Masih banyak orang yang belum mengetahui perbedaan susu evaporasi dan susu kental manis. Bahkan, banyak yang mengira susu evaporasi dan susu kental manis merupakan dua jenis susu yang sama. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang penting.

Susu evaporasi dan susu kental manis adalah dua jenis susu yang kerap digunakan untuk menambah rasa dalam berbagai jenis makanan, minuman, dan camilan. Kedua produk susu tersebut mengandung kalori dan beragam nutrisi, seperti lemak, protein, dan kabohidrat.

Perbedaan Susu Evaporasi dan Susu Kental Manis yang Selintas Mirip - Alodokter

Bentuknya yang kental dan sama-sama dikemas dalam kaleng membuat orang sulit membedakan mana susu evaporasi dan mana susu kental manis. Lantas, apa bedanya susu evaporasi dengan susu kental manis? Mari simak pembahasannya berikut ini.

Inilah Perbedaan Susu Evaporasi dan Susu Kental Manis

Baik susu evaporasi maupun kental manis dibuat melalui proses penguapan susu sapi. Proses ini dapat menghilangkan sebagian besar kadar air di dalamnya, sehingga tekstur susu menjadi lebih kental atau pekat.

Selain itu, ada beberapa poin yang membedakan antara kedua produk susu ini, yaitu:

1. Kandungan gula

Salah satu perbedaan utama antara susu evaporasi dan susu kental manis adalah kandungan gulanya. Susu evaporasi sudah memiliki kandungan gula alami di dalamnya, yaitu gula laktosa, yang memang sudah terkandung dalam susu sapi. Begitu pula dengan susu kental manis.

Namun, susu evaporasi tidak lagi diberi gula tambahan, sedangkan susu kental manis umumnya diberi banyak gula tambahan.

2. Rasa

Melihat dari kandungan gulanya, susu kental manis tentu memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan susu evaporasi. Susu evaporasi umumnya memiliki rasa seperti susu biasa dan lebih gurih.

3. Warna

Susu kental manis biasanya berwarna putih layaknya susu biasa. Berbeda dengan susu evaporasi yang warnanya tidak terlalu putih, bahkan cenderung sedikit kekuningan.

4. Tekstur

Dari segi tekstur, susu evaporasi memiliki tekstur yang encer seperti susu biasa, tetapi lebih pekat. Sementara itu, susu kental manis memiliki tekstur yang sangat kental dan padat.

Meski rasanya nikmat, konsumsi susu evaporasi maupun kental manis sebaiknya dikurangi, terutama oleh orang yang sedang diet. Ini karena keduanya mengandung kalori yang tinggi sehingga bisa menaikkan berat badan.

Orang dengan diabetes sebaiknya juga hindari mengonsumsi susu yang tinggi kalori dan gula, terutama susu kental manis karena terdapat banyak kandungan gula tambahan di dalamnya.

Selain itu, mengonsumsi susu evaporasi maupun susu kental manis yang berasal dari susu sapi juga tidak dianjurkan untuk orang yang alergi susu atau intoleransi laktosa.

Sebagai alternatifnya, konsumsi susu kedelai, susu almond, atau susu soya dapat menjadi pilihan untuk mendapatkan nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh.

Bila Anda masih memiliki pertanyaan seputar perbedaan susu evaporasi dan susu kental manis atau ingin memastikan porsi maupun jenis susu yang sesuai dengan kondisi medis Anda, sebaiknya konsultasikan ke dokter.