Triclosan adalah kandungan antijamur dan antibakteri yang umumnya ditemukan pada produk-produk deterjen, sabun mandi rumahan, dan pembersih alat-alat medis di rumah sakit. Triclosan kini juga digunakan pada produk kosmetik, pakaian, furnitur, peralatan masak, dan mainan untuk mencegah kontaminasi bakteri.

Meski termasuk kelompok obat antibakteri, kemanjuran triclosan sebagai agen antimikroba masih menjadi kontroversi. Di satu sisi, produk pasta gigi yang mengandung triclosan terbukti berhasil mencegah radang gusi atau gingivitis, namun penambahan zat ini ke dalam sabun diduga tidak memberikan manfaat tambahan.

triclosan-alodokter

Selain manfaatnya yang masih kontroversial, efek samping triclosan juga masih dikaji. Ada pendapat yang mengatakan bahwa penggunaan triclosan dapat mengganggu perkembangan hormon dan memicu resistensi pada bakteri.

Merek dagang: Red-A, Ponds, Hi-derm, Skinnova

Tentang Triclosan

Golongan Antiseptik
Kategori Obat bebas
Manfaat Agen antijamur dan antibakteri pada produk-produk deterjen, sabun mandi, dan pembersih alat-alat medis.
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak
Kategori kehamilan dan menyusui Kategori N: Belum diketahuiMeskipun sejauh ini terbukti aman pada manusia dan telah digunakan secara luas, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter, terutama bagi ibu hamil atau menyusui yang ingin menggunakan produk-produk dengan kandungan triclosan.
Bentuk obat Cairan

Peringatan:

Produk-produk yang mengandung triclosan hanya untuk digunakan pada tubuh bagian luar. Apabila terkena mata, segera bilas sampai bersih dengan menggunakan air. Apabila tertelan, segera periksakan diri ke dokter.

Jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Jika terjadi reaksi alergi ketika menggunakan produk-produk yang mengandung triclosan, seperti ruam dan iritasi kulit, hentikan penggunaan dan segera temui dokter.

Dosis Triclosan

Tersedia hingga konsentrasi 2%.

Menggunakan Triclosan dengan Benar

Gunakan sesuai anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk.

Ambil cairan kental triclosan pada tangan yang telah dibasahi air. Gosok-gosokkan pada permukaan kulit atau peralatan yang terlebih dulu juga telah dibasahi air, sampai sabun cair mengeluarkan busa, kemudian bilas dan keringkan secara menyeluruh.

Interaksi Obat

Belum diketahui.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Triclosan

Sama seperti obat-obat lain, triclosan juga berpotensi menyebabkan efek samping. Efek samping yang dapat terjadi setelah menggunakan zat antiseptik ini adalah peradangan pada kulit atau dermatitis kontak. Jika mengalami peradangan kulit setelah menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung triclosan dan kondisi tidak kunjung membaik, segera temui dokter.