Kekayaan nutrisi alpukat membawa banyak manfaat untuk ibu yang sedang menyusui. Jadi, tidak heran jika buah yang lezat ini sering direkomendasikan untuk ibu yang baru melahirkan. Manfaat apa saja, sih, yang bisa diperoleh dari alpukat? Simak di sini, yuk!

Tahukah Busui? Selama 24 jam, tubuh Busui terus-menerus memproduksi ASI sehingga menghabiskan lebih banyak energi. Inilah yang membuat hampir semua ibu menyusui lebih mudah lapar.

Tidak Hanya Enak, Alpukat Juga Bermanfaat untuk Ibu Menyusui, Lho - Alodokter

Nah, alpukat merupakan buah yang mengandung banyak nutrisi penghasil energi, sehingga sangat cocok untuk ibu menyusui. Namun, tidak hanya itu. Karena dapat menyumbang banyak energi untuk tubuh, alpukat juga cukup berjasa dalam meningkatkan produksi ASI.

Sederet Manfaat Alpukat untuk Ibu Menyusui

Alpukat mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh Busui, seperti lemak, protein, karbohidrat, serta vitamin dan mineral. Selain untuk memberikan energi, berikut adalah manfaat alpukat yang bisa Busui peroleh:

1. Membantu menurunkan berat badan setelah melahirkan

Karena mengandung lemak, tak jarang alpukat dikira sebagai penyebab naiknya berat badan. Oleh karena itu, buah ini sering dihindari oleh mereka yang ingin menurunkan berat badan, tak terkecuali ibu yang baru saja melahirkan. Padahal, lemak yang terkandung pada buah alpukat ini adalah lemak baik, lho.

Selain itu, buah dengan nama latin Persea americana ini juga kaya akan serat. Perpaduan serat dan lemak baik ini membuat alpukat bisa mengenyangkan perut dalam waktu yang cukup lama dan mengurangi pemasukan kalori dalam sehari. Hal ini akan membantu Busui dalam menurunkan berat badan.

2. Mengontrol tekanan darah

Setelah melahirkan dan mengurus Si Kecil, Busui bisa mengalami emosi tak menentu akibat hormon yang tidak stabil yang sering kali tercampur aduk dengan kelelahan. Hal ini mungkin saja menyebabkan tekanan darah Busui menjadi tinggi, apalagi jika Busui juga menggunakan KB setelah melahirkan.

Nah, untuk mencegah ini terjadi, Busui bisa mengonsumsi buah alpukat. Buah yang memiliki daging berwarna hijau dan kuning ini kaya akan kalium, bahkan lebih banyak dari pisang yang lebih dahulu terkenal tinggi kalium.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi kalium dipercaya dapat menurunkan tekanan darah. Namun, manfaat kalium tidak hanya itu. Kalium dibutuhkan oleh tubuh untuk menunjang kinerja seluruh sel, termasuk saraf dan otot, serta menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, rutinitas menyusui bayi selama seharian penuh juga bisa membuat Busui mengalami nyeri dan kram otot. Kandungan kalium pada buah alpukat ini cocok pula untuk meredakan nyeri tersebut.

3. Mengatasi sembelit

Sembelit kerap dirasakan oleh ibu hamil dan biasanya akan bertambah parah setelah melahirkan. Hal ini bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau juga kebiasaan menahan BAB yang timbul karena rasa takut akan merusak luka jahitan episiotomi.

Untuk mengatasi sembelit, Busui sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Nah, alpukat adalah salah satu kandidatnya. Meski buah ini rendah karbohidrat, ia mengandung serat yang cukup banyak dan dapat membantu Busui mengatasi masalah sembelit.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Alpukat mengandung banyak vitamin C dan antioksidan, sehingga baik untuk melindungi tubuh dari radikal bebas dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Setelah melahirkan dan selama menyusui, tak jarang Busui harus begadang atau terbangun di tengah malam lantaran bayi menangis ingin menyusu atau popoknya telah penuh dan harus segera diganti.

Perubahan rutinitas dan jadwal tidur ini membutuhkan fisik yang kuat dan selalu sehat. Jadi agar tidak mudah sakit, Busui perlu rutin mengonsumsi makanan yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh, misalnya alpukat.

Dengan mengetahui manfaat buah alpukat untuk ibu menyusui, kini tidak ada alasan lagi bagi Busui melewatkan buah ini, ya. Busui bisa memasukkan 1 buah alpukat ke dalam menu makanan sehari-hari.

Misalnya, Busui bisa makan ½ alpukat sebagai isian sandwich di pagi hari. Siang harinya, sisa alpukat di pagi hari bisa dijadikan jus atau mungkin dimakan dengan salad sayur atau salad buah.

Selain itu, jangan lupa untuk melibatkan makanan lain yang bernutrisi tinggi pada menu sehari-hari Busui, ya, seperti daging, kacang-kacangan, sayuran, dan produk turunan susu, karena pada dasarnya semua makanan yang sehat dan bergizi seimbang dapat meningkatkan kesehatan Busui dan juga kualitas ASI. Bila perlu, Busui bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai asupan gizi terbaik selama menyusui.