Orang introvert tidak selalu merupakan sosok yang pendiam dan jarang bersosialisasi. Orang dengan kepribadian INFP adalah sosok introvert yang cenderung memiliki sifat peduli dan suka membantu orang lain. Anda kenal orang seperti ini? Simak artikel berikut untuk mengenali kepribadian INFP lebih jauh.

INFP adalah singkatan dari introvert, intuition, feeling, dan perception. Kepribadian INFP adalah salah satu dari 16 jenis kepribadian yang digolongkan berdasarkan Myers-Briggs Type Indicator (MBTI).

Kepribadian INFP, Sosok Introvert yang Peduli dengan Orang Lain - Alodokter

Orang dengan kepribadian INFP cenderung dikenal sebagai sosok introvert yang idealis, kreatif, dan memiliki jiwa kemanusiaan yang tinggi. Di antara teman-teman dekatnya, ia adalah sosok yang setia, peka, dan penyayang.

Karakteristik Kepribadian INFP

Pernahkah Anda bertemu dengan seseorang yang sangat peduli terhadap sesama, terhadap lingkungan, terhadap isu-isu yang telah terjadi? Bahkan, fokusnya dalam mengembangkan diri adalah untuk membantu sesama. Karakter seperti ini merupakan karakter khas orang dengan kepribadian INFP.

Tak hanya itu, ada juga beberapa karakteristik lainnya yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian INFP, antara lain:

1. Cenderung pendiam

Orang dengan kepribadian INFP cenderung dikenal pendiam, tapi bukan berarti mereka pemalu dan tidak mau bergaul. Mereka lebih suka berinteraksi dengan teman dekatnya atau menyendiri, karena interaksi sosial dapat membuatnya merasa lelah.

2. Mengabaikan hal yang detail

Saat mengerjakan sesuatu, kepribadian INFP cenderung mengandalkan intuisinya daripada melihat fakta yang ada dan lebih fokus terhadap gambaran besar daripada hal-hal detail. Namun, mereka bisa sangat teliti saat mengerjakan sesuatu yang sangat penting bagi mereka.

3. Mengutamakan perasaan

Setiap mempertimbangkan suatu keputusan, orang dengan kepribadian INFP lebih mengutamakan perasaan yang terlibat pada keputusan tersebut ketimbang memikirkan hal-hal yang bersifat objektif.

4. Pandai menjadi mediator

Orang dengan kepribadian INFP paling tidak suka dengan konflik dan sebisa mungkin berusaha menghindari hal itu terjadi. Namun, ketika orang lain terlibat dalam konflik, sosok INFP cocok sekali menjadi mediator, karena ia mampu menyadari dan mengungkapkan perasaan yang tidak bisa diungkapkan oleh orang dalam konflik tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian INFP

Setiap jenis kepribadian tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, termasuk kepribadian INFP. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki orang INFP:

  • Setia
  • Sensitif terhadap perasaan
  • Peduli terhadap orang lain
  • Menghargai persahabatan
  • Mandiri
  • Visioner

Sementara itu, beberapa kekurangan yang dimiliki orang kepribadian INFP ini adalah:

  • Cenderung terlalu idealis
  • Bisa terlalu altruistik
  • Mudah terbawa perasaan atau tersinggung
  • Sulit untuk dimengerti
  • Terkadang melupakan hal-hal detail

Orang dengan kepribadian INFP memang cenderung idealis. Namun, mereka juga tertarik untuk belajar lebih banyak tentang orang lain dan bersedia mendengarkan suatu masalah dari berbagai sisi.

Sosok INFP juga sebenarnya pandai mengekspresikan perasaan, tetapi mereka lebih suka mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka melalui tulisan daripada berbicara. Jadi, jika Anda sedang berusaha untuk mengerti perasaan orang dengan kepribadian ini, lebih baik Anda mengajaknya berbicara melalui pesan ketimbang secara langsung.

Dalam hal karir, orang-orang dengan kepribadian INFP akan lebih cocok bekerja sebagai artis, konselor, perancang grafis, pustakawan, psikolog, fisioterapis, pekerja sosial, atau penulis.

Setiap kepribadian, baik itu kepribadian INFP maupun tipe kepribadian lainnya, memiliki potensi masing-masing. Namun, tidak semua orang menyadari tipe kepribadiannya serta potensi yang dimilikinya. Jika Anda salah satunya, berkonsultasilah dengan psikolog untuk mengetahui lebih banyak tentang diri dan potensi Anda.