Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa ada beberapa jenis kutil yang dapat muncul di berbagai bagian tubuh. Berikut adalah bentuk dan penjelasan dari masing-masing jenis kutil:

1. Kutil biasa

Kutil Biasa

Kutil biasa merupakan salah satu jenis kutil yang paling sering diderita seseorang. Kutil ini berukuran 1–10 mm dan biasanya tumbuh di sekitar jari atau lutut. Benjolan kutil ini terasa keras dengan permukaan yang kasar.

2. Kutil periungual

Kutil Periungual

Kutil periungual biasanya tumbuh di bawah atau di sekitar kuku jari kaki dan tangan. Jenis kutil ini memiliki tekstur permukaan kasar dan dapat menimbulkan nyeri. Kutil peringual juga dapat memengaruhi bentuk kuku.

3. Kutil filiform

Kutil Filiform

Kutil filiform memiliki bentuk yang memanjang dan biasanya tumbuh di bibir, kelopak mata, jari, dan leher. Warna kutil ini umumnya menyerupai kulit.

4. Kutil plantar

Kutil Plantar (1)

Kutil plantar juga dikenal dengan istilah mata ikan. Jenis kutil ini berbentuk pipih dan berwarna putih dengan titik hitam di tengahnya, dan umumnya tumbuh di telapak kaki. Bentuknya yang menjorok ke dalam kulit sering menyebabkan bagian yang terkena kutil ini terasa sakit bila tertekan.

Berikut ini adalah bentuk permukaan kulit yang berhasil diobati akibat kutil platar.

Kutil Plantar (2)

5. Kutil pipih

Sesuai namanya, kutil datar berbentuk pipih dengan warna kekuningan. Kutil yang umumnya dialami oleh anak-anak ini tumbuh di bagian punggung tangan, kaki, dan wajah, dengan ukuran sekitar 1–3 mm.

Gambar di bawah ini menunjukkan kutil platar yang berangsur membaik setelah menjalani pengobatan.

Kutil Pipih