Obat perangsang wanita dapat digunakan untuk meningkatkan libido ketika wanita mengalami penurunan hasrat seksual. Obat-obatan yang bisa merangsang libido wanita ini bervariasi, mulai dari yang sifatnya alami hingga medis, dan cara kerjanya pun berbeda-beda.

Rendahnya keinginan untuk bercinta pada wanita bisa disebabkan oleh berbagai hal, misalnya suasana hati yang buruk, stres, depresi, menopause, siklus haid tidak lancar, penggunaan obat-obatan tertentu, dan berbagai penyakit seperti gangguan tiroid dan diabetes tipe 2.

Obat Perangsang Wanita dari yang Alami hingga Medis - Alodokter

Rendahnya hasrat seksual ini mencakup berbagai jenis aktivitas seksual, termasuk masturbasi, fantasi seksual, dan berhubungan intim. Apabila hasrat seksual yang rendah ini mulai mengganggu kehidupan Anda dan pasangan, ada beberapa pilihan obat perangsang wanita yang dapat dicoba.

Pilihan Obat Perangsang Wanita Secara Alami

Makanan tertentu, termasuk herbal, dinilai efektif sebagai obat perangsang wanita dalam beberapa penelitian. Berikut ini adalah beberapa makanan yang diduga efektif untuk merangsang gairah seksual wanita:

1. Kunyit

Kunyit merupakan salah satu obat perangsang wanita alami. Hal ini karena efek antidepresi dari kunyit yang dapat meredakan stres dan gejala depresi. Dengan begitu, konsumsi jahe bisa meningkatkan gairah seksual pada wanita.

Akan tetapi, belum ada studi yang membuktikan keamanan konsumsi obat-obatan antidepresi dengan kunyit secara bersamaan. Bagaimanapun, konsumsi obat antidepresi untuk penderita depresi masih lebih ampuh daripada konsumsi kunyit saja.

2. Cokelat

Cokelat juga diduga dapat meningkatkan gairah seksual pada wanita. Ini karena ketika mengonsumsi cokelat, seseorang akan mengalami peningkatan hormon endorfin yang bisa memperbaiki suasana hati. Pasalnya, suasana hati yang buruk sering kali menyebabkan penurunan hasrat seksual.

3. Kurma

Buah kurma mengandung asam amino jenis arginin. Menurut penelitian, senyawa ini berperan dalam peningkatan aliran darah ke organ intim sehingga libido meningkat.

Namun, penelitian tersebut menggunakan suplemen campuran kurma dengan bahan lainnya. Jadi, efeknya terhadap gairah seksual masih belum dipastikan, apakah karena buah kurma saja atau kombinasi bahan lainnya.

4. Ginseng

Ginseng juga sering digunakan sebagai obat perangsang alami, baik untuk wanita maupun pria. Obat herbal ini bahkan banyak tersedia dalam bentuk jamu, tablet, maupun kapsul.

Dalam sebuah penelitian, ginseng terbukti dapat meningkatkan gairah seksual pada wanita yang mengalami penurunan libido akibat efek samping methadone, yaitu obat pereda nyeri berat.

Namun, penelitian tersebut tidak menilai adanya potensi interaksi obat atau efek samping sehingga masih perlu dikonfirmasi dengan penelitian lainnya.

5. Ginko biloba

Ginko biloba merupakan tanaman herbal yang umum dipakai sebagai pengobatan tradisional. Selain dikenal untuk meningkatkan daya ingat, Ginko biloba juga berpotensi sebagai pengobatan disfungsi seksual pada wanita.

Perlu diingat bahwa sebagian besar studi tentang obat perangsang wanita di atas belum terlalu besar. Penggunaan beberapa obat herbal di atas juga perlu dinilai keamanannya, terutama pada penyakit atau kondisi medis tertentu, seperti menopause dan ibu menyusui.

Oleh karena itu, jika seorang wanita menderita penyakit tertentu dan ingin mengonsumsi obat herbal untuk merangsang gairah, sebaiknya konsultasikan ke dokter lebih dahulu.

Pilihan Obat Perangsang Wanita secara Medis

Apabila obat perangsang wanita secara alami tidak kunjung meningkatkan gairah seksual, sebaiknya kondisi ini diperiksakan ke dokter untuk menentukan penyebab dan pengobatannya yang tepat. Ada beberapa obat perangsang wanita yang dapat diresepkan oleh dokter, yaitu:

Flibanserin

Obat ini telah disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA) di Amerika Serikat untuk digunakan sebagai pengobatan gangguan gairah seksual pada wanita yang memasuki masa menopause.

Filbaserin dinilai mampu menyeimbangkan senyawa di otak, seperti dopamin dan norepinefrin, yang berperan penting terhadap gairah seksual. Namun, obat ini belum tersedia di Indonesia.

Bremelanotide

Obat ini juga telah disetujui oleh FDA untuk mengatasi gairah seksual yang menurun pada wanita sebelum menopause. Akan tetapi, belum ada penjelasan pasti tetang cara kerja obat ini untuk memperbaiki disfungsi seksual pada wanita.

Terapi testosteron

Meski lebih dikenal sebagai hormon pria, testosteron biasanya juga digunakan sebagai obat perangsang wanita khususnya yang menuju maupun sedang dalam masa menopause. Obat ini bekerja dengan cara menyeimbangkan hormon reproduksi yang memengaruhi gairah dan dorongan seks.

Namun, terapi testosteron untuk disfungsi seksual masih kontroversial. Beberapa penelitian menunjukkan terapi ini dapat memberikan manfaat bagi wanita yang memiliki kadar testosteron rendah dan mengalami disfungsi seksual, sedangkan penelitian lain menunjukkan sedikit atau tidak ada manfaat.

Antidepresi

Obat antidepresi, khususnya jenis bupropion, juga menunjukkan manfaat yang baik dalam peningkatan libido pada wanita yang mengalami disfungsi seksual, khususnya akibat depresi.

Selain antidepresi, psikoterapi umumnya juga dianjurkan untuk orang dengan depresi. Hal ini bertujuan untuk mendukung keberhasilan pengobatan dengan terapi antidepresi dan meningkatkan kualitas hidup penderitanya.

Penurunan hasrat seksual pada wanita akibat suasana hati yang buruk atau stres umumnya dapat diatasi dengan cara sederhana, seperti mengelola stres, meditasi, maupun melakukan akitivtas yang digemari.

Selain itu, komunikasi yang baik dengan pasangan terkait hubungan dan aktivitas seksual yang disukai maupun tidak disukai juga sangat penting untuk menunjang keintiman dan hasrat seksual.

Namun, bila berbagai cara sederhana atau penggunaan obat perangsang wanita yang alami telah dicoba tapi libido selalu tidak muncul atau meningkat, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mencari tahu penyebabnya dan mendapat pengobatan yang sesuai.