Licorice telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk meredakan batuk dan mengatasi gejala asam lambung. Tak hanya itu, tanaman herbal ini ternyata juga memiliki beragam manfaat lain bagi kesehatan tubuh. 

Licorice adalah salah satu jenis tanaman herbal yang banyak tumbuh di wilayah Asia, termasuk Indonesia. Bagian akarnya sudah lama digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan, seperti eksim, sembelit, dan tukak lambung.

Ungkap Khasiat Licorice, Si Manis yang Diklaim Banyak Manfaat - Alodokter

Licorice sering kali diolah menjadi teh herbal dan dikonsumsi dengan cara diseduh menggunakan air hangat. Selain itu, tanaman yang memiliki nama latin Glycyrrhiza glabra ini juga tersedia dalam bentuk permen dan suplemen.

Licorice mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti karbohidrat, serat, protein, dan lemak. Tak hanya itu, tanaman herbal ini juga kaya akan antioksidan dan salah satunya adalah glycyrrhizin.

Beragam Manfaat Licorice untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beragam manfaat licorice bagi kesehatan tubuh yang dapat Anda peroleh:

1. Melancarkan saluran pernapasan

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi teh licorice dapat meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Tak hanya itu, licorice juga dipercaya bermanfaat untuk meringankan gejala asma.

Meski demikian, manfaat licorice untuk melancarkan saluran pernapasan ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

2. Memelihara kesehatan kulit

Sifat antiradang dan antioksidan di dalam licorice dipercaya baik untuk mencegah dermatitis atopik dan munculnya tanda penuaan dini pada kulit akibat paparan sinar ultraviolet. Selain itu, kandungan antioksidan glycyrrhizic di dalam licorice juga diyakini dapat mengatasi jerawat.

3. Meringankan gangguan pencernaan

Ekstrak licorice dipercaya dapat meredakan gejala penyakit GERD, seperti sensasi terbakar di dada dan nyeri perut. Kandungan antioksidan di dalam licorice juga diyakini dapat menghambat penyebaran bakteri H.pylori penyebab tukak lambung.

4. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Licorice memiliki kandungan antikanker yang diyakini dapat mencegah atau memperlambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker kulit, kanker payudara, kanker usus besar, dan kanker prostat.

Namun, penelitian mengenai manfaat licorice untuk menghambat pertumbuhan sel kanker ini masih terbatas dan perlu penelitian lebih lanjut.

5. Mencegah kerusakan gigi

Kandungan antibakteri di dalam licorice dipercaya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat menggunakan pasta gigi yang mengandung ekstrak licorice di dalamnya.

Selain manfaat di atas, licorice juga dipercaya baik untuk mengontrol kadar gula darah, mengurangi gejala menopause, dan menurunkan berat badan.

Meski licorice memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi licorice dalam jumlah banyak dan untuk waktu yang lama. Hal ini karena mengonsumsi licorice secara berlebihan dapat memicu beberapa masalah kesehatan, seperti kelemahan otot, hipertensi, dan aritmia.

Tak hanya itu, ibu hamil dan menyusui juga tidak disarankan untuk mengonsumsi licorice. Hal ini karena licorice dapat menghambat perkembangan otak janin dan menyebabkan gangguan otak pada bayi di kemudian hari.

Jika Anda memiliki keluhan kesehatan dan ingin mengonsumsi licorice sebagai alternatif pengobatan, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk memastikan keamanan dan efektivitasnya.