Mengonsumsi obat batuk kering alami adalah cara termudah untuk mengatasi keluhan batuk kering. Beberapa obat batuk kering alami tersebut bisa ditemukan di dapur Anda, lho. Apa saja pilihan obat batuk alami tersebut?

Berbeda dengan batuk berdahak, batuk kering tidak menghasilkan lendir atau dahak. Kondisi ini bisa disebabkan oleh alergi, flu, hingga polusi. Namun, batuk kering juga bisa menjadi gejala dari kondisi medis tertentu, seperti asam lambung, asma, dan sinusitis, bahkan COVID-19.

Rekomendasi Obat Batuk Kering dari Bahan Alami - Alodokter

Meski batuk kering dapat sembuh tanpa pengobatan dalam beberapa hari, keluhan batuk kering sebaiknya tidak dibiarkan berkepanjangan. Sebagai langkah penanganan awal, Anda bisa menggunakan beberapa obat batuk kering yang bisa Anda temukan di rumah.

Beberapa Obat Batuk Kering Alami

Beberapa obat batuk kering alami yang bisa Anda konsumsi di rumah antara lain:

1. Air putih

Air putih merupakan obat batuk kering yang paling sederhana dan mudah didapatkan serta diminum setiap saat. Ketika minum air putih tenggorokan akan tetap lembap dan nyaman. Hal ini akan mengurangi keluhan batuk kering yang  Anda alami.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya mencukupi kebutuhan cairan dengan minum air putih minimal 8 gelas setiap hari.

2. Madu

Madu adalah obat batuk kering alami yang banyak dikenal dan digunakan oleh masyarakat. Penelitian membuktikan bahwa madu dipercaya lebih efektif meredakan batuk daripada obat batuk medis tertentu yang dapat dibeli secara bebas.

Meski demikian, efektivitas madu sebagai obat batuk kering tersebut masih perlu diteliti lebih lanjut. Namun, tidak ada salahnya mengonsumsi madu untuk mengobati batuk kering yang Anda alami.

Untuk mendapatkan manfaat madu sebagai obat batuk kering, Anda bisa mencampurkan dua sendok madu ke dalam satu gelas air hangat, teh, atau perasan lemon.

Perlu diingat, jangan berikan madu sebagai obat batuk kering untuk anak-anak yang berusia di bawah 1 tahun karena dapat menyebabkan botulisme.

3. Makanan mengandung probiotik

Mengonsumsi sumber probiotik, seperti tempe, keju, kimchi, dan yoghurt dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, sehingga dapat mempercepat proses pemulihan dari berbagai penyakit, termasuk batuk kering.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa probiotik dapat mengurangi angka kejadian infeksi saluran pernapasan pada anak-anak. Hal inilah yang membuat probiotik berpotensi menjadi obat batuk kering.

4. Air garam

Berkumur dengan air garam dapat membantu meredakan tenggorokan gatal yang memicu batuk kering. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda bisa mencampurkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat, kemudian gunakan untuk berkumur.

Meski demikian, larutan air garam ini tidak disarankan sebagai obat batuk kering untuk anak-anak di bawah usia 6 tahun karena belum dapat berkumur dengan baik.

5. Nanas

Buah nanas juga bisa menjadi obat batuk kering alami. Hal ini karena kandungan bromelain di dalam nanas yang diduga mampu melegakan saluran pernapasan dan mengatasi batuk kering. Meski demikian, manfaat nanas ini masih perlu diteliti lebih lanjut.

6. Jahe

Beberapa kondisi medis, seperti naiknya asam lambung dan radang tenggorokan akibat flu, juga dapat menyebabkan batuk kering. Untuk mengobati kondisi ini, Anda bisa mengonsumsi air rebusan jahe.

Hal ini karena air rebusan jahe dapat membantu mengurangi asam lambung sekaligus meringankan batuk kering akibat flu.

Namun, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi jahe terlalu banyak karena dapat menyebabkan sakit perut, mulas, atau diare.

Tips Meringankan Batuk Kering

Selain mengonsumsi obat batuk kering alami di atas, Anda juga disarankan untuk melakukan tips berikut untuk mempercepat proses pemulihan dari batuk kering:

Menggunakan pelembap udara (air humidifier)

Menggunakan humidifier atau mandi air hangat dipercaya dapat menjaga hidung dan tenggorokan Anda tetap lembap dan menghilangkan rasa gatal di tenggorokan. Uap yang dihasilkan dari humidifier maupun air hangat tersebut juga dapat melegakan saluran pernapasan Anda.

Mencukupi waktu istirahat

Tubuh yang lelah bisa membuat batuk kering dan sakit tenggorokan yang Anda alami tidak kunjung sembuh. Maka dari itu, Anda sebaiknya mencukupi waktu istirahat untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar proses pemulihan kesehatan Anda lebih cepat.

Menghindari faktor penyebab batuk kering

Batuk kering yang Anda alami bisa juga terjadi akibat reaksi alergi makanan tertentu, seperti cokelat, makanan yang asam, pedas, atau berlemak. Jika batuk kering yang Anda alami disebabkan oleh reaksi alergi dari makanan tersebut, sebaiknya jangan mengonsumsinya.

Anda juga disarankan untuk minum obat batuk kering yang mengandung antitusif. Namun, sebelum mengonsumsi obat tersebut, baca terlebih dahulu aturan minum dan batasan usia yang dapat menggunakan obat jenis tersebut di label kemasan.

Bila Anda sudah mencoba menggunakan obat batuk kering di atas tetapi tidak kunjung sembuh, atau keluhan semakin memburuk yang disertai gejala berupa demam, lesu, hingga dehidrasi, segera periksakan diri Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.