Buah-buahan yang mengandung vitamin A memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama mata dan kulit. Ada beberapa jenis buah yang dikenal kaya akan vitamin A. Ketahui apa saja buah sumber vitamin A tersebut, berserta manfaatnya.

Pada dasarnya, vitamin A bisa ditemukan pada hampir seluruh jenis buah. Vitamin A berfungsi menjaga kesehatan organ penglihatan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta mendukung pertumbuhan sel. Walaupun kandungan vitamin A ini dimiliki oleh hampir seluruh buah, tetapi sebagian buah memiiliki kandungan vitamin A yang lebih tinggi dibandingkan buah lain.

Daftar Buah yang mengandung Vitamin A dan Manfaatnya - Alodokter

 

Daftar Buah yang Mengandung Vitamin A

Berikut ini dijelaskan lebih lanjut daftar buah yang kaya  vitamin A. Buah-buahan ini bisa dimasukkan dalam daftar makanan harian Anda:

1. Mangga

Tidak hanya dikenal dengan rasanya yang manis, buah mangga juga dikenal kaya akan kandungan vitamin A. Mengonsumsinya secara rutin dapat menjaga kesehatan mata, kulit, dan meningkatkan kesehatan tulang, sistem reproduksi, serta kekebalan tubuh.

2. Pepaya

Pepaya merupakan buah tropis yang memiliki daging buah berwarna oranye terang dan berbentuk agak lonjong. Buah ini mengandung vitamin A dan C. Karena kandungan ini, tidak heran kalau pepaya memiliki banyak manfaat, seperti  mencegah kerusakan sel dari radikal bebas, mengatasi gangguan pencernaan, memperkuat sistem imun, dan mengurangi gejala nyeri akibat arthritis.

3. Jeruk bali

Jeruk bali dikenal memiliki kandungan vitamin A yang sangat tinggi. Buah ini bahkan memiliki kandungan vitamin A yang lebih tinggi daripada buah jeruk jenis lainnya. Selain dianggap sebagai superfood, jeruk bali juga memiliki manfaat yang luar biasa, seperti menurunkan tekanan darah, mengontrol gula darah, bahkan bisa membantu mencegah kanker.

4. Aprikot

Buah aprikot merupakan jenis buah yang mirip dengan buah persik. Buah ini kaya nutrisi, mulai dari kalium, serat, vitamin A dan C. Salah satu manfaat buah aprikot yang cukup terkenal adalah kemampuannya menjaga kadar gula darah, sehingga jangan heran kalau buah ini sangat cocok bagi penderita diabetes.

5. Blewah

Blewah merupakan buah yang dikenal tinggi kandungan vitamin A, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Tidak hanya itu, blewah juga mengandung banyak beta-karoten yang merupakan antioksidan. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan, seperti blewah, dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Selain jenis buah-buahan di atas, Anda juga dapat mengonsumsi buah-buah lainnya yang mengandung cukup banyak vitamin A, seperti semangka, jambu biji, dan markisa.

Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu yang memerlukan asupan vitamin A lebih, berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui jenis makanan yang perlu Anda konsumsi, beserta porsinya. Bila perlu, dokter akan memberikan suplemen vitamin A.