Sesuai dengan namanya, greek yoghurt merupakan jenis yoghurt yang berasal dari Yunani. Di balik rasanya yang gurih, greek yoghurt juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan kekuatan tulang.

Berbagai jenis yoghurt, termasuk greek yoghurt, sama-sama berasal dari hasil fermentasi susu sapi. Namun, berbeda dengan jenis yoghurt lainnya, greek yoghurt memiliki tekstur yang lebih kental dan lebih lembut.

5 Manfaat Greek Yoghurt bagi Kesehatan Tubuh - Alodokter

Sama seperti yoghurt biasa, greek yoghurt juga mengandung probiotik. Namun, greek yoghurt mengandung lebih sedikit gula dan lebih banyak protein dibanding yoghurt biasa.

Berkat kandungan nutrisi dan probiotiknya, greek yoghurt cukup banyak dikonsumsi sebagai salah satu makanan sehat dan baik untuk mendukung program diet.

Kandungan Nutrisi pada Greek Yoghurt

Di dalam 100 gram greek yoghurt, terkandung sekitar 70 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 10 gram protein
  • 1,9 gram lemak
  • 4 gram karbohidrat
  • 3,5 gram gula
  • 115–120 miligram kalsium
  • 140 miligram fosfor
  • 140 miligram kalium
  • 0,6 miligram zinc
  • 25 miligram kolin
  • 12,5 mikrogram selenium

Greek yoghurt juga mengandung beragam vitamin, termasuk vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, dan vitamin K.

Beragam Manfaat Greek Yoghurt untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat greek yoghurt untuk kesehatan tubuh:

1. Menyehatkan saluran pencernaan

Greek yoghurt mengandung probiotik atau bakteri baik yang berperan dalam melindungi kesehatan sistem pencernaan dari beragam bakteri penyebab penyakit, seperti diare.

Probiotik bekerja dengan cara mengganti bakteri baik yang hilang dari dalam tubuh serta menyeimbangkan jumlah bakteri baik dan jahat yang hidup di sistem pencernaan. Dengan demikian, saluran pencernaan tetap berfungsi secara normal.

2. Menguatkan tulang

Kandungan kalsium, protein, dan vitamin K pada greek yoghurt baik untuk meningkatkan kepadatan tulang. Hal ini menjadikan greek yoghurt baik dikonsumsi oleh orang lanjut usia guna mencegah osteoporosis.

Selain itu, tekstur greek yoghurt yang lebih kental juga memudahkan orang untuk mengunyahnya, khususnya orang lanjut usia.

3. Menurunkan dan mengontrol berat badan

Greek yoghurt memiliki kandungan protein dua kali lebih banyak dari jenis yoghurt lainnya. Selain itu, greek yoghurt juga mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh.

Berkat kandungan nutrisinya tersebut, greek yoghurt bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Tak heran bila jenis yoghurt ini baik dikonsumsi untuk menurunkan dan mengontrol berat badan.

4. Menurunkan tekanan darah

Greek yoghurt merupakan salah satu sumber kalium yang baik. Mineral ini merupakan salah satu asupan nutrisi penting yang berperan untuk menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Oleh karena itu, konsumsi greek yoghurt baik untuk mencegah dan mengontrol hipertensi.

Namun, bila ingin mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda sebaiknya memilih greek yoghurt tanpa perasa dan rendah lemak karena lebih menyehatkan bagi tubuh.

5. Menjaga kesehatan jantung

Greek yoghurt merupakan salah satu makanan sehat yang juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Beberapa riset menunjukkan bahwa orang yang rutin menjalani pola makan sehat, termasuk mengonsumsi greek yoghurt, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit kardiovaskular.

Hal ini diduga berkat kandungan berbagai nutrisi di dalam greek yoghurt yang dapat menurunkan kolesterol jahat LDL dan trigliserida dalam darah. Dengan demikian, Anda pun akan terhindar dari risiko penumpukan kolesterol jahat di pembuluh darah (aterosklerosis).

Cara Menikmati Greek Yoghurt

Konsumsi greek yoghurt dapat menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda yang sedang menjalani program diet atau ingin menjaga kesehatan tubuh.

Greek yoghurt dapat dinikmati langsung, tetapi beberapa orang yang belum terbiasa dengan rasa asam pada yoghurt dapat mencoba mengonsumsinya dengan buah-buahan atau sayuran. Greek yoghurt juga baik dikonsumsi dengan roti gandum saat sarapan.

Greek yoghurt memiliki beragam manfaat bagi kesehatan berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Anda dapat mengonsumsinya dengan beberapa cara di atas atau disesuaikan dengan selera.

Greek yoghurt merupakan salah satu pilihan makanan yang baik dikonsumsi sebagai makanan sehat sehari-hari. Namun, jika Anda memiliki kondisi tertentu, misalnya memiliki alergi terhadap yoghurt atau intoleransi laktosa, sebaiknya konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi greek yoghurt.