Tipe kepribadian INTP adalah salah satu kepribadian yang diklasifikasikan oleh Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Individu dengan tipe kepribadian INTP biasanya terkenal sebagai individu yang pendiam, berwawasan luas, tenang, dan analitis.

INTP merupakan singkatan dari introverted, intuitive, thinking, dan perceiving. Berlawanan dengan kepribadian ESTP, orang dengan tipe kepribadian INTP adalah orang yang sangat menghargai kebenaran, pengetahuan, dan kompetensi. Oleh sebab itu, tipe kepribadian ini dijuluki dengan sebutan ‘Si Pemikir’ atau ‘Si Logis’.

Mengenal Lebih Dalam Individu dengan Tipe Kepribadian INTP - Alodokter

Diperkirakan 1–5% populasi dunia kepribadian INTP. Beberapa tokoh terkenal yang memiliki kepribadian ini antara lain Albert Einstein, Isaac Newton, Rene Descartes, dan Bill Gates.

Karakteristik Utama Tipe Kepribadian INTP

Ada beberapa karakteristik utama tipe kepribadian INTP. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Suka menyendiri

Sebagai seorang introvert, pribadi INTP sangat suka menghabiskan waktunya seorang diri. Ia lebih suka memusatkan perhatiannya pada pikirannya sendiri daripada dunia luar, terutama ketika ia sedang tertekan.

Orang dengan tipe kepribadian INTP juga biasanya tidak memiliki lingkaran pertemanan yang luas. Ia cenderung tidak percaya diri bila berada pada lingkungan yang baru dan lebih suka bersosialisasi dengan sekelompok kecil orang-orang terdekatnya yang memiliki minat dan kesenangan yang sama dengannya.

2. Pemikir

Pribadi INTP umumnya adalah seorang pemikir. Ia sangat menyukai teori dan ide-ide abstrak. Pribadi INTP biasanya ingin memiliki pemahaman yang lengkap terhadap segala hal.

Selain itu, orang dengan tipe kepribadian INTP juga selalu sibuk memikirkan bagaimana segala hal bisa terjadi, dan mereka juga selalu mencoba untuk menemukan berbagai solusi inovatif bagi setiap masalah yang ada.

3. Analitis

Tidak hanya pemikir, orang dengan tipe kepribadian INTP biasanya juga merupakan orang yang sangat analitis. Saat sedang dihadapkan dengan situasi yang mengharuskannya membuat keputusan, pribadi INTP cenderung mengesampingkan perasaan serta mengutamakan sifat logis dan objektif.

Saat pribadi INTP mendapatkan informasi dan pengalaman baru, ia akan membandingkannya dengan apa yang sudah diketahui sebelumnya untuk mencari pola dan membuat prediksi mengenai apa yang mungkin terjadi selanjutnya.

4. Fleksibel

Karakteristik tipe kepribadian INTP lainnya adalah fleksibel. Pribadi INTP sangat suka jika ia memiliki banyak pilihan terhadap suatu hal. Oleh sebab itu, biasanya ia tidak menyukai aturan dan perencanaan, karena kedua hal ini dianggap bisa mengekang kebebasannya.

5. Jujur

Pribadi INTP umumnya juga merupakan pribadi yang sangat jujur dan apa adanya. Ia percaya bahwa kebenaran adalah hal yang sangat penting. Maka dari itu, pribadi INTP tidak akan segan untuk mengatakan kebenaran, walau mungkin akibatnya dapat melukai perasaan orang lain.

Karena pribadi INTP juga sangat analitis, ia akan mudah sekali mengetahui ketika seseorang sedang tidak berkata jujur.

Kelebihan dan Kekurangan Tipe Kepribadian INTP

Setiap tipe kepribadian memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, begitu pula dengan tipe kepribadian INTP. Di bawah ini adalah beberapa contoh kelebihan tipe kepribadian INTP:

  • Logis
  • Objektif
  • Pemikir
  • Independen
  • Setia
  • Jujur
  • Rasional

Sementara itu, beberapa kekurangan yang dimiliki orang kepribadian INTP antara lain:

  • Sulit dimengerti
  • Tidak peka
  • Tidak menyukai aturan
  • Sulit mengungkapkan perasaan atau emosi

Karir yang Cocok untuk Tipe Kepribadian INTP

Orang-orang berkepribadian INTP sangat cocok untuk karir yang berhubungan dengan sains. Pasalnya, mereka adalah pribadi yang sangat logis, memiliki nalar yang sangat kuat, dan juga mampu berpikir kreatif.

Pribadi INTP bisa bekerja dengan sangat baik bila ia memiliki waktu dan tempat untuk berkonsentrasi tanpa adanya gangguan apa pun. Maka dari itu, ia lebih suka bekerja di lingkungan yang fleksibel ketimbang di lingkungan kerja yang memiliki banyak aturan.

Beberapa contoh pekerjaan yang cocok untuk tipe kepribadian INTP adalah ahli kimia, fisikawan, programmer, insinyur, ahli matematika, apoteker, ahli geologi, dan ilmuwan forensik.

Tes MBTI bisa membantu Anda mengetahui potensi yang mungkin ada dalam diri Anda. Namun, sebenarnya kepribadian masing-masing individu sangatlah unik dan tidak cukup diwakilkan oleh empat sifat saja.

Semua jenis tipe kepribadian, baik tipe kepribadian INTP atau yang lainnya, pasti memiliki karakteristik dan keunggulannya masing-masing. Apabila Anda kesulitan untuk melihat potensi yang ada pada diri Anda, jangan ragu berkonsultasi dengan psikolog.