Natrium picosulfat atau sodium picosulfate adalah obat untuk mengatasi sembelit atau konstipasi. Natrium picosulfat termasuk dalam golongan obat pencahar jenis stimulan. Obat ini hanya boleh digunakan sesuai resep dokter.

Natrium picosulfat bekerja dengan cara merangsang lapisan usus sehingga menimbulkan gerakan pristaltis yang akhirnya akan mendorong feses keluar. Selain untuk menangani sembelit, obat ini juga digunakan untuk membersihkan usus sebelum pemeriksaan kolonoskopi atau operasi usus.

Natrium Picosulfat - Alodokter

Merek dagang natrium picosulfat: Laxoberon

Apa Itu Natrium Picosulfat

Golongan Obat resep
Kategori Obat pencahar jenis stimulan
Manfaat Mengatasi konstipasi dan membantu membersihkan usus sebelum pemeriksaan kolonoskopi atau operasi usus.
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Natrium picosulfat untuk ibu hamil dan menyusui Kategori N: Belum dikategorikan.

Natrium picosulfat belum diketahui terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Drops (tetes)

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Natrium Picosulfat

Sebelum mengonsumsi natrium picosulfat, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Jangan mengonsumsi natrium picosulfat jika Anda alergi terhadap obat ini. Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita radang usus, penyakit hati, ileus paralitik, kejang, sumbatan usus, penyakit jantung, gangguan elektrolit, atau baru menjalani operasi lambung atau usus.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengalami sakit perut yang berat, mual, atau muntah yang berat.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan suplemen, produk herbal, atau obat tertentu, seperti diuretik atau obat pencahar lain.
  • Segera temui dokter jika mengalami reaksi alergi obat atau overdosis setelah mengonsumsi natrium picosulfat.

Dosis dan Aturan Pakai Natrium Picosulfat

Dosis natrium picosulfat ditentukan berdasarkan usia, kondisi pasien, dan respons tubuh terhadap obat. Secara umum, berikut ini adalah dosis natrium picosulfat berdasarkan tujuannya:

Tujuan: Mengatasi sembelit atau konstipasi

  • Dewasa: 5–10 mg, sekali sehari, dikonsumsi pada malam hari atau sebelum tidur.

Tujuan: Membantu membersihkan usus sebelum operasi atau kolonoskopi

  • Dewasa: 10 mg, 2 kali sehari, dikonsumsi pada pagi dan sore hari sebelum pemeriksaan.
  • Anak-anak usia >10 tahun: 5–10 mg, diberikan pada malam hari.

Cara Mengonsumsi Natrium Picosulfat dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca petunjuk yang tertera pada kemasan obat sebelum mengonsumsi natrium picosulfat. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Natrium picosulfat tetes oral (diminum) sebaiknya dikonsumsi pada malam hari atau menjelang tidur. Kocok botol natrium picosulfat terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Jika lupa mengonsumsi natrium picosulfat, segera konsumsi jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Anda disarankan untuk memperbanyak minum air putih, berolahraga, atau mengonsumsi makanan yang mengandung serat, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, selama menjalani pengobatan dengan natrium picosulfat. Hal ini bertujuan untuk membantu memulihkan fungsi usus.

Simpan natrium picosulfat pada suhu ruangan dan di dalam wadah tertutup untuk menghindari paparan sinar matahari. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Natrium Picosulfat dengan Obat Lain

Ada beberapa efek interaksi obat yang dapat terjadi bila natrium picosulfat digunakan bersama obat lain, yaitu:

  • Peningkatan risiko terjadinya gangguan elektrolit jika digunakan dengan obat golongan diuretik atau kortikosteroid
  • Penurunan kadar digoxin di dalam darah
  • Penurunan efektivitas natrium picosulfat jika digunakan dengan antibiotik, seperti doxycycline, erythromycin, atau ethambutol

Efek Samping dan Bahaya Natrium Picosulfat

Salah satu efek penggunaan natrium picosulfat atau obat pencahar adalah buang air besar yang jadi lebih sering atau konsistensi tinja yang jadi lebih cair.

Selain itu, efek samping lain, seperti mual, muntah, kembung, sakit perut, atau sakit kepala, juga bisa terjadi. Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping yang telah disebutkan di atas tidak kunjung mereda atau justru semakin memberat.

Anda harus segera ke dokter jika mengalami reaksi alergi obat atau efek samping yang lebih serius, seperti: