untuk tidak berolahraga, ya. Tetap rutin berolahraga saat haid dapat mengatasi rasa tidak nyaman, nyeri, dan mual yang kamu rasakan akibat menstruasi. Kamu dapat melakukan olahraga ringan, seperti jalan kaki atau bersepeda.

5.Konsumsi suplemen

Untuk meredakan rasa mual saat menstruasi, kamu juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin B6, vitamin E, vitamin D, kalsium, asam folat, dan magnesium. Selain itu, agar mual saat menstruasi tidak semakin berat, jangan lupa untuk istirahat yang cukup, ya.

Jika cara-cara di atas tidak ampuh mengatasi mual yang kamu rasakan atau mual saat menstruasi sudah sampai mengganggu aktivitasmu, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut dengan dokter guna mendapatkan penanganan yang tepat.