Penanganan sinusitis yang bisa dilakukan di rumah dapat sangat membantu dalam meredakan gejala akibat peradangan pada sinus. Sinus sendiri adalah rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi.

Sinusitis dapat menimbulkan rasa sakit di sekitar pipi dan dahi. Saat mengalami gejala ini, ada beberapa penanganan sinusitis yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah untuk meredakannya.

8 Penanganan Sinusitis yang Bisa Dilakukan di Rumah - Alodokter

Rasa sakit pada sinus terjadi karena adanya tekanan pada rongga sinus. Ketika meradang, selaput lendir rongga sinus akan membengkak, sehingga cairan dalam sinus yang seharusnya dialirkan ke luar jadi menumpuk dan menekan rongga sinus.

Penanganan Sinusitis di Rumah

Umumnya, sinusitis bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2–3 minggu. Namun, untuk meredakan gejalanya, ada beberapa penanganan sinusitis secara mandiri yang bisa Anda lakukan di rumah, yaitu:

1. Perbanyak minum air putih

Jika Anda memiliki masalah sinus, perbanyak minum air putih atau jus buah-buahan. Asupan cairan yang cukup dapat mengencerkan lendir dan memudahkannya keluar dari rongga sinus yang sedang membengkak.

Selain itu, sebisa mungkin kurangi konsumsi kafein dan alkohol, karena minuman yang mengandung kafein atau alkohol bisa menyebabkan Anda mengalami dehidrasi. Alkohol bahkan bisa menambah pembengkakan pada sinus.

2. Lakukan bilas hidung

Penanganan sinusitis yang biasa disebut irigasi nasal ini dapat membersihkan sinus dari lendir dan kotoran yang mengiritasi sinus, sehingga dapat mengurangi pembengkakan. Berikut adalah cara mencuci hidung untuk menangani sinusitis:

  • Buat larutan garam yang terdiri dari 1 liter air hangat suam-suam kuku dan 1 sendok teh garam. Tambahkan ½ sendok teh baking sodajika ingin mengurangi rasa asin.
  • Masukkan larutan ke dalam neti pot (bisa dibeli di apotek) atau teko kecil yang Anda miliki di rumah. Pastikan neti pot atau teko dalam keadaan bersih.
  • Bersandarlah ke wastafel dan miringkan kepala Anda.
  • Tuangkan larutan garam ke salah satu lubang hidung.
  • Biarkan larutan mengalir keluar melalui lubang hidung lainnya. Gunakan mulut untuk bernapas selama larutan mengalir di dalam hidung.

3. Jaga kelembapan udara dalam ruangan

Memasang alat pelembap udara atau humidifier di kamar atau tempat yang paling sering Anda gunakan untuk menghabiskan waktu sehari-hari dapat meredakan gejala sinusitis.

Hal ini karena menghirup udara yang kering dapat menyebabkan iritasi pada sinus, sedangkan menghirup udara yang lembap dapat mengurangi keluhan hidung tersumbat.

4. Hirup uap hangat

Menghirup uap hangat sebanyak 3 kali sehari juga bisa membantu meredakan sinusitis. Anda bisa menghirup uap hangat dari mangkuk atau baskom berisi air panas. Namun, ingat, jangan menghirup uap dari air yang masih dimasak di atas kompor.

Selain dengan air panas, Anda juga bisa menggunakan kompres handuk yang telah direndam air hangat. Letakkan kompres di sekitar hidung hingga kening. Setelah itu, bernapaslah dengan normal untuk menghirup uap air yang dihasilkan dari kompres.

5. Konsumsi makanan bergizi

Ada cara lezat dalam menangani sinusitis di rumah, yakni mengonsumsi makanan yang hangat dan bergizi, seperti sup ayam hangat. Uap hangat serta protein, antioksidan, dan antiradang dari sup ayam diketahui dapat membantu meredakan gejala sinusitis dan pilek.

Oleh karena itu, pastikan sup ayam mengandung bahan makanan yang bergizi. Anda juga bisa menambahkan bumbu atau rempah yang memiliki sifat antibakteri, seperti bawang putih, jahe, dan bawang bombai, ke dalam sup ayam.

6. Bebaskan rumah dari asap rokok

Asap rokok adalah zat utama yang harus dihindari oleh penderita sinusitis. Jika ada anggota keluarga atau tamu yang merokok, mintalah mereka untuk merokok di luar rumah.

Rokok menimbulkan berbagai dampak negatif bagi tubuh, bahkan pada orang yang hanya menghirup asapnya. Pada penderita sinusitis, asap rokok dapat memperburuk kondisi sinusitis yang sedang kambuh dan membuatnya lebih sering kambuh.

7. Buka ventilasi di dalam rumah

Menutup rumah rapat-rapat dapat menyebabkan udara di dalam ruangan menjadi tidak segar dan pengap, sehingga berisiko memperburuk kondisi sinusitis Anda. Oleh karena itu, bukalah ventilasi dan jendela di dalam rumah lebar-lebar setiap pagi hari, supaya udara di dalam rumah tetap segar.

8. Konsumsi obat yang tidak memerlukan resep

Untuk meredakan gejala sinusitis, Anda juga bisa mengonsumsi obat-obatan yang tidak memerlukan resep dokter. Bila sinusitis yang Anda derita menimbulkan rasa sakit, Anda bisa membeli obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau paracetamol.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan obat jenis dekongestan untuk mengurangi pembengkakan pada sinus, sehingga penumpukan lendir bisa berkurang dan hidung menjadi lebih lega.

Cara agar Sinusitis Tidak Mudah Kambuh

Jika sinusitis Anda sudah sembuh, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar sinusitis tidak mudah kambuh, antara lain:

  • Hindari merokok atau menghirup asap rokok.
  • Rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Hindari menyentuh wajah tanpa mencuci tangan terlebih dahulu.
  • Jauhi hal-hal yang bisa memicu alergi jika Anda memiliki alergi.
  • Mandikan hewan peliharaan secara berkala jika Anda memelihara hewan di rumah.

Sinusitis dapat dikendalikan dengan pola hidup yang sehat dan bersih. Cobalah untuk menjalani cara menangani sinusitis di rumah seperti yang sudah dijelaskan di atas. Namun, apabila gejala sinusitis yang Anda alami tidak kunjung membaik atau justru bertambah parah setelah 2 minggu, sebaiknya segera periksakan ke dokter.