Noscapine adalah obat untuk meredakan batuk kering. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, kaplet, sirup, dan obat tetes oral.

Noscapine merupakan obat antitusif yang bisa menekan refleks batuk, yaitu dengan cara menghambat respon dan penumpukan bradikinine yang berperan dalam merangsang batuk, sehingga obat ini dapat digunakan untuk meredakan batuk kering.

NOSCAPINE - alodokter
Merek dagang noscapine: Dextrosin, Flucodin, Longatin, Mercotin, Noscapax, Paratusin, Tilomix

Apa Itu Noscapine

Golongan Obat resep
Kategori Obat batuk kering atau antitusif
Manfaat Meredakan batuk
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Noscapine untuk ibu hamil dan menyusui Kategori N: Belum diketahui Noscapine bisa terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.
Bentuk Tablet, kapsul, kaplet, sirop, dan obat tetes oral

Peringatan Sebelum Menggunakan Noscapine

Perhatikan beberapa hal berikut sebelum menggunakan noscapine:

  • Jangan mengonsumsi noscapine jika Anda alergi terhadap obat ini. Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki.
  • Beri tahu dokter jika Anda menderita asma. Noscapine tidak boleh digunakan pada kondisi ini.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menjalani pengobatan dengan obat golongan MAOI. Noscapine tidak boleh dikonsumsi bersama obat ini.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita kondisi yang menyebabkan peningkatan tekanan intrakranial atau gangguan sistem pernapasan.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita penyakit ginjal, penyakit liver, atau penyakit paru.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Diskusikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum memberikan noscapine pada anak-anak.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah mengonsumsi noscapine.

Dosis dan Aturan Pakai Noscapine

Dosis obat yang diresepkan dokter akan disesuaikan dengan kondisi dan usia pasien. Berikut ini adalah dosis umum noscapine untuk mengatasi batuk kering:

Bentuk obat: Obat tetes oral

  • Dewasa: 10 tetes, 3–4 kali sehari
  • Anak usia 612 tahun: 5 tetes, 3–4 kali sehari

Bentuk obat: Kapsul

  • Dewasa: 1–2 kapsul 25 mg, 4 kali sehari atau 1 kapsul 50 mg, 4 kali sehari
  • Anak usia 1015 tahun: 1 kapsul 25 mg, 4 kali sehari
  • Anak usia 7–9 tahun: 1 kapsul 25 mg, 3 kali sehari

Noscapine bisa ditemukan dalam bentuk kombinasi dengan obat lain. Baca petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan sebelum mengonsumsi obat. Jika ragu, tanyakan ke dokter untuk mendapatkan dosis yang sesuai dengan kondisi Anda.

Cara Mengonsumsi Noscapine dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca petunjuk pada kemasan sebelum mengonsumsi noscapine. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Noscapine dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Usahakan untuk mengonsumsi noscapine tablet, kaplet, atau kapsul secara utuh. Jangan membelah, mengunyah, atau menghancurkan obat, karena dapat memengaruhi efektivitas obat.

Jika akan mengonsumsi noscapine dalam bentuk sirup atau obat tetes oral, kocok obat terlebih dahulu. Gunakan sendok takar atau pipet yang sudah tersedia dalam kemasan obat agar dosisnya tepat. Bila alat takar tidak tersedia, gunakan sendok teh.

Jika lupa mengonsumsi noscapine, segera konsumsi obat jika jeda dengan jadwal berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Simpan Noscapine di tempat yang sejuk dan kering. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Noscapine dengan Obat Lain

Jika digunakan bersama antikoagulan jenis coumarin, seperti warfarin, risiko terjadinya perdarahan bisa meningkat. Beberapa obat antitusif juga tidak boleh digunakan bersama obat golongan MAOI karena bisa meningkatkan risiko terjadinya efek samping.

Agar lebih aman, konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana mengonsumsi noscapine bersama obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.

Efek Samping dan Bahaya Noscapine

Efek samping yang bisa terjadi setelah mengonsumsi noscapine adalah mual atau rasa tidak nyaman di perut. Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut tidak kunjung membaik atau justru memburuk.

Anda juga harus segera ke dokter jika muncul reaksi alergi obat, yang bisa ditandai dengan gejala berupa muncul ruam pada kulit, bengkak pada kelopak mata dan bibir, atau kesulitan bernapas, setelah mengonsumsi noscapine.