Usia kehamilan sudah cukup tua tapi ukuran perut tampak kecil? Pernah menemui hal seperti ini atau Bumil sendiri yang sedang mengalaminya? Yuk, cari tahu kenapa sih, ukuran perut ibu hamil bisa berbeda.

Perut wanita yang baru pertama kali hamil biasanya baru mulai terlihat menonjol di usia kehamilan 12-16 minggu. Setelah itu, ukuran lingkar perut akan bertambah rata-rata 1 cm per minggu. Meski begitu, ini tidak bisa dijadikan acuan karena ukuran dan bentuk perut tiap ibu hamil dapat berbeda-beda.

 Penyebab Ukuran Perut Ibu Hamil Tampak Besar atau Kecil - Alodokter

Hal-Hal yang Memengaruhi Bentuk dan Ukuran Perut Ibu Hamil

Bentuk perut ibu hamil memang berbeda-beda, ada yang perutnya tampak besar, kecil,  bulat, melebar, serta ada pula yang perutnya terlihat tampak tinggi atau rendah. Bentuk dan ukuran perut ibu hamil ini bisa berbeda karena dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti:

1. Postur tubuh

Postur tubuh ibu hamil ternyata turut memengaruhi bentuk atau ukuran perut. Umumnya ukuran perut akan tampak terlihat lebih besar jika postur tubuh ibu hamil kurus atau tidak terlalu tinggi.

Sedangkan dari segi bentuk, perut akan lebih tampak melebar ke samping jika postur tubuh ibu hamil pendek. Sebaliknya, jika Bumil memiliki postur tubuh yang tinggi, maka perut akan terlihat lebih menonjol ke depan.

2. Berat badan

Kenaikan berat badan yang berlebihan selama kehamilan dapat membuat perut ibu hamil terlihat lebih besar. Namun, perlu diingat, ukuran perut yang besar ini tidak bisa dijadikan tanda bahwa bayi yang ada di dalam kandungan juga berukuran besar.

3. Kekuatan otot perut

Otot perut yang kuat dan kencang dapat menahan perkembangan rahim sehingga tidak tampak terlalu menonjol. Otot perut yang kuat juga membuat perut ibu hamil menjadi tinggi dan menonjol saat kehamilan sudah besar.

Sebaliknya, posisi perut akan tampak turun jika otot perut lebih kendur. Satu hal yang pasti, tinggi rendahnya posisi perut ini tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi.

4. Kehamilan pertama atau bukan

Ukuran perut ibu hamil umumnya akan tampak lebih besar pada kehamilan yang kedua atau seterusnya. Ini dikarenakan otot-otot perut sudah meregang dan melemah sehingga tidak dapat menahan pertumbuhan rahim seperti sebelumnya.

5. Jumlah bayi dalam kandungan

Perut ibu hamil yang mengandung bayi kembar tentunya akan berukuran lebih besar daripada perut ibu hamil dengan bayi tunggal.

6. Posisi bayi dalam kandungan

Bentuk perut melebar bisa disebabkan oleh posisi bayi yang melintang. Jadi, bentuk perut melebar atau memanjang juga tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi ya, Bumil.

7. Ukuran janin

Meski tidak bisa dijadikan tolak ukur yang pasti, sebagian perut ibu hamil terlihat kecil karena pengaruh dari ukuran bayi yang dikandungnya. Bumil mungkin untuk memiliki janin dengan ukuran lebih kecil dari rata-rata apabila memiliki anggota keluarga dengan riwayat serupa sebelumnya. Begitu juga sebaliknya.

8. Cairan ketuban atau preeklampsia

Terlalu banyaknya cairan ketuban atau polihdramnion bisa membuat perut ibu hamil tampak lebih besar. Sebaliknya, ukuran perut yang kecil bisa menjadi tanda kekurangan cairan ketuban atau oligohidramnion.

Hal lain yang dapat membuat perut ibu hamil terlihat kecil adalah adanya gangguan pada plasenta akibat preeklampsia. Namun, Bumil tak perlu khawatir. Kondisi-kondisi ini akan segera terdeteksi oleh dokter, jika Bumil memeriksakan kandungan secara teratur.

Sekarang Bumil sudah tahu kan apa saja penyebabnya? Jadi, tidak perlu khawatir berlebihan ya jika bentuk atau ukuran perut Bumil berbeda dengan ibu hamil lainnya karena kondisi ini umumnya tidak disebabkan oleh gangguan kesehatan.

Meski demikian, Bumil tak perlu ragu untuk berkonsultasi ke dokter kandungan mengenai perubahan apa pun yang dirasakan selama kehamilan, apalagi jika sudah menimbulkan rasa tidak nyaman.