Tidak hanya untuk mencegah dehidrasi, manfaat air kelapa untuk ibu hamil sangat beragam. Selain itu, air kelapa juga dikenal baik untuk kesehatan janin. Jika Anda mau tahu apa saja manfaat lain air kelapa bila dikonsumsi saat hamil, simak jawabannya dalam artikel berikut.

Air kelapa dikenal sebagai minuman pengganti elektrolit untuk orang-orang dengan sakit perut atau dehidrasi yang parah. Selain itu, air kelapa juga dikenal berkhasiat untuk ibu hamil maupun janin.

Inilah 5 Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil - Alodokter

Berbagai Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Di dalam air kelapa terkandung berbagai nutrisi, seperti karbohidrat, serat, dan protein. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan mineral, yaitu magnesium, kalium, dan kalsium.

Berkat kandungan nutrisinya tersebut, air kelapa dipercaya berkhasiat untuk kesehatan ibu hamil. Berikut ini adalah berbagai manfaat air kelapa untuk ibu hamil:

1. Menggantikan elektrolit yang hilang

Mual dan muntah atau dikenal juga dengan morning sickness merupakan keluhan yang dialami oleh hampir setiap ibu hamil. Kondisi ini bisa membuat ibu hamil mengeluarkan banyak cairan dalam tubuh, sehingga memicu terjadinya kekurangan elektrolit.

Air kelapa bisa menjadi pilihan bagi ibu hamil untuk menggantikan elektrolit yang hilang dari tubuh. Hal tersebut dikarenakan air kelapa memiliki kandungan elektrolit, seperti kalium, natrium, dan magnesium.

2. Memenuhi asupan cairan tubuh

Penting bagi setiap ibu hamil untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi. Tak hanya air putih, air kelapa juga dapat ibu hamil konsumsi untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh.

Dengan tercukupinya kebutuhan cairan tubuh, ibu hamil akan merasa lebih segar dan tidak mudah lelah.

3. Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih umum terjadi selama kehamilan. Kondisi ini dapat terjadi akibat perubahan hormon saat hamil dan berdampak pada fungsi saluran kemih. Hal ini menyebabkan ibu hamil lebih mudah terkena infeksi.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dipercaya sebagai diuretik alami yang dapat membantu ibu hamil lebih mudah mengeluarkan urine dan mencegah terjadinya ISK.

4. Menurunkan tekanan darah

Air kelapa juga dipercaya dapat menurunkan dan mengontrol gula darah. Hal ini karena air kelapa memiliki kandungan kalium yang terbukti dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah agar tetap normal.

Namun, air kelapa tidak dianjurkan untuk digunakan sebagai pengganti pengobatan hipertensi atau preeklampsia pada ibu hamil. Jika ibu hamil berisiko mengalami preeklampsia selama kehamilan, segera periksakan diri ke dokter.

5. Mendukung tumbuh kembang janin

Air kelapa mengandung kalsium yang penting untuk perkembangan tulang dan gigi janin. Meski demikian, kandungan kalsium di dalam air kelapa tidak dapat dijadikan sebagai nutrisi utama untuk tumbuh kembang janin.

Oleh karena itu, penting bagi setiap ibu hamil untuk mengonsumsi makanan padat nutrisi yang diperoleh dari sayur-sayuran dan buah-buahan.

Tips Aman Mengonsumsi Air Kelapa untuk Ibu Hamil

Air kelapa memiliki banyak manfaat, baik untuk ibu hamil maupun janin di dalam kandungan. Namun, ada beberapa hal yang perlu ibu hamil perhatikan sebelum mengonsumsi air kelapa agar tetap bermanfaat untuk kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa tips aman mengonsumsi air kelapa bagi ibu hamil:

  • Hindari terlalu banyak minum air kelapa atau menjadikan air kelapa sebagai pengganti air putih.
  • Hindari menambahkan perasa atau gula tambahan di dalam air kelapa.
  • Hindari konsumsi air kelapa dalam kemasan dan sebaiknya minum air kelapa murni yang dipetik dari pohonnya.
  • Hindari memaksakan diri untuk minum air kelapa jika tidak menyukai rasanya atau justru membuat tidak nyaman.

Manfaat air kelapa untuk ibu hamil dapat diperoleh bila rutin dikonsumsi tetapi tidak secara berlebihan. Namun, jika Bumil mengalami keluhan setelah mengonsumsi air kelapa, seperti mual, muntah, sakit perut, atau diare, konsultasikan ke dokter agar dilakukan pemeriksaan dan penanganan.