Neutrofil adalah salah satu jenis sel darah putih yang ada di dalam tubuh manusia. Tubuh membutuhkan neutrofil untuk membantu melawan infeksi, sekaligus melindunginya dari ancaman penyakit.

Sel darah putih memiliki peran yang besar dalam sistem kekebalan tubuh. Dari beberapa jenis sel darah putih, neutrofil adalah jenis yang paling banyak jumlahnya, yaitu sekitar 55 sampai 70 persen.

Memahami Fungsi Neutrofil dalam Sistem Imunitas Tubuh - Alodokter

Fungsi Neutrofil bagi Tubuh

Secara umum, ada 2 jenis sel darah putih yang penting untuk diketahui, yaitu neutrofil dan limfosit. Keduanya sama-sama berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Jika limfosit melawan bakteri atau virus dengan cara memproduksi antibodi, neutrofil melawan infeksi tersebut secara langsung.

Neutrofil diproduksi di dalam sumsum tulang dan disalurkan ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Berbeda dengan sel darah putih lain, neutrofil bisa keluar dari pembuluh darah dan memasuki jaringan tubuh yang terinfeksi untuk melawan bakteri atau virus.

Menghitung Kadar Neutrofil

Kadar neutrofil di dalam tubuh bisa diketahui melalui tes darah lengkap. Tes ini umumnya dilakukan untuk mendiagnosis suatu penyakit atau memonitor perkembangan penyakit. Idealnya, kadar neutrofil pada orang dewasa berkisar antara 1.500–8.000 sel per mikroliter darah.

Kadar neutrofil setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung jenis kelamin, usia, obat-obatan atau terapi yang sedang dikonsumsi, dan tentunya kondisi kesehatan masing-masing.

Oleh karena itu, sebaiknya beri tahu dokter jika Anda sedang melakukan radioterapi, kemoterapi, terapi kortikosteroid, atau baru menjalani operasi sebelum Anda melakukan tes darah lengkap.

Gangguan pada Neutrofil

Jika hasil pemeriksaan menunjukkan kadar neutrofil di dalam tubuh lebih tinggi atau lebih rendah dari kadar normal, artinya ada gangguan pada sel darah putih ini. Secara umum, gangguan pada neutrofil bisa dibagi menjadi 2 bentuk, yaitu:

Neutropenia

Neutropenia merupakan kondisi ketika kadar neutrofil di dalam darah berada di bawah batas normal. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan neutropenia, antara lain kekurangan vitamin B12, anemia aplastik, tuberkulosis, penyakit autoimun, atau efek samping pengobatan tertentu atau kemoterapi.

Neutrofilia

Neutrofilia adalah kondisi ketika kadar neutrofil di dalam darah melebihi batas normal. Beberapa kondisi yang menyebabkan neutrofilia, antara lain olahraga berat, kebiasaan merokok, mengalami stres berat, trauma, atau luka bakar, serta penyakit infeksi, rheumatoid arthritis, atau kanker darah.

Neutrofil merupakan faktor penting dalam sistem imunitas tubuh. Kadar neutrofil juga dapat menggambarkan kondisi kesehatan Anda. Meski begitu, ini bukan satu-satunya patokan yang bisa dilihat.

Apabila Anda mengalami suatu keluhan, periksakan diri Anda ke dokter. Jika dokter menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan darah lengkap untuk melihat kadar sel darah putih atau neutrofil, tanyakan pada dokter tujuan pemeriksaan dan apa saja yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan tes.