Hingga saat ini, masih ada anggapan bahwa minum pil KB dapat menimbulkan jerawat dan menyebabkan badan gemuk. Tak jarang, anggapan ini membuat banyak wanita ragu memilih pil KB untuk menjadi alat kontrasepsinya.

Pil KB adalah salah satu jenis alat kontrasepsi yang memiliki efektivitas tinggi dalam mencegah kehamilan selama digunakan dengan benar. Selain itu, pil KB juga merupakan pilihan alat kontrasepsi yang tergolong praktis, mudah didapatkan, dan harganya relatif terjangkau.

Minum Pil KB, Tanpa Khawatir Jerawat dan Berat Badan Naik - Alodokter

Pil KB Menyebabkan Gemuk dan Jerawatan, Mitos atau Fakta?

Pil KB mengandung hormon yang berfungsi untuk mencegah kehamilan. Menurut kandungannya, ada dua jenis pil KB yang tersedia di pasaran, yaitu pil KB yang hanya mengandung progestin, yaitu jenis progesteron sintetik, dan pil KB kombinasi yang berisi hormon estrogen serta progesteron.

Pada beberapa wanita, penggunaan pil KB bisa menyebabkan peningkatan berat badan dan munculnya jerawat. Hanya saja, kedua efek samping ini lebih sering disebabkan oleh konsumsi produk pil KB model lama. Hal ini karena pil KB kombinasi yang diproduksi dahulu mengandung progesteron sintetik generasi awal dan estrogen sintetik.

Nah, saat ini sudah berkembang jenis pil KB yang mengandung kombinasi Drospirenon dan etiniIestradiol. Etinilestradiol adalah jenis estrogen sitentik, sedangkan Drospirenon adalah hormon progesteron sintetis generasi keempat, yang diketahui memiliki sifat antimineralkortikoid dan antiandrogenik.

Sifat antimineralkortikoid dari Drospirenon diketahui mampu menurunkan risiko terjadinya penimbunan cairan di dalam tubuh akibat efek hormon estrogen pada pil KB, yang sering menjadi penyebab kenaikan berat badan.

Sementara itu, sifat antiandrogenik bermanfaat untuk menekan efek hormon androgen dalam tubuh yang biasanya meningkat akibat konsumsi pil KB. Soalnya, salah satu efek androgen adalah memicu peningkatan produksi sebum yang berpotensi menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Dengan dua sifat yang dimiliki Drospirenon, risiko kamu mengalami kenaikan berat badan atau jerawat selama mengonsumsi pil KB diharapkan bisa berkurang. Makanya, mulai sekarang kamu tidak perlu ragu atau khawatir lagi untuk menggunakan pil KB, sehingga bisa ber-KB cantik dan tetap langsing.

Tips Mencegah Berat Badan Naik dan Timbulnya Jerawat Saat Minum Pil KB

Selain memilih pil KB kombinasi modern yang mengandung Drospirenon, agar berat badan ideal tetap terjaga dan kulit wajah bebas dari jerawat, kamu juga bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

  • Batasi asupan kalori harian.
  • Konsumsi makanan sehat bergizi seimbang.
  • Perbanyak minum air putih.
  • Olahraga secara teratur.
  • Tidur yang cukup, yaitu sekitar 7–8 jam setiap hari.
  • Kelola stres dengan baik.
  • Bersihkan wajah 2 kali sehari dan gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit.
  • Hindari menyentuh wajah sebelum mencuci tangan.
  • Gunakan produk perawatan wajah dan make up yang berlabel ‘noncomedogenic’.

Kalau kamu masih memiliki pertanyaan seputar alat kontrasepsi, termasuk kontrasepsi yang tidak menyebabkan kegemukan dan timbulnya jerawat, jangan ragu untuk bertanya kepada dokter, ya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencari informasi tentang alat kontrasepsi di sumber yang terpercaya, seperti Bicara Kontrasepsi.