Kutil bisa diketahui dengan melihat bentuk dan ciri-cirinya. Gejala utama kutil adalah penebalan atau tonjolan pada kulit dengan permukaan yang kasar, dan kadang terasa gatal atau nyeri bila disentuh.

Berdasarkan penyebab, bentuk, dan lokasi tumbuhnya, kutil dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Kutil biasa. Kutil jenis ini umumnya berupa tonjolan yang terasa kasar pada tangan atau kaki dan bisa berbentuk seperti daging tumbuh.
  • Kutil datar (flat wart). Kutil jenis ini berbentuk seperti bekas cakaran pada kulit dengan warna cokelat, agak kuning, atau merah muda. Ukuran kutil datar yang cukup kecil terkadang membuat keberadaan kutil ini tidak disadari. Kutil datar dapat tumbuh di wajah, lengan, dan paha.
  • Kutil plantar. Kutil jenis ini memiliki bentuk rata dengan lubang di tengahnya yang kadang disertai dengan titik-titik hitam. Kutil plantar tumbuh di telapak kaki. Kutil ini tampak seperti lubang di telapak kaki dengan kulit di sekelilingnya yang mengeras dan terasa nyeri saat berjalan.
  • Kutil filiform. Bentuk kutil ini seperti bintil daging tumbuh dengan warna yang serupa dengan kulit. Kutil filiform biasanya tumbuh di sekitar hidung, mulut, dagu, dan leher.
  • Kutil periungual. Kutil ini biasanya tumbuh di bawah kuku jari kaki dan tangan. Kutil periungual juga tumbuh secara berkelompok dan dapat memengaruhi pertumbuhan kuku dan menyebabkan rasa sakit.
  • Kutil kelamin. Kutil yang tumbuh di sekitar organ kelamin terjadi akibat infeksi menular seksual. Gejala-gejala kutil kelamin ditandai dengan permukaan kulit yang menonjol atau rata, dengan warna yang sama dengan warna kulit, dan bentuknya seperti kembang kol. Pada wanita, kutil ini bisa tumbuh di dalam vagina, serviks, atau anus. Sementara pada laki-laki, kutil kelamin tidak hanya tumbuh di organ kelamin, tetapi juga bisa muncul di selangkangan, pangkal paha, serta bagian dalam atau luar anus.