Kulit tangan mengelupas dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari gesekan, cuaca, hingga paparan zat kimia. Apabila terjadi terus-menerus dan tidak segera diatasi, kulit akan rentan terinfeksi kuman. Selain itu, kulit mengelupas juga bisa menjadi tanda adanya penyakit yang memerlukan penanganan medis.

Kulit tangan mengelupas (desquamation) sebenarnya wajar terjadi dan merupakan proses alami tubuh untuk mengganti sel kulit mati dengan lapisan kulit yang baru. Meski begitu, kulit mengelupas juga bisa terjadi karena kerusakan kulit akibat pengaruh lingkungan maupun penyakit tertentu.

Penyebab Kulit Tangan Mengelupas dan Cara Mengatasinya - Alodokter

Kulit tangan yang mengelupas terkadang juga disertai gejala lain tergantung penyebabnya, seperti kulit kering, gatal, kemerahan, atau bahkan rasa sakit di kulit.

Penyebab Kulit Tangan Mengelupas

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kulit tangan mengelupas dapat terjadi karena iritasi berulang akibat faktor lingkungan, seperti sinar matahari, hawa panas, dan kondisi ruangan yang terlalu kering atau lembap.

Selain itu, terkelupasnya kulit tangan juga bisa menjadi tanda adanya penyakit tertentu. Ada beberapa penyakit yang dapat mengakibatkan kulit tangan mengelupas, di antaranya:

Tak hanya itu, ada beberapa kondisi lain yang juga dapat menyebabkan kulit tangan mengelupas, seperti luka bakar, efek samping kemoterapi, dan konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat jerawat yang mengandung retinoid.

Cara Mengatasi Kulit Tangan Mengelupas

Kulit tangan mengelupas dapat diatasi berdasarkan penyebab yang mendasarinya. Pada kasus kulit mengelupas akibat iritasi, ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasinya, seperti:

  • Kompres dingin area kulit tangan yang mengelupas atau mandi dengan air dingin.
  • Oleskan pelembap setelah mandi.
  • Cukupi kebutuhan cairan dengan konsumsi air putih setidaknya 8 gelas setiap harinya.
  • Oleskan tabir surya saat beraktivitas di luar ruangan untuk mengurangi risiko bahaya akibat sinar matahari.
  • Hindari paparan bahan kimia yang dapat memperparah iritasi kulit, seperti detergen, cairan pembersih lantai, atau sabun antiseptik.
  • Hindari menggaruk saat kulit tangan mengelupas agar tidak memperparah kondisi.

Apabila kulit mengelupas tidak kunjung membaik atau semakin mengganggu, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan penyebab kulit tangan mengelupas.

Misalnya, salep antibakteri untuk menangani infeksi bakteri, salep kortikosteroid ringan untuk mengatasi iritasi, atau obat anthistamin untuk meredakan alergi.

Jika keluhan kulit tangan mengelupas semakin memburuk atau disertai gejala lain, seperti ruam kulit, nyeri sendi, mual dan muntah, bengkak di wajah, dan sesak napas, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapat pemeriksaan dan pengobatan yang tepat.