Triclabendazole adalah obat untuk menangani fascioliasis, yaitu penyakit akibat infeksi cacing Fasciola hepatica atau Fasciola gigantica. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet dan hanya boleh dibeli dengan resep dokter.  

Cara kerja triclabendazole untuk mengatasi infeksi cacing atau parasit belum diketahui dengan pasti, tetapi obat ini kemungkinan bisa menghambat efek atau kerja dari protein pembentuk sel cacing atau parasit.

Triclabendazole - Alodokter

Infeksi cacing Fasciola hepatica atau Fasciola gigantica biasa terjadi ketika seseorang tidak sengaja mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi cacing ini.

Merek dagang triclabendazole: -

Apa Itu Triclabendazole

Golongan Obat resep
Kategori Obat cacing
Manfaat Menangani fascioliasis
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak usia di atas 6 tahun
Triclabendazole untuk ibu hamil dan menyusui

 

Kategori N: Belum dikategorikan.

Triclabendazole belum diketahui dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Bila Anda sedang menyusui, jangan menggunakan obat ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Bentuk obat Tablet

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Triclabendazole

Triclabendazole hanya boleh digunakan sesuai resep dokter. Perhatikan beberapa hal berikut sebelum menggunakan triclabendazole:

  • Beri tahu dokter tentang riwayat alergi yang Anda miliki. Triclabendazole tidak boleh diberikan kepada pasien yang alergi terhadap obat ini.
  • Beri tahu dokter jika Anda pernah atau sedang mengalami penyakit jantung, penyakit hati, atau perpanjangan interval QT.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi obat, efek samping yang serius, atau overdosis setelah menggunakan triclabendazole.

Dosis dan Aturan Pakai Triclabendazole

Dosis triclabendazole yang diberikan oleh dokter bisa berbeda-beda pada tiap pasien tergantung pada kondisi kesehatan dan respons tubuh pasien.

Secara umum, dosis triclabendazole untuk menangani fascioliasis bagi anak usia di atas 6 tahun dan orang dewasa adalah 10 mg/kgBB, tiap 12 jam sekali.

Cara Mengonsumsi Triclabendazole dengan Benar

Konsumsi triclabendazole sesuai anjuran dokter dan petunjuk pada kemasan obat. Jangan mengubah dosis tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter. Konsumsi triclabendazole dengan makanan.

Jika lupa mengonsumsi triclabendazole, segera minum jika belum mendekati waktu dosis berikutnya. Jika sudah dekat, abaikan dosis yang terlewat. Jangan menggandakan dosis triclabendazole untuk menggantikan dosis yang terlewat.

Simpan triclabendazole pada suhu ruangan dan letakkan di dalam wadah tertutup. Hindarkan obat dari paparan sinar matahari langsung dan jauhkan dari jangkauan obat ini dari anak-anak.

Interaksi Triclabendazole dengan Obat Lain

Mengonsumsi triclabendazole bersama obat siponimod, amiodarone, efavirenz, quinidine, atau bepridil dapat meningkatkan risiko terjadinya gangguan irama jantung yang bisa berakibat fatal.

Agar lebih aman, konsultasikan dengan dokter jika Anda berencana mengonsumsi triclabendazole bersama obat, suplemen, atau produk herbal tertentu.

Efek Samping dan Bahaya Triclabendazole

Beri tahu dokter jika efek samping di bawah ini tidak kunjung mereda atau semakin memberat:

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika keluhan yang disebutkan di atas tidak kunjung reda atau semakin parah. Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi obat atau mengalami efek samping yang lebih serius, seperti:

  • Pusing yang sangat berat atau muncul sensasi berputar
  • Sesak napas, batuk, nyeri dada
  • Sakit perut yang berat atau penyakit kuning
  • Nyeri di area tulang belakang