Manfaat yoghurt sudah dikenal baik untuk sistem pencernaan. Namun, bukan hanya itu. Yoghurt juga menyimpan banyak manfaat lainnya, mulai dari menjaga kesehatan tulang hingga memperkuat daya tahan tubuh.

Yoghurt adalah salah satu produk olahan susu yang terkenal akan kandungan probiotik di dalamnya. Probiotik baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Namun, tak hanya probiotik, yoghurt juga memiliki beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Makanan ini juga baik dikonsumsi oleh siapapun, tak terkecuali anak-anak dan ibu hamil.

Kenali 4 Manfaat Yoghurt bagi Kesehatan Tubuh - Alodokter

Kandungan Nutrisi pada Yoghurt

Di dalam 1 cangkir atau sekitar 235 gram yoghurt, terkandung sekitar 150  kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 8 gram protein
  • 8 gram lemak
  • 11 gram karbohidrat
  • 11 gram gula
  • 113 miligram sodium

Yoghurt juga mengandung beragam vitamin, termasuk vitamin B2, vitamin B12, vitamin D, dan beberapa mineral, seperti fosfor, kalium, dan magnesium.

Beragam Manfaat Yoghurt untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat yoghurt untuk kesehatan tubuh yang dapat Anda peroleh, di antaranya:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang berperan dalam melindungi kesehatan sistem pencernaan dari berbagai jenis penyakit, seperti diare, konstipasi, dan radang usus.

Probiotik bekerja dengan cara menggantikan bakteri baik yang hilang dari dalam tubuh serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan jahat yang hidup di sistem pencernaan. Dengan demikian, saluran pencernaan tetap berfungsi secara normal.

2. Menjaga kekuatan tulang

Kandungan protein dan vitamin D di dalam yoghurt baik untuk meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini menjadikan yoghurt baik dikonsumsi untuk mencegah masalah pada tulang, seperti osteoporosis.

Selain itu, tekstur yoghurt yang lembut dan kental juga membuatnya mudah dicerna oleh tubuh, sehingga juga baik untuk dikonsumsi orang lanjut usia.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mengonsumsi yoghurt secara rutin dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena kandungan probiotik di dalam yoghurt memiliki efek antiperadangan, sehingga mencegah tubuh dari berbagai penyakit, seperti infeksi virus dan radang usus.

Yoghurt yang diperkaya dengan vitamin D juga terlihat memiliki potensi dalam mencegah penyakit, misalnya flu.

4. Menurunkan dan mengontrol berat badan

Yoghurt termasuk makanan tinggi protein dan kalsium yang dapat mengurangi nafsu makan berlebih. Selain itu, yoghurt juga mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh.

Tekstur yoghurt yang kental juga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tak heran jika yoghurt menjadi makanan yang disarankan untuk menurunkan dan mengontrol berat badan.

Yoghurt merupakan salah satu pilihan makanan yang baik dikonsumsi sebagai makanan sehat sehari-hari. Namun, agar bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal, Anda sebaiknya mengonsumsi yoghurt tawar atau greek yoghurt.

Anda dapat menikmatinya langsung atau dengan menambahkan potongan buah dan kacang-kacangan. Yoghurt juga baik dikonsumsi dengan roti gandum saat sarapan.

Manfaat yoghurt bagi kesehatan memang tidak perlu diragukan lagi. Namun, jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, misalnya alergi terhadap yoghurt atau intoleransi laktosa, sebaiknya berkonsultasilah dulu ke dokter sebelum Anda mengonsumsi yoghurt.