Rumah makan yang baik harus memperhatikan kebersihan tempat, makanan yang disajikan, peralatan makan dan masak, serta karyawannya. Dengan demikian, makanan yang disajikan pun aman dikonsumsi dan bebas dari kuman serta virus penyebab penyakit.

Aturan mengenai kebersihan dan sanitasi rumah makan sudah diatur oleh pemerintah melalui perundang-undangan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan. Aturan ini wajib dipatuhi oleh setiap pelaku usaha kuliner agar melindungi para konsumen dari hal-hal yang bisa membahayakan kesehatan.

Cermat dalam Memilih Rumah Makan yang Tepat - Alodokter

Selain mewajibkan seluruh ruangan di rumah makan untuk selalu bersih, terutama dapur dan tempat makan, peraturan tersebut juga mengharuskan rumah makan untuk memiliki fasilitas sanitasi, seperti sarana air bersih, toilet, tempat cuci tangan, bak sampah, dan peralatan kebersihan.

Kriteria Rumah Makan yang Baik

Rumah makan yang baik dan memenuhi aturan kebersihan bisa dilihat dari beberapa kriteria berikut ini:

Kebersihan lokasi

Rumah makan yang baik dan bersih idealnya selalu menjaga kebersihan lokasi dapur, ruang makan, dan area di sekitar rumah makan tersebut. Kriteria kebersihan lokasi rumah makan yang perlu dipenuhi meliputi:

  • Lantai, area dapur, hingga peralatan masak selalu dibersihkan dengan disinfektan untuk mencegah bakteri atau virus berbahaya menyebar ke makanan.
  • Makanan yang tumpah harus segera dibersihkan.
  • Pertukaran udara di dalam rumah makan baik.
  • Toilet dan wastafel selalu dalam kondisi bersih, tidak tersumbat, dan tidak berbau.
  • Air di dapur atau toilet mengalir dengan baik.
  • Persediaan sabun, tisu toilet, dan hand sanitizer
  • Tidak ada hewan yang mengganggu, seperti tikus, kecoa, rayap, dan lalat.
  • Sampah dapur dipisah dan segera dibuang.

Kebersihan staf

Rumah makan yang baik harus selalu menjaga kebersihan staf di dalamnya. Tidak hanya staf yang bekerja di dapur, tetapi juga para pramusaji yang membawa dan menyajikan makanan kepada para tamu.

Semua staf rumah makan harus mencuci dan mengeringkan tangan sebelum mengolah makanan. Seluruh staf juga diwajibkan menggunakan pakaian yang rapi dan bersih.

Di masa pandemi COVID-19 ini, seluruh staf di rumah makan atau restoran juga wajib menjalani protokol kesehatan dengan rutin mencuci tangan sebelum menyajikan makanan serta mengenakan alat pelindung diri, seperti masker, sarung tangan, dan face shield, saat mengolah dan menyajikan makanan.

Kebersihan makanan dan minuman

Tak hanya makanannya yang nikmat, rumah makan yang sehat dan ideal juga harus selalu menjaga kualitas makanan dan minuman agar selalu aman dikonsumsi.

Berikut ini adalah beberapa kriteria kebersihan makanan dan minuman yang harus dipenuhi oleh setiap rumah makan:

  • Makanan dimasak hingga matang sepenuhnya untuk menghilangkan kuman dan parasit berbahaya yang ada di dalam makanan.
  • Staf dapur harus menggunakan peralatan terpisah untuk mengolah makanan mentah dan matang guna mencegah terkontamintasinya makanan oleh kuman berbahaya yang dapat menyebabkan keracunan makanan.
  • Bahan makanan disimpan atau didinginkan dengan benar guna mencegah pertumbuhan bakteri berbahaya.
  • Air, es, dan minuman yang disajikan harus selalu bersih dan higienis.

Tips Makan di Rumah Makan

Jika Anda ingin makan di rumah makan, selalu perhatikan dan lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Pastikan bahwa rumah makan memiliki izin usaha dari pemerintah dan mengantongi sertifikat sanitasi rumah makan dan restoran yang dikeluarkan oleh dinas kesehatan setempat.
  • Perhatikan kebersihan toilet, meja, lantai, peralatan makan, tempat mencuci tangan, dan keseluruhan area rumah makan.
  • Pantau apakah terdapat hewan kotor yang dapat membawa penyakit, seperti tikus, kecoa, atau lalat di lingkungan rumah makan.
  • Perhatikan bagaimana staf rumah makan mengolah dan menyediakan makanan.
  • Pastikan kain lap yang digunakan untuk mengelap meja makan merupakan kain yang bersih.
  • Pastikan makanan telah dimasak hingga matang.
  • Cuci tangan dengan air bersih dan sabun sebelum dan setelah makan.

Di masa pandemi COVID-19, Anda disarankan untuk tidak makan di restoran atau rumah makan. Agar lebih aman, belilah makanan untuk dibawa pulang (take away) atau pesan makanan via aplikasi online yang menyediakan jasa pesan antar.

Jika hendak makan di restoran, pilihlah restoran yang menerapkan protokol kesehatan, misalnya mengurangi kapasitas pengunjung, mewajibkan tamu dan staf untuk menggunakan masker dan menjaga jarak, serta menyediakan sarana cuci tangan atau hand sanitizer.

Jika Anda mengalami masalah kesehatan tertentu, seperti diare, sakit perut, demam, mual, atau muntah, setelah makan makanan yang dibeli di rumah makan atau restoran, periksakanlah diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan.