Menyenangkan dan seru. Itulah hal yang dirasakan banyak orang saat bermain hulahoop. Namun tidak hanya itu, ternyata ada banyak manfaat hulahoop bagi kesehatan, mulai dari mengecilkan lingkar pinggang dan perut, hingga menyehatkan jantung.

Bermain hulahoop termasuk ke dalam jenis olahraga ringan. Melakukan olahraga ini dinilai sama intensitasnya dengan olahraga aerobik tertentu, seperti menari salsa atau tari perut.

Raih Tubuh yang Sehat dengan Manfaat Hulahoop - Alodokter

Apa Saja Manfaat Hulahoop dari Sisi Medis?

Berolahraga dengan menggunakan hulahoop memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, di antaranya:

1. Menyehatkan jantung

Sebuah penelitian yang melibatkan 120 peserta dengan kisaran usia 18-45 tahun menunjukkan bahwa olahraga dengan hulahoop dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Pada penelitian tersebut, terlihat bahwa orang-orang yang melakukan olahraga dengan hulahoop selama 30 menit secara rutin mengalami peningkatan detak jantung, aliran darahnya lebih lancar, dan merasa lebih bugar.

2. Membuat tubuh menjadi lebih fleksibel

Hulahoop juga berguna bagi fleksibilitas tubuh. Gerakan-gerakan yang dilakukan saat bermain hulahoop memberikan dampak baik terhadap kekuatan otot punggung, bahu, perut, lengan, dan kaki.

3. Membakar kalori di tubuh

Bermain hulahoop selama 30 menit bisa membakar kalori sebanyak 160-200 kalori. Jika Anda melakukannya selama kurang lebih enam minggu, lingkar pinggang Anda bisa berkurang hingga sekitar 3 cm. Oleh karena itu, bermain hulahoop bisa dijadikan salah satu bentuk olahraga untuk menjaga berat badan.

 4. Bermain sekaligus mengajari anak untuk hidup sehat

Berolahraga menggunakan hulahoop termasuk permainan yang menghibur. Cobalah ajak anak Anda dan teman-temannya untuk bermain hulahoop bersama. Berikan pemahaman kepada anak bahwa bermain hulahoop baik bagi kesehatan dan pertumbuhannya.

Tiga Gerakan Hulahoop yang Perlu Diketahui

Manfaat hulahoop di atas bisa Anda dapatkan lebih maksimal dengan memvariasikan gerakannya. Saat bermain hulahoop, cobalah untuk melakukannya dengan beberapa gerakan berikut ini:

Gerakan menyamping

Bagi pemula, Anda bisa mencoba gerakan hulahoop yang lebih mudah terlebih dahulu, yaitu gerakan menyamping. Gerakan ini dipraktikkan dengan posisi badan berdiri tegak dan kaki sejajar bahu. Setelah itu, putar hulahoop diikuti dengan gerakan pinggul ke kiri dan kanan.

Saat melakukan gerakan ini, kencangkan otot perut dan pastikan hulahoop menyentuh sisi samping pinggang.

Gerakan ke depan dan belakang

Gerakan selanjutnya yang bisa dicoba adalah gerakan memutar ke depan dan belakang. Anda dapat mengikuti gerakan ini memutar searah dengan jarum jam atau sebaliknya.

Jika mengikut jarum jam, memulailah dengan posisikan kaki kiri berada lebih maju dibandingkan kaki kanan. Sebaliknya, posisikan kaki kanan lebih di depan jika Anda ingin berputar melawan arah jarum jam.

Kemudian pegang hulahoop di pinggang, gerakkan hulahoop, dan mulailah ayunkan pinggul Anda ke depan dan belakang secara konstan.

Gerakan berjalan

Setelah Anda sudah terbiasa dengan gerakan ke depan dan belakang, cobalah untuk melanjutkan sembari berjalan.

Berjalanlah ke depan secara perlahan-lahan sambil menggerakkan hulahoop. Agar lebih mudah saat berjalan, melangkahlah saat Anda mendorong hulahoop ke depan menggunakan pinggul. Jika sudah terbiasa, Anda bisa melanjutkan gerakan berjalan dengan tempo yang lebih cepat.

Hulahoop bisa menjadi pilihan dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Untuk bisa mendapatkan manfaat hulahoop, pilihlah hulahoop yang lingkar dan beratnya sesuai dengan ukuran serta kemampuan tubuh Anda. Untuk pemula, jangan langsung menggunakan hulahoop yang berat, tapi juga jangan terlalu ringan karena sulit untuk dikendalikan.