Tidak sedikit orang yang  masih belum mengetahui apa passion dalam hidupnya. Hal ini karena passion bukanlah sesuatu yang mudah ditemukan dan sering kali tidak disadari oleh orang yang memilikinya. Untuk menemukan passion-mu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Passion berarti gairah atau hasrat. Passion juga dapat diartikan sebagai keinginan atau kecenderungan untuk melakukan sesuatu yang disukai atau dianggap penting untuk dilakukan.

Memahami Passion dan Cara Menemukannya - Alodokter

Dari beberapa definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa passion adalah dorongan dari dalam diri, hasrat, dan antusias yang menimbulkan perasaan bahagia saat melakukan sesuatu.

Ada beragam orang yang hidup dan berkarya sesuai passion yang dimilikinya, misalnya seorang pelukis karena hobi menggambar atau seorang koki karena hobi memasak.

Karena berkiprah di bidang yang menjadi hobi atau passion mereka, orang-orang tersebut akan merasa lebih puas dan bahagia saat menjalaninya. Kepuasan tersebut tidak hanya semata-mata karena bisa mendapatkan uang, tetapi juga perasaan senang karena dapat melakukan sesuatu yang disukainya.

Cara Menemukan Passion

Dengan memiliki passion, tujuan hidup akan terbentuk dan kamu pun lebih semangat untuk mencapainya. Apalagi jika kamu menjadikan passion sebagai sumber pendapatan. Kamu akan lebih menikmati setiap prosesnya dan tidak mudah stres.

Namun, menemukan passion dalam hidup tidaklah semudah menjalaninya. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang belum menemukan passion-nya, bahkan setelah usianya cukup dewasa.

Banyak dari mereka yang sudah berusia 20 atau 30 tahunan merasa khawatir dan bimbang ketika belum juga menemukan passion dalam hidupnya. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa seseorang bisa mengalami quarter life crisis.

Lantas, bagaimana cara menemukan passion? Bagi kamu yang merasa belum menemukan passion atau ingin mencoba mencari hobi baru, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan:

1. Mencoba mengingat hal yang membuatmu bahagia

Cari tahu hal atau kegiatan apa yang membuatmu bersemangat atau tidak sabar untuk melakukannya. Selain itu, saat kamu melakukannya pun waktu terasa sangat cepat berlalu karena kamu sangat menikmati aktivitas tersebut.

Bila kamu sudah menemukan jawabannya, bisa jadi inilah passion yang kamu cari. Hal ini bisa berupa apa saja, mulai dari fotografi, merangkai bunga, menulis, memasak, atau berkebun.

2. Mencari tahu kelebihan atau bakat dalam diri

Coba tanyakan kepada diri sendiri, apa keahlian atau bakat yang kamu miliki dan senang kamu lakukan. Kamu bisa mencari tahu dengan cara mempraktikkan keahlian yang dimiliki tersebut.

Bila kamu suka melakukannya, tetapi menurutmu hasilnya tidak begitu bagus, coba cari pendapat atau penilaian orang lain. Bila ternyata kamu mendapat pujian dari hasil karyamu, bisa jadi itulah passion yang kamu miliki, hanya saja kamu tidak menyadarinya.

Hal penting yang perlu diingat bahwa passion bukan berarti kamu harus mahir atau menghasilkan uang dari kegiatan tersebut, melainkan sesuatu yang dapat  kamu nikmati dan antusias saat melakukannya.

3. Mengingat hal yang membuatmu kesal atau iri

Mungkin kamu merasa kesal ketika melihat teman bersedia resign dari pekerjaan yang memberikannya penghasilan tetap hanya untuk berkarir di bidang yang ia sukai. Misalnya, seseorang yang berhenti dari pekerjaannya sebagai bankir dan memutuskan untuk menjadi penulis novel.

Perasaan tersebut bisa menjadi pertanda bahwa kamu memiliki passion terpendam yang sedang menunggu untuk ditemukan. Namun, kamu tidak perlu merasa iri.

Coba cari dalam dirimu sendiri apa saja yang bisa kamu lakukan agar bisa merasakan hal yang sama dengan temanmu. Seiring berjalannya waktu, kamu pun bisa menemukan passion tersebut.

4. Mengingat hal yang paling disukai sewaktu kecil

Saat kecil, kamu mungkin mengetahui secara persis hal apa yang membuat kamu merasa bahagia. Namun, setelah tumbuh dewasa, sering kali realita, prinsip, dan tuntutan hidup mengubur keinginan tersebut.

Nah, ada kalanya kita hanya perlu mendengarkan suara hati dan tidak perlu menanggapi komentar atau penilaian orang lain.

Namun, ketika kamu sudah menemukan passion dalam hidupmu, bukan berarti kamu bisa merasa senang atau lega. Hal ini karena passion pada dasarnya bisa saja berubah, seiring perjalanan dan pengalaman hidup yang kamu lalui.

Pencarian passion dalam hidup tidaklah mudah dan membutuhkan refleksi diri yang mendalam. Jika kamu membutuhkan bantuan untuk menemukan passion-mu atau seseorang untuk berdiskusi terkait passion yang kamu miliki, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog.