Sebagian orang kerap menghindari aktivitas olahraga saat mengalami nyeri sendi lutut. Padahal, hal tersebut justru tindakan yang keliru. Dengan olahraga yang tepat, rasa nyeri di persendian lutut pun dapat berkurang dan Anda bisa kembali beraktivitas dengan lebih nyaman.

Nyeri sendi lutut bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti penuaan, kelebihan berat badan, atau penyakit tertentu seperti osteoarthritis. Meski begitu, kondisi ini bisa diatasi dengan berbagai cara, mulai dari mengompres sendi dengan kompres dingin hingga melakukan olahraga tertentu yang bisa mengurangi rasa nyeri.

4 Olahraga yang Aman bagi Penderita Nyeri Sendi Lutut - Alodokter

Olahraga yang Baik bagi Penderita Nyeri Sendi Lutut

Olahraga diketahui dapat meredakan rasa nyeri, kaku, dan bengkak, serta memperkuat otot-otot pendukung sendi. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang aman untuk dilakukan oleh penderita nyeri sendi lutut:

1. Berjalan kaki

Meski melibatkan sendi lutut, jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang paling disarankan untuk penderita nyeri sendi lutut. Pasalnya, olahraga ini bisa melemaskan otot-otot yang mengelilingi sendi lutut sekaligus meredakan kekakuan yang ditimbulkan.

Pada awalnya, Anda mungkin akan merasakan nyeri di persendian. Namun, rasa nyeri tersebut akan hilang secara perlahan saat Anda mulai rutin berjalan kaki.

2. Bersepeda

Bersepeda juga merupakan jenis olahraga yang aman dilakukan penderita nyeri sendi lutut. Olahraga ini aman dilakukan karena termasuk dalam olahraga intensitas rendah dan gerakan saat bersepeda tidak memberikan tekanan berat pada lutut .

3. Berenang

Berenang bisa mengurangi tekanan pada lutut, sehingga mampu meredakan nyeri sendi lutut yang diderita. Tak hanya itu, berenang juga dapat mendorong banyak sendi untuk bergerak secara bersamaan. Hal ini dianggap mampu mengurangi atau meredakan kekakuan di sendi, termasuk lutut.

4. Yoga

Yoga juga bisa menjadi salah satu pilihan olahraga bagi penderita nyeri sendi lutut. Pasalnya, olahraga ini bisa mengurangi rasa nyeri sekaligus membantu otot dan persendian tubuh menjadi lebih rileks.

Meski yoga aman untuk dilakukan, Anda tetap harus hati-hati saat melakukan olahraga ini. Jika saat melakukan pose tertentu nyeri sendi lutut semakin terasa, segera hentikan melakukan pose tersebut.

Anda sebaiknya juga membicarakan keluhan ini kepada instruktur yoga agar ia bisa memberikan pose yoga yang aman.

Saat berolahraga, penderita nyeri sendi lutut disarankan untuk menghindari beberapa gerakan, misalnya melompat dan menekuk lutut untuk menjadikannya sebagai tumpuan. Pasalnya, gerakan tersebut bisa membuat lutut mengalami tekanan dan membuat nyeri terasa semakin menyakitkan.

Selain itu, apabila Anda mengalami nyeri sendi lutut akibat cedera, misalnya lutut bengkak akibat terjatuh, patah tulang, atau tulang bergeser, aktivitas olahraga tidak disarankan hingga kondisi sendi lutut kembali pulih.

Untuk mengetahui lebih jauh olahraga apa saja yang aman dilakukan penderita nyeri sendi lutut dan apa saja yang perlu diperhatikan saat berolahraga, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter.