Sebagian besar kutil dapat hilang dengan sendirinya tanpa harus diobati, meski bisa memakan waktu lama hingga beberapa minggu atau bulan. Cepat atau lambatnya seseorang sembuh dari kutil akan bergantung kepada kemampuan sistem kekebalan tubuh sendiri.

Untuk mempercepat proses penyembuhan, Anda bisa mencoba menggunakan salep atau plester yang mengandung asam salisilat. Zat ini mampu membakar lapisan atas kulit di tempat kutil berada. Selain asam salisilat, Anda bisa mencoba obat dalam bentuk semprot yang mengandung dimethyl ether propane. Meski begitu, kedua zat ini tidak seefektif asam salisilat. dimethylether propane bekerja dengan cara membekukan kutil.

Beberapa penderita dapat menghilangkan kutil menggunakan plester (duct tape) yang ditempel di atas kutil selama enam hari. Setelah 6 hari, buka plester, rendam area kutil di air dan gosok lembut permukaan kutil dengan benda yang berpermukaan kasar. Walau demikian, cara ini belum terbukti secara klinis.

Jika kutil tidak kunjung sembuh setelah Anda menerapkan cara pengobatan di atas, atau bahkan kutil malah menyebar ke bagian tubuh lain, temui dokter untuk mendapatkan pengobatan. Selain itu, Anda disarankan menemui dokter apabila:

  • Kutil kambuh setelah sembuh.
  • Pertumbuhan kutil terasa menyakitkan.
  • Kutil tumbuh di wajah.
  • Pertumbuhan kutil membuat Anda malu, stres, atau bahkan sampai membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu.
  • Bentuk dan warna kutil berubah.
  • Anda tidak yakin apakah daging yang tumbuh tersebut adalah kutil.
  • Anda sedang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.
  • Kutil mengeluarkan darah.

Jika asam salisilat tidak efektif dalam menghilangkan kutil, dokter biasanya akan meresepkan trichloroacetic dan bichloroacetic untuk dioleskan di permukaan kutil. Selain dengan obat, cara lain untuk menghilangkan kutil yang mungkin saja direkomendasikan oleh dokter adalah:

  • Cryotherapy. Prosedur ini disebut juga sebagai terapi pembekuan. Kutil akan diberikan cairan nitrogen agar beku guna mematikan jaringannya. Setelah beku, lepuhan akan terbentuk dibawah dan di sekitar kutil. Biasanya dalam waktu seminggu atau lebih, jaringan kutil yang telah mati akan mengelupas dengan sendirinya.Cryotherapy juga dapat merangsang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna melawan virus kutil.
  • Kuret. Melalui metode ini, jaringan kulit akan dipotong dengan alat bedah, kemudian diangkat. Kuret mungkin terasa menyakitkan dan bisa meninggalkan bekas luka (jaringan parut). Namun metode ini termasuk efektif dalam menghilangkan kutil.
  • Sinar laser. Melalui metode ini jaringan kutil akan dimatikan dengan cara membakar pembuluh darah di dalamnya menggunakan sinar laser. Setelah jaringan mati, kutil akan lepas dengan sendirinya. Sama seperti kuret, pengobatan dengan laser dapat menimbulkan jaringan parut.
  • Electrosurgey. Metode ini hampir sama dengan sinar laser. Namun dalam electrosurgery, jaringan kutil akan dibakar dan dikeringkan dengan muatan listrik yang disalurkan melalui ujung jarum.