Kulit kering adalah salah satu masalah yang cukup sering terjadi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari penuaan, iritasi, hingga penyakit tertentu. Kulit kering bisa hanya terjadi di lengan, tangan, dan kaki, atau bisa juga di seluruh tubuh.

Kulit kering atau xerosis mudah dikenali dari gejalanya, seperti kulit terasa gatal, merah, kasar, dan mudah mengelupas. Pada gejala yang lebih parah, kulit kering bisa menimbulkan retakan yang dalam dan mungkin mengeluarkan darah.

Ada Tujuh Penyebab Kulit Kering - Alodokter

Kulit kering dan gatal tidak boleh sering digaruk karena bisa menyebabkan kulit mudah terluka dan terkena infeksi.

Penyebab Kulit Kering

Berikut adalah 7 hal yang dapat menyebabkan kulit kering:

1. Iritasi kulit

Penyebab kulit kering yang pertama adalah iritasi pada kulit. Pemicunya bisa beragam, mulai dari paparan debu dan polusi, antiseptik pada sabun mandi, alkohol pada parfum, hingga deterjen pada sabun cuci.

Terutama alkohol, deterjen, dan antiseptik, ketiga bahan kimia ini juga dapat mengurangi produksi sebum atau minyak alami yang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit.

2. Kebiasaan menggosok kulit

Terlalu sering menggosok kulit dengan spons atau scrub saat mandi atau terlalu kencang menggosok badan dengan handuk setelahnya juga dapat menyebabkan kulit kering. Pasalnya, ketika digosok terlalu sering dan kencang, kelembapan di permukaan kulit akan berkurang.

Guna mencegah kulit kering, cobalah untuk tidak terlalu sering menggosok kulit dan keringkan tubuh secara lembut dengan handuk setelah mandi.

3. Penuaan

Saat usia semakin tua, kulit seseorang akan menjadi lebih tipis sehingga mudah menjadi kering. Hal ini bisa terjadi akibat berkurangnya kolagen dan sebum pada kulit.

4. Perubahan cuaca

Perubahan cuaca juga berpengaruh terhadap tingkat kelembapan udara. Makin rendah kelembapan udara, biasanya terjadi jika suhu dingin, kulit makin terasa kering.

5. Sering mandi air panas

Mandi air panas dan sauna memang bisa membuat tubuh lebih rileks. Namun, jika terlalu sering dilakukan atau terlalu lama, kebiasaan ini justru bisa membuat kulit menjadi kering. Ini karena suhu panas bisa mengurangi kelembapan alami kulit.

Tak hanya mandi air panas dan sauna, terlalu lama beraktivitas di bawah terik matahari juga bisa menyebabkan kulit kering.

6. Kondisi kesehatan tertentu

Ada banyak penyakit atau kondisi medis yang bisa menyebabkan seseorang memiliki kulit yang kering, bersisik, dan kemerahan, misalnya dermatitis atopik, eksim, atau psoriasis. Penyakit tersebut juga bisa membuat kulit terasa gatal.

Selain itu, kulit kering juga bisa disebabkan oleh penyakit ginjal, iktiosis, kelainan tiroid, kurang gizi, dan diabetes.

7. Efek samping obat-obatan

Konsumsi obat-obatan tertentu dapat menimbulkan efek samping berupa kulit kering. Contohnya adalah obat diuretik, obat penurun kolesterol seperti statin, obat retinoid seperti isotretinoin, dan obat-obatan kemoterapi.

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering?

Kulit kering sebenarnya bisa diatasi dengan cara sederhana, tapi perlu dilakukan dengan konsisten. Berikut di antaranya:

Ubah frekuensi dan durasi mandi

Jika Anda mengalami kulit kering, tetaplah jaga kebersihan tubuh dengan mandi secukupnya dan jangan terlalu sering. Selain itu, usahakan waktu mandi tidak lebih dari 10 menit dan jangan terlalu sering menggunakan air panas.

Gunakan sabun yang mengandung pelembap

Untuk memperbaiki dan mencegah kulit kering, Anda sebaiknya menggunakan sabun yang mengandung pelembap dan berbahan kimia lembut. Setelah mandi, Anda juga bisa menggunakan krim pelembap untuk menjaga kelembapan kulit.

Jangan lupa, selalu gunakan handuk halus untuk mengeringkan badan dan jangan menggosoknya terlalu kencang.

Hindari paparan sinar matahari berlebihan

Hindari paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu lama dan jangan lupa untuk mengenakan tabir surya saat beraktivitas di luar rumah. Cukupi juga kebutuhan cairan setiap hari dengan minum air putih sekitar 2 liter atau setara dengan 8 gelas untuk mencegah dehidrasi.

Masalah kulit kering bisa diatasi dengan menerapkan beberapa tips di atas dan menjauhi faktor penyebab terjadinya kondisi ini.

Namun, jika kulit Anda masih saja kering atau masalah tersebut muncul karena adanya penyakit tertentu, seperti eksim atau dermatitis, alergi, atau penyakit lainnya, Anda sebaiknya

berkonsultasi ke dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat.