Rasa kurang percaya diri dapat dialami siapa saja. Ada berbagai kondisi yang membuat seseorang merasakan hal itu. Mulai dari kurang percaya diri dalam urusan menangani pekerjaan, interaksi sosial, bahkan sampai urusan hubungan percintaan.

Padahal dengan percaya diri justru akan membuka potensi-potensi Anda yang selama ini terpendam, selain juga akan mendukung kesehatan mental Anda.

Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri untuk Mendukung Kesehatan Mental - Alodokter

Tips Meningkatkan Percaya Diri

Rasa percaya diri memang tumbuh karena dilatih seiring berjalannya waktu. Tiap orang mungkin memiliki cara tersendiri dalam melatih rasa percaya dirinya.

Berikut beberapa tips meningkatkan percaya diri yang dapat Anda coba untuk mendukung kesehatan mental Anda:

  • Rutin berolahraga dan menerapkan pola diet sehat
    Menjaga kesehatan mental akan lebih mudah dilakukan apabila kesehatan tubuh juga terjaga. Sebagai langkah pertama meningkatkan rasa percaya diri yaitu dengan melakukan olahraga yang rutin serta menerapkan pola diet yang sehat  untuk memperoleh kondisi tubuh dan mental yang lebih baik.
  • Mencoba aktivitas baru
    Merasa kurang percaya diri bisa saja ditimbulkan karena Anda kurang beraktivitas. Menambah kegiatan atau melakukan aktivitas yang baru, bertemu dengan orang-orang baru, diharapkan mampu melatih rasa percaya diri Anda.
  • Bergabung dalam kegiatan sosial
    Banyak orang yang merasakan kepercayaan dirinya meningkat setelah bergabung aktif dalam kegiatan sosial sebagai sukarelawan, dan mendapat relasi baru. Jangan sia-siakan hidup Anda dengan menyendiri di rumah. Ikut serta dalam kegiatan sosial dapat menjadi salah satu pilihan kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk membantu orang lain, di samping juga meningkatkan rasa percaya diri Anda.
  • Memiliki hubungan pertemanan yang akrab
    Memiliki lingkaran pertemanan yang akrab, dinilai sangat membantu dalam mendukung Anda menjalani kehidupan sehari-hari. Ini karena Anda bisa berbagi cerita, pikiran, dan perasaan, terutama saat Anda mengalami masalah, sehingga Anda tidak merasa sendiri saat menghadapinya.

Tidak kalah penting, usahakanlah untuk selalu berpikir positif di setiap aktivitas yang Anda jalani. Hal itu juga dapat melatih rasa percaya diri, dan membuat Anda mampu untuk bangkit dari segala kesulitan yang dihadapi.

Kurang percaya diri dapat membuat Anda tidak nyaman, dan akan berpengaruh pada kinerja serta produktivitas Anda. Lakukan tips melatih percaya diri di atas untuk memperbaikinya. Namun, cara-cara tersebut akan membutuhkan proses dan waktu yang tidak sebentar. Jika rasa kurang percaya diri yang Anda alami sampai menyebabkan gangguan kesehatan mental, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter atau psikolog agar dapat ditangani.