Gigitan kelabang atau lipan dapat menimbulkan nyeri dan reaksi alergi. Meski umumnya gigitan lipan tidak berbahaya, tetap penting bagi kita untuk mengetahui cara mengobati gigitan lipan sebagai bentuk antisipasi terhadap serangan hewan tersebut.

Lipan merupakan hewan karnivora yang mampu menyengat dan mengeluarkan racun dari mulut untuk melumpuhkan mangsanya. Hewan ini memiliki 15 pasang kaki dan ukuran tubuh yang bervariasi, yaitu sekitar 2,5–40 cm. Lipan umumnya berkembang di tempat gelap dan lembap, seperti di dalam pot tanaman.

Mengetahui Gejala dan Cara Mengobati Gigitan Lipan - Alodokter

Lipan bukanlah binatang yang suka menyerang manusia, tetapi hewan ini bisa menggigit dan menyuntikkan racunnya ketika merasa terganggu atau terancam. Bagi manusia, gigitan lipan bisa terasa sangat menyakitkan. Semakin besar ukuran lipan, biasanya semakin terasa sakit pula gigitannya.

Gejala Gigitan Lipan

Racun lipan mengandung berbagai bahan kimia, termasuk histamin yang dapat menyebabkan reaksi alergi dan metalloproteases yang bisa merusak jaringan kulit. Jika seseorang terkena racun tersebut, ia akan mengalami gejala berupa rasa nyeri, kemerahan, dan pembengkakan di bagian tubuh yang tergigit.

Gejala yang muncul pun bisa berlangsung selama beberapa jam hingga beberapa hari. Terkadang, seseorang juga bisa mengalami mati rasa atau pembengkakan kelenjar getah bening akibat tergigit oleh lipan. Namun, reaksi tersebut tergolong jarang terjadi.

Selain itu, pada kasus tertentu, gigitan lipan juga dapat menyebabkan reaksi alergi parah atau anafilaksis. Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala alergi racun lipan yang penting untuk diketahui:

  • Gatal
  • Demam
  • Mual
  • Pembengkakan di sekitar bagian tubuh yang tergigit
  • Jantung berdebar lebih cepat dari biasanya (palpatasi jantung)
  • Sulit bernafas
  • Pembengkakan kelenjar getah bening dan tenggorokan
  • Tenggorokan bengkak

Anda perlu segera mendapatkan pertolongan medis dari dokter apabila mengalami gejala-gejala di atas setelah tergigit lipan.

Cara Mengobati Gigitan Lipan

Gigitan lipan biasanya tidak berbahaya dan memang jarang menyebabkan komplikasi kesehatan pada manusia. Jika terkena gigitan lipan, Anda dapat melakukan pengobatan sendiri di rumah untuk meredakan gejala yang muncul, yaitu:

  • Membersihkan area gigitan dengan air mengalir dan sabun berbahan kimia lembut untuk mengurangi risiko infeksi
  • Merendam area gigitan di dalam air hangat secepat mungkin untuk mengeluarkan racun lipan
  • Memberikan kompres dingin dengan es yang dibungkus kain pada area gigitan selama 10 menit untuk mengurangi bengkak dan nyeri
  • Mengonsumsi obat antihistamin dan antinyeri untuk mengurangi nyeri, gatal, dan pembengkakan

Jika langkah-langkah di atas tidak efektif untuk mengobati gejala yang muncul atau gejala justru semakin memburuk dalam waktu 48 jam, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Begitu pula jika Anda mengalami reaksi alergi setelah digigit lipan.

Untuk menangani reaksi berat akibat gigitan lipan, dokter dapat meresepkan obat kortikosteroid untuk meredakan peradangan, antihistamin untuk mengatasi reaksi alergi, dan antibiotik jika luka gigitan sudah terinfeksi oleh bakteri.

Meski racun lipan jarang menimbulkan komplikasi, penting untuk mengetahui cara mengobati gigitan lipan agar Anda tahu apa yang harus dilakukan jika mengalaminya.

Janganlah ragu untuk segera pergi ke dokter bila Anda mengalami pusing, gatal, ruam, dan bengkak pada bibir, tenggorokan, mulut, atau lidah, setelah digigit lipan. Reaksi tersebut bisa menjadi gejala dari reaksi alergi parah yang perlu ditangani secepatnya.