Mengetahui dan mempraktikkan cara mendidik anak yang baik merupakan salah satu tugas terberat sebagai orang tua. Pasalnya, didikan orang tua di rumah dapat berpengaruh pada kepribadian anak.

Sebagian orang tua mungkin berpikir bahwa pendidikan anak hanya didapatkan saat anak berada di sekolah. Padahal, pendidikan bukan hanya mengenai nilai akademik, tetapi juga sikap dan kepribadian anak. Kedua hal ini terbentuk dari didikan orang tua dan interaksi dengan orang terdekatnya.

Ketahui Cara Mendidik Anak yang Baik di Sini - Alodokter

Cara Mendidik Anak yang Baik

Cara mendidik anak yang baik harus disesuaikan dengan usia anak. Ada beberapa hal dasar yang harus orang tua tanamkan pada anak sedini mungkin, antara lain:

1. Mengajarkan kebaikan hati

Biarkan Si Kecil melihat Anda menunjukkan cinta dan kasih sayang kepada orang-orang di sekitar Anda. Perlakukan orang lain dengan baik dan hormat, serta berikan pertolongan pada orang yang membutuhkan.

Dari Anda, Si Kecil bisa belajar mencintai dengan tulus, sehingga saat dewasa ia tumbuh menjadi pribadi yang penyayang dan penuh kasih.

2. Mengajarkan kejujuran

Kejujuran adalah kualitas terbaik seorang manusia. Cara terbaik untuk mengajarkan Si Kecil tentang kejujuran adalah dengan memberinya teladan melalui perkataan dan sikap jujur Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Upayakan untuk tidak bereaksi berlebihan ketika Si Kecil berbohong. Alih-alih menghakiminya, dengarkanlah alasan di balik perilakunya tersebut.

3. Mengajarkan keadilan

Ketika Si Kecil bertengkar dengan teman atau saudaranya, Anda dapat menggunakan kejadian tersebut untuk mengajarkannya bersikap adil.

Pertama, validasi perasaan marah atau sedih yang ia rasakan. Kemudian, dengarkan alasan mengapa ia bertengkar.

Jika ternyata Si Kecil adalah pihak yang salah, dorong dia agar mau meminta maaf atas kesalahannya. Hal ini dapat mengajarkannya untuk bersikap adil dan belajar untuk memperbaiki kesalahannya.

4. Mengajarkan sopan santun

Ajarkan Si Kecil untuk mengatakan “tolong” saat meminta bantuan Anda atau orang lain dan mengucapkan “terima kasih” ketika ia telah ditolong atau diberikan sesuatu oleh orang lain.

Hal ini bisa membantu Si Kecil menjadi anak yang memiliki sopan santun, terlebih pada orang yang berusia lebih tua.

Cara Mendorong Anak agar Berperilaku Baik

Anak adalah peniru ulung. Ia akan meniru segala perilaku baik dan buruk yang Anda atau pasangan Anda contohkan.

Oleh karena itu, sebagai upaya menerapkan cara mendidik anak yang baik, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Berikan teguran saat Si Kecil berperilaku buruk. Jangan melakukan pembenaran dengan alasan ia hanya anak kecil.
  • Berikan hadiah atau sekedar pujian ketika anak berperilaku baik. Selalu dukung kebaikan yang dilakukan anak dan berikan banyak kasih sayang kepadanya.
  • Bertindak dan berbicaralah pada anak sebagaimana Anda berharap ia akan melakukan hal yang sama.
  • Berikan aturan dan batasan yang jelas, serta bersikaplah konsisten dan tegas. Misalnya, anak hanya diperbolehkan main gadget di akhir pekan selama maksimal 1 jam.
  • Hindari menerapkan hukuman fisik seperti memukul. Kekerasan berisiko membuat anak memiliki perilaku agresif saat dewasa nanti.
  • Jangan segan untuk meminta maaf pada anak jika Anda bersalah.

Cara mendidik anak yang baik memang bukanlah perkara yang mudah untuk diterapkan. Untuk itu, orang tua harus selalu belajar dan membekali diri dengan pengetahuan seputar parenting.

Jika Anda memiliki kendala seputar pengasuhan anak, tidak ada salahnya untuk bertanya atau berkonsultasi pada psikolog untuk mendapatkan saran terbaik.