Kutil adalah benjolan di kulit akibat infeksi virus human papilloma (HPV). Virus ini dapat menyerang berbagai bagian tubuh, termasuk telapak tangan, kaki, dan kelamin.

Virus penyebab kutil biasanya menular melalui kontak fisik dengan penderita kutil atau dari benda yang terkontaminasi. Setelah kulit terpapar HPV, kutil membutuhkan waktu sekitar 2–6 bulan untuk berkembang.

Kutil-alodokter

Kutil yang tergolong ringan biasanya dapat sembuh tanpa diobati. Meski demikian, kutil bisa menyebabkan nyeri dan iritasi di kulit. Oleh karena itu, segera periksakan diri ke dokter bila memiliki kutil, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Gejala dan Penyebab Kutil

Kutil ditandai dengan benjolan kecil atau datar di kulit. Benjolan ini bisa bertekstur kasar atau halus, dengan warna seperti kulit, cokelat, atau hitam.

Kutil terjadi ketika virus HPV menginfeksi kulit dan membentuk benjolan kecil. Virus ini dapat menyebar melalui berbagai cara, misalnya kontak langsung dengan orang yang memiliki kutil, atau berhubungan seksual dengan penderita kutil kelamin.

Pengobatan dan Pencegahan Kutil

Kutil umumnya dapat sembuh tanpa pengobatan tertentu. Namun, kutil juga bisa menyebar dan menyebabkan gangguan kesehatan lain sehingga harus ditangani. Penanganannya bisa dengan penggunaan obat oles, krioterapi, terapi laser, dan kauterisasi.

Ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah penyebaran virus penyebab kutil, yaitu:

  • Mencuci tangan sampai bersih bila tidak sengaja menyentuh kutil orang lain
  • Menjalani vaksin HPV
  • Menjaga kaki agar tetap kering
  • Menggunakan sandal saat berada di tempat yang lembab, seperti kamar mandi dan ruang ganti umum