Benjolan di tangan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Meskipun kebanyakan tidak berbahaya, benjolan di tangan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas, terutama bila terjadi pada tangan yang dominan.

Penyebab benjolan di tangan bisa bermacam-macam, mulai dari cedera hingga infeksi. Sebagian besar penyebabnya memang tidak berbahaya. Namun, ada beberapa penyakit serius yang juga bisa menyebabkan munculnya benjolan di tangan dan harus segera ditangani untuk mencegah komplikasi yang berbahaya.

Muncul Benjolan di Tangan, Ini Kemungkinan Penyebabnya - Alodokter

Beragam Penyebab Benjolan di Tangan

Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab benjolan di tangan:

1. Kista ganglion

Benjolan di tangan yang paling umum terjadi adalah kista ganglion. Kista ini bisa terbentuk di persendian atau urat (tendon). Kista yang biasanya muncul di sekitar pergelangan tangan ini terasa seperti jeli kenyal bila diraba. Biasanya, kista ganglion tidak menimbulkan rasa sakit kecuali bila benjolannya menekan saraf di dekatnya.

Meski penyebabnya belum diketahui secara pasti, kista ganglion lebih sering terjadi pada wanita berusia 20–40 tahun dan pada orang yang mengalami radang sendi atau cedera.

Pada beberapa kasus, kista ganglion dapat menghilang dengan sendirinya. Namun, bila kista sudah sangat mengganggu, dokter dapat mengatasinya dengan menyedot cairan di dalam kista menggunakan jarum atau melakukan operasi pengangkatan kista.

2. Kutil

Jika benjolan di tangan terlihat seperti daging tumbuh, bisa jadi itu adalah kutil. Kemunculan kutil umumnya disebabkan oleh virus HPV (human papilloma virus). Kutil biasanya berukuran kecil, bertekstur kasar dan memiliki bintik-bintik hitam kecil.

Biasanya, kutil dapat hilang dengan sendirinya. Anda bisa menggunakan obat oles yang mengandung asam salisilat untuk mempercepat proses penyembuhannya.

Konsultasikan ke dokter jika kutil yang Anda alami terus berulang, tidak kunjung sembuh, terasa nyeri, atau mengalami perubahan bentuk. Dokter mungkin akan menyarankan operasi untuk mengangkat kutil bila penanganan dengan obat tidak berhasil.

3. Kontraktur Dupuytren

Benjolan di tangan bisa saja merupakan tanda kontraktur Dupuytren. Kondisi ini diawali dengan munculnya benjolan di telapak tangan yang diikuti penebalan jaringan elastis di bawahnya. Penebalan ini menyebabkan tangan menjadi kaku dan jari-jari bengkok ke arah telapak tangan, terutama jari manis dan kelingking.

Penyebab kontraktur Dupuytren diduga berkaitan dengan kelainan pada gen. Selain itu, ada beberapa faktor yang diduga dapat memicu kontraktur ini, yaitu usia lanjut, kebiasaan merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan diabetes.

Kontraktur Dupuytren biasanya tidak nyeri dan tidak memerlukan pengobatan. Namun, bila jaringan elastis terus menebal dan dibiarkan, penderita akan makin kesulitan menggerakkan tangannya. Jika sudah sangat mengganggu, kontraktur Dupuytren dapat diatasi dengan operasi dan rehabilitasi medik.

4. Karpal bos

Karpal bos merupakan benjolan yang biasa muncul di punggung tangan, sekitar daerah pergelangan. Benjolan diduga terjadi akibat cedera pada tangan. Selain itu, aktivitas fisik yang melibatkan gerakan pergelangan tangan secara terus-menerus juga bisa memicu karpal bos.

Kebanyakan karpal bos tidak memerlukan pengobatan, kecuali jika menimbulkan rasa sakit. Pengobatan yang dilakukan antara lain berupa pemberian obat antinyeri, seperti ibuprofen, dan suntikan kortikosteroid. Prosedur bedah mungkin akan disarankan apabila benjolan karpal bos sudah benar-benar mengganggu.

5. Tumor pada tangan

Benjolan di tangan bisa juga disebabkan oleh tumor, baik tumor kulit, tumor otot dan tulang, ataupun tumor jaringan lunak. Meski tidak semua berbahaya, tumor di tangan tetap memerlukan pemeriksaan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk.

Salah satu tumor jinak yang bisa muncul di tangan adalah lipoma. Lipoma merupakan benjolan berisi lemak yang lunak, tidak nyeri, kenyal, dan sering kali tidak mengganggu. Selain di tangan, benjolan ini juga bisa muncul di beberapa bagian tubuh sekaligus, seperti leher, dada, punggung, lengan, paha, dan bokong.

Ada macam-macam penyebab benjolan di tangan. Umumnya, benjolan ini tidak berbahaya, tapi bisa menyulitkan Anda saat melakukan aktivitas dengan tangan. Konsultasikanlah ke dokter bila Anda memiliki benjolan di tangan, terutama bila benjolan membesar dengan cepat, terasa nyeri, berubah bentuk, atau membatasi kegiatan Anda sehari-hari.