Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil tak bisa disepelekan. Minyak sehat ini tak hanya bisa membantu mengatasi keluhan yang mungkin Bumil alami, tetapi juga bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang janin.

Minyak zaitun (olive oil) adalah minyak alami yang diekstrak dari buah zaitun. Di dalam 1 sendok minyak zaitun, terkandung sekitar 120 kalori dan beragam nutrisi, seperti lemak, vitamin E, vitamin K, kalsium, dan kolin. Minyak zaitun juga memiliki sifat antioksidan dan antiradang.

6 Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil - Alodokter

Berbagai Manfaat Minyak Zaitun untuk Ibu Hamil

Berkat kandungannya tersebut, minyak zaitun bisa memberikan banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin, di antaranya:

1.Menyamarkan stretch mark

Stretch mark adalah kondisi munculnya guratan di kulit. Pada ibu hamil, stretch mark sering kali muncul pada perut, lengan atas, paha, atau bokong. Munculnya stretch mark ini umumnya disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan dan perenggangan kulit akibat bertambahnya berat badan.

Untuk menyamarkan stretch mark, Bumil bisa oleskan minyak zaitun. Ini karena kandungan antioksidan dan aneka vitamin serta mineral dalam minyak zaitun diyakini dapat membantu memudarkan stretch mark.

2. Merawat dan memperbaiki kulit kering

Sebagian ibu hamil mungkin ada yang mengalami keluhan kulit kering. Hal ini bisa saja terjadi karena perubahan hormon atau iritasi kulit. Untuk mengatasi hal ini, Bumil bisa menggunakan pelembap.

Selain itu, Bumil juga bisa memanfaatkan bahan alami yang dapat melembapkan kulit, misalnya minyak zaitun dan lidah buaya, untuk mengatasi kulit kering.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil yang berikutnya adalah untuk mendukung daya tahan tubuh tetap kuat. Manfaat ini ada berkat tingginya kandungan vitamin E dan antioksidan di dalam minyak zaitun.

Dengan imunitas tubuh yang baik, tubuh Bumil akan lebih kuat melawan kuman dan virus penyebab infeksi. Tak hanya itu saja, imunitas tubuh yang baik juga penting untuk mendukung pembentukan sistem kekebalan tubuh janin.

4. Meringankan kram kaki

Kram kaki merupakan salah satu keluhan yang cukup sering dialami ibu hamil. Ini biasanya disebabkan oleh kenaikan berat badan selama masa kehamilan dan penurunan aliran darah pada kaki.

Untuk meringankan kram kaki yang Bumil rasakan, coba campurkan sekitar 2−3 sendok makan minyak zaitun dengan sekitar 15 tetes minyak esensial, seperti minyak lavender atau camomile. Setelah itu, gunakan campuran minyak tersebut untuk memijat lembut kaki yang terasa nyeri dan kram.

5. Mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin

Minyak zaitun merupakan sumber lemak sehat yang baik untuk untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan, kolin, serta vitamin E yang baik untuk mendukung peningkatan berat badan janin, memperkuat daya tahan tubuh janin, serta perkembangan otaknya.

Beberapa riset menunjukkan bahwa memasukkan minyak zaitun ke dalam makanan dapat mengurangi risiko berat badan lahir rendah dan kelahiran prematur.

6. Menghilangkan kutu rambut

Kutu rambut pada ibu hamil bisa dibasmi menggunakan minyak zaitun. Caranya adalah dengan mencampurkan 15–20 tetes minyak esensial dengan 4 sendok makan minyak zaitun.

Setelah itu, oles secara merata ke kulit kepala dan rambut, lalu bungkus kepala menggunakan penutup kepala (shower cap) semalaman dan biarkan sampai pagi hari. Keesokan harinya, cucilah rambut dengan sampo hingga bersih. Bumil bisa melakukan hal ini setiap 3 hari sekali sampai kutu benar-benar hilang.

Itulah berbagai manfaat minyak zaitun untuk ibu hamil yang perlu Bumil ketahui. Selain dengan minyak zaitun, Bumil juga perlu menjaga kesehatan tubuh dan janin dengan menerapkan pola makan sehat, rutin berolahraga, menghindari stres, beristirahat yang cukup, dan tentunya rutin memeriksakan kandungan ke dokter.

Meski memilki banyak manfaat, mengonsumsi atau menggunakan minyak zaitun bisa menyebabkan reaksi alergi pada beberapa ibu hamil. Oleh karena itu, Bumil disarankan untuk berkonsultasi ke dokter kandungan terlebih dahulu agar bisa mendapatkan manfaat minyak zaitun dengan maksimal.