Sebagian besar kutil dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, kutil yang tidak diobati memerlukan waktu beberapa bulan atau beberapa tahun untuk sembuh. Oleh karena itu, pasien dianjurkan untuk menjalani pengobatan sesuai rekomendasi dokter.

Beberapa metode pengobatan yang dapat disarankan oleh dokter, antara lain:

Obat oles

Pemberian obat oles bertujuan untuk menghilangkan lapisan kutil sedikit demi sedikit. Jenis obat oles yang dapat diresepkan dokter antara lain:

Krioterapi

Krioterapi dilakukan dengan membekukan kutil menggunakan nitrogen cair. Setelah kutil membeku, lepuhan akan terbentuk dan kutil dapat terkelupas.

Terapi laser

Terapi ini dilakukan dengan memanaskan dan menghancurkan pembuluh darah kecil di dalam kutil dengan menggunakan sinar laser agar kutil mudah terkelupas.

Kauterisasi dan electrosurgery

Kauterisasi bertujuan untuk mengikis kutil dengan pisau bedah. Sedangkan electrosurgery bertujuan untuk menghilangkan kutil menggunakan aliran listrik khusus. Kedua metode ini sering digunakan bersamaan untuk menangani kutil biasa, kutil filiform, dan kutil plantar.

Komplikasi Kutil

Kutil umumnya tidak menimbulkan masalah kesehatan lain. Namun, pada beberapa kasus, kutil yang tidak ditangani dapat menimbulkan gangguan kesehatan yang lebih serius, seperti:

  • Infeksi
  • Nyeri yang sampai mengganggu aktivitas sehari-hari
  • Kanker, seperti kanker tenggorokan atau kanker serviks
  • Kutil muncul lebih banyak di tangan atau wajah