Berdasarkan bentuk dan lokasi tumbuhnya, jenis kutil dibagi menjadi lima. Yang pertama adalah kutil biasa. Kutil biasa bisa dikenali dari bentuknya yang menonjol bulat dan kasar. Jenis kutil ini biasanya tumbuh di jari tangan atau kaki.

Jenis kutil yang kedua adalah kutil plantar. Kutil ini memiliki bentuk rata dengan lubang di tengahnya yang kadang-kadang disertai dengan titik-titik hitam. Kutil plantar tumbuh di telapak kaki. Sekilas, kutil ini tampak melubangi kaki Anda dengan kulit di sekelilingnya yang mengeras. Anda biasanya akan merasakan nyeri saat berjalan.

Jenis kutil ketiga adalah kutil filiform. Bentuk kutil ini seperti bintil daging tumbuh dengan warna yang sama seperti kulit Anda. Kutil filiform biasanya tumbuh di sekitar hidung, mulit. Bawah dagu, dan leher.

Jenis kutil keempat adalah kutil datar (flat wart). Kutil ini memiliki bentuk seperti bekas cakaran di kulit dengan warna beragam (cokelat, agak kuning, atau merah muda). Karena bentuknya yang sangat kecil, kadang-kadang kutil jenis ini tidak terlihat. Kutil datar biasanya tumbuh di wajah, lengan, dan paha.

Jenis kutil yang terakhir adalah kutil periungual. Kutil ini biasanya tumbuh di bawah kuku jari kaki dan tangan.  Bentuknya pecah-pecah seperti kembang kol dan menebal di sekitar lempeng kuku. Selain itu, kutil periungual juga tumbuh secara berkelompok. Kutil ini memengaruhi pertumbuhan kuku dan menyebabkan rasa sakit.