Obat bau mulut paling sederhana dan efektif adalah cukup dengan menjaga kebersihan gigi, lidah, dan mulut Anda. Namun, jika bau mulut tak kunjung hilang, ada beragam obat bau mulut yang ampuh dan aman tanpa resep dokter, lho. Ketahui apa saja obatnya di sini.

Sebagian besar penyebab bau mulut atau halitosis berasal makanan yang Anda makan atau bakteri yang hidup di mulut. Pada beberapa kasus, kondisi kesehatan dan kebiasaan buruk juga dapat menyebabkan bau mulut.

Pilihan Obat Bau Mulut yang Ampuh dan Aman - Alodokter

Permasalahan bau mulut ini bisa sangat memalukan bagi setiap orang yang mengalaminya, sehingga menimbulkan rasa tidak percaya diri, cemas dan resah. Namun, masalah ini bisa Anda coba atasi sendiri dengan bantuan beberapa obat bau mulut yang cukup ampuh untuk menyegarkan nafas Anda dan menjaga kesehatan gigi dan gusi secara bersamaan.

Ini Beragam Obat Bau Mulut Tanpa Resep Dokter

Bau mulut bisa diatasi dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan beberapa obat bau mulut yang dijual bebas dan tanpa resep dokter. Biasanya produk ini berupa obat kumur, pasta gigi, hingga semprotan mulut.

Obat kumur yang mengandung bahan antibakteri cetylpyridinium chloride, chlorhexidine atau hidrogen peroksida bisa dengan efektif mengatasi masalah bau mulut. Produk dengan kandungan antibakteri tersebut mampu membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut dan menyegarkan napas Anda.

Jika bau mulut disebabkan oleh makanan tertentu, Anda bisa mengatasinya dengan rutin menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dua kali sehari, serta sehabis makan. Jangan lupa untuk membersihkan lidah juga, ya!

Menyikat gigi dengan rutin tidak hanya menghilangkan bau akibat makanan, tapi juga membantu membunuh kuman-kuman di mulut yang bisa menyebabkan bau mulut.

Bau mulut bisa terjadi karena penyakit asam lambung. Pada kondisi ini, sebagian makanan yang sudah dicerna di lambung bisa naik kembali ke tenggorokan dan ke mulut. Ini bisa menyebabkan bau mulut.

Apabila bau mulut karena penyakit asam lambung, obat-obatan seperti antasida dan alginat dapat Anda konsumsi untuk meredakan asam lambung yang menjadi penyebab bau mulut Anda.

Adapun obat bau mulut yang disebabkan oleh radang amandel (tonsilitis) bisa diatasi dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Ini berfungsi untuk membersihkan bakteri dan lendir dari amandel yang membengkak, sehingga mengurangi bau mulut.

Perlu Anda pahami bahwa penanganan dan pemberian obat bau mulut tergantung pada penyebab atau pun penyakit yang mendasarinya. Beberapa bau mulut disebabkan oleh masalah kesehatan kronis seperti diabetes dan penyakit ginjal. Untuk itu, pengobatan yang tepat adalah dengan mengatasi penyakit tersebut.

Menjaga Kesehatan Mulut dengan Perawatan di Rumah

Tak hanya dengan obat bau mulut, mulut yang segar, bersih, dan bebas dari bau mulut juga bisa dicapai dengan menerapkan gaya hidup sehat, seperti:

  • Rutin menyikat gigi dua kali sehari atau setiap setelah makan selama 2 menit, dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung
  • Ganti sikat gigi Anda setiap 2 hingga 3 bulan sekali.
  • Gunakan benang gigi atau pembersih sela-sela gigi untuk menghilangkan partikel dan plak makanan antar gigi sekali sehari.
  • Perbanyak minum air putih, karena mulut kering dapat memberburuk bau mulut.
  • Berhenti merokok, karena selain menyebabkan berbagai penyakit paru-paru, merokok juga dapat merusak gusi, menodai gigi, dan menyebabkan bau mulut.
  • Hindari makanan yang dapat menyebabkan bau mulut seperti bawang merah, bawang putih, serta makanan yang banyak mengandung gula.

Jika dengan cara-cara di atas bau mulut tidak bisa teratasi, sampaikan keluhan Anda ke dokter gigi. Kemungkinan Anda bau mulut yang Anda alami membutuhkan pemeriksaan yang lengkap. Dokter gigi dapat mencari tahu penyebab bau mulut, memberikan saran, dan menentukan perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk rutin melakukan kunjungan ke dokter gigi, setidaknya setiap 6 bulan sekali, agar gigi Anda bisa diperiksa dan dibersihkan secara menyeluruh. Hal ini tentu akan membantu mencegah terjadinya masalah mulut, seperti radang gusi, gigi berlubang, dan bau mulut.