Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat buah mangga digemari oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Namun, tahukah, Bunda? Buah berwarna kuning ini sebenarnya banyak mengandung nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan Si Kecil.

Buah mangga memiliki nama latin Mangifera indica. Buah tropis ini sangat baik dikonsumsi oleh semua orang karena rendah kalori dan mengandung beragam gizi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Segudang Manfaat Buah Mangga untuk Anak - Alodokter

Nutrisi tersebut antara lain protein, karbohidrat, gula, serat, asam folat, kalium, magnesium, mangan, tembaga, vitamin A, B1, B3, B6, B5, C, E, dan K.

Daftar Manfaat Buah Mangga untuk Anak

Bunda bisa memberikan buah mangga kepada Si Kecil sejak ia berusia 6 bulan atau saat ia sudah boleh mengonsumsi MPASI. Buah ini bisa dikonsumsi secara langsung atau dinikmati dalam bentuk salad buah, puree, es krim, dan mango sticky rice.

Beragam manfaat buah mangga untuk anak adalah:

1. Membantu mencerna makanan

Buah mangga mengandung enzim amilase, yakni enzim pencernaan yang berperan dalam memecah molekul makanan yang berukuran besar menjadi kecil, sehingga nutrisi dalam makanan lebih mudah diserap oleh usus anak. Umumnya, enzim ini lebih banyak ditemukan pada buah mangga yang matang.

Selain itu, kandungan serat pada buah ini baik untuk pencernaan Si Kecil, bisa membuatnya merasa kenyang lebih lama, dan bisa menghindarkan ia dari gangguan pencernaan, seperti diare dan konstipasi.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Mengonsumsi buah mangga secara rutin juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil, lho, Bun. Vitamin C dan antioksidan yang ada pada buah mangga diketahui berperan dalam memproduksi sel darah putih untuk melawan penyakit infeksi.

Selain itu, vitamin C dan antioksidan juga berfungsi untuk membantu meningkatkan kesehatan sel-sel pada tubuh Si kecil, menjaga fungsi jaringan ikat, dan menangkal radikal bebas penyebab beragam jenis penyakit.

3. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A serta antioksidan lutein dan zeaxanthin pada buah mangga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata Si Kecil. Selain itu, konsumsi buah mangga juga bisa membantu memenuhi kebutuhan vitamin A hariannya.

4. Meningkatkan kesehatan kulit dan rambut

Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh Si Kecil, vitamin C yang terkandung pada mangga juga bermanfaat untuk membantu tubuhnya memproduksi kolagen, yakni sejenis protein yang berperan penting dalam menjaga kekuatan, kelenturan, dan kesehatan kulit secara menyeluruh.

Selain itu, kandungan vitamin A pada buah mangga dapat mendorong pertumbuhan rambut dan produksi minyak alami pada kulit kepala untuk melembapkannya. Itulah mengapa buah manis ini bisa meningkatkan kesehatan rambut dan kulit bagi penikmatnya.

5. Menurunkan risiko anemia

Banyak anemia pada anak yang disebabkan oleh kekurangan zat besi. Meskipun kandungan zat besi pada mangga tergolong sedikit, mangga kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan penyerapan zat besi di dalam usus.

Oleh karena itu, untuk mencukupi kebutuhan zat besi Si Kecil, Bunda juga perlu memberikannya makanan sumber zat besi lain, seperti daging, sayuran berdaun hijau, kacang-kacangan, serta roti atau sereal yang telah terfortifikasi zat besi.

Walau menyehatkan dan mengandung manfaat penting untuk anak, pemberian buah mangga pada Si Kecil tidak boleh berlebihan ya, Bun. Buah mangga mengandung gula yang cukup tinggi, sedangkan pemberian makanan manis pada anak harus dibatasi untuk mengurangi risiko obesitas.

Pastikan juga Bunda tidak memberikan jus mangga jika Si Kecil masih berusia di bawah 1 tahun. Hal ini karena jus mangga bisa mengenyangkan dan membuat anak jadi tidak ingin makan makanan lain. Ini berisiko menyebabkan anak tidak mendapat cukup nutrisi yang seharusnya ia dapatkan.

Selain itu, meskipun kejadiannya sangat jarang, sebagian anak bisa mengalami alergi buah mangga. Bila Si Kecil mengalami ruam, gatal-gatal, atau bahkan syok anafilaksis setelah Bunda beri manga, segera hentikan pemberian buah ini dan periksakan kondisinya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.