Hingga saat ini, panti jompo masih cukup jarang dijadikan sebagai pilihan tempat bagi orang lanjut usia untuk menjalani hari tuanya. Padahal, dengan menimbang berbagai manfaatnya untuk para lansia, panti jompo bisa dijadikan tempat untuk menikmati hari tua dengan lebih baik.

Panti jompo adalah wisma yang diperuntukkan bagi orang-orang lanjut usia. Tempat ini menyediakan pelayanan dan perawatan agar para lansia dapat lebih mudah dalam menjalani kehidupan sehari-hari, seperti mandi, makan, hingga berpakaian.

Pertimbangkan Panti Jompo untuk Lansia dan Tips Memilihnya - Alodokter

Saat mendengar kata panti jompo, mungkin sebagian orang merasa kasihan dan bersalah karena telah meninggalkan anggota keluarganya yang sudah lanjut usia di sana.

Padahal, panti jompo tidak selalu identik dengan hal yang memprihatinkan bagi para lansia. Tak sedikit lansia yang justru bisa menjalani hidup produktif dan bahagia di panti jompo.

Di panti jompo, para lansia juga bisa memiliki banyak teman dan dapat bersosialisasi dengan sesama lansia yang tinggal di sana.

Panti Jompo sebagai Rumah Para Lansia

Panti jompo umumnya menjadi pilihan bagi para lansia yang tidak memungkinkan menjalani perawatan di rumah, misalnya karena anggota keluarga yang sibuk bekerja atau tidak mampu merawatnya dengan baik.

Selain itu, panti jompo juga bisa menjadi tempat untuk merawat lansia yang memiliki kebutuhan khusus, misalnya lansia yang memiliki penyakit tertentu seperti demensia, stroke, diabetes, atau penyakit jantung. Karena kondisi medisnya tersebut, lansia perlu dipantau dan dijaga dengan lebih saksama.

Para staf yang berada di panti jompo biasanya akan memantau kegiatan serta melayani lansia selama 24 jam setiap harinya. Tenaga medis, seperti perawat atau dokter, juga akan berkunjung secara berkala untuk memeriksa kesehatan para lansia tersebut.

Meski demikian, tak sedikit orang yang menganggap bahwa perawatan lansia sudah seharusnya menjadi tanggung jawab keluarga. Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan anggapan ini. Semua tetap kembali kepada kebaikan dan kenyamanan masing-masing keluarga.

Namun, situasi tersebut dikhawatirkan bisa berdampak buruk pada lansia apabila  seluruh keluarga inti memiliki kesibukan dan rutinitas yang padat di luar rumah. Hal ini dapat mengakibatkan perawatan pada lansia menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, panti jompo bisa menjadi salah satu langkah alternatif untuk merawat lansia

Tips Memilih Panti Jompo yang Baik dan Aman

Bila Anda berencana memilih panti jompo untuk anggota keluarga yang sudah lansia, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips berikut ini:

1. Cari rekomendasi

Saat memilih panti jompo, cobalah bertanya kepada orang-orang terdekat atau teman Anda yang memiliki pengalaman dalam menitipkan lansia di panti jompo. Hal ini karena mereka sudah memiliki informasi terkait panti jompo mana yang baik dan aman bagi para lansia.

2. Ketahui pelayanan yang disediakan di panti jompo

Anda harus mengetahui dengan pasti manfaat apa saja yang bisa diperoleh para lansia di panti jompo tersebut. Anda bisa bertanya kepada para staf di panti jompo mengenai pelayanan apa saja yang disediakan di sana dan apakah terdapat staf yang dapat merawat serta menjaga para lansia selama 24 jam.

3. Perhatikan kondisi medis lansia

Selain dari sisi fasilitas dan mutu pelayanan, Anda juga perlu menimbang sisi kondisi medis lansia. Jika perlu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai rekomendasi panti jompo yang memiliki fasilitas sesuai dengan kebutuhan dan kondisi medis lansia.

4. Pilih panti jompo yang tidak jauh dari rumah

Meski lansia akan berada di panti jompo selama beberapa waktu, Anda tetap tidak boleh meninggalkan mereka sendirian. Pilihlah panti jompo yang dekat dengan tempat tinggal agar Anda bisa lebih mudah mengunjungi anggota keluarga yang Anda titipkan di sana.

5. Perhatikan fasilitas panti jompo

Perhatikan dengan saksama panti jompo pilihan Anda mulai dari kebersihan, makanan, dan tata ruangnya. Hal ini dilakukan agar lansia merasa nyaman dan aman berada di sana. Perhatikan juga apakah panti jompo dilengkapi fasilitas CCTV agar Anda bisa memantau kondisi lansia dari rumah.

Anda juga bisa menanyakan kepada perawat di panti jompo tersebut mengenai kegiatan apa saja yang dilakukan lansia di sana sehari-hari. Selain itu, tanyakan apakah mereka memiliki perlakuan khusus terhadap lansia yang memiliki kondisi medis tertentu.

Selama lansia berada di panti jompo, Anda juga diharapkan untuk terus mengikuti perkembangannya selama berada di sana. Ingatlah untuk rutin berkonsultasi dengan dokter guna memantau kondisi kesehatan lansia.

Saat berkonsultasi dengan dokter, Anda dapat meminta rekomendasi dokter terkait perawatan apa saja yang perlu didapat oleh lansia di rumah atau di panti jompo agar mereka dapat hidup sehat, aman, nyaman, dan bahagia.