Menu Andalan di Kala Kesiangan untuk Sarapan

Sebagian orang kerap kesiangan untuk sarapan, terutama pada akhir pekan. Alih-alih menunggu waktu makan siang, kita mungkin lebih suka mengganjal perut terlebih dahulu alias menyantap brunch (breakfast-lunch atau sarapan kesiangan). Namun, sayangnya kalori santapan brunch dapat melonjak cepat dan mengacaukan program dietmu, apalagi bila makan di luar rumah.

Untuk alasan kesehatan, kamu tetap boleh menyantap sarapanmu yang kesiangan dengan tetap memperhatikan menu dan tips-tips tertentu demi meminimalkan efek-efek yang menjadikannya tidak sehat.

Menu Andalan di Kala Kesiangan untuk Sarapan - Alodokter

Berikut adalah beberapa menu brunch yang bisa kamu buat sendiri di rumah atau membelinya di luar.

  • Omelet

Telur menempati predikat A dalam hal gizi karena mengandung sejumlah nutrisi penting, seperti halnya kolin, vitamin B dan vitamin D. Jadi, tidak ada salahnya kamu membuat telur dadar isi alias omelet. Untuk membuat satu porsi omelet, kamu membutuhkan tiga butir telur, tapi jangan gunakan semua kuning telurnya. Gunakan tiga bagian putih telur dan satu bagian kuning telur saja. Tujuannya untuk mengurangi jumlah asupan kalori.

Sementara untuk bahan isiannya, kamu bisa menggunakan bawang, tomat, paprika, bayam, jamur, serta sejumput keju. Langsung masukkan bahan isiannya, tapi jangan menumis atau menggorengnya lebih dulu. Dan jangan tambahkan sosis atau daging asap karena kalorinya akan berjumlah besar.

  • Olahan kentang

Kamu bisa membuat kentang goreng maupun hashbrown alias kentang cacah goreng. Sajikan olahan kentang ini bersama salad sayur untuk memberikan gizi yang tinggi dengan kalori yang rendah. Dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kentang bersama roti karena jumlah asupan karbohidratmu akan menjadi berlipat ganda.

  • Yogurt dengan delima

Sajian ini sangat mudah dibuat. Kamu perlu sekitar 12 sendok makan yoghurt tawar rendah lemak, seperempat cangkir biji delima, satu sendok makan irisan kacang almond, serta satu sendok teh madu. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu mencampurkan semua bahannya saja.

  • Oatmeal

Siapkan oatmeal dengan dua sendok makan gula cokelat. Sajikan dengan potongan buah-buahan.

  • Roti Isi Salmon

Kamu bisa membuat roti lapis tipis yang disajikan dengan daging salmon asap, krim keju rendah lemak, serta irisan ketimun dan tomat.

  • Pancake atau wafel

Selain pilihan menu di atas, kamu bisa memilih menu lainnya. Cobalah satu panekuk atau wafel, tapi pilih salah satu saja ya, jangan makan keduanya bersamaan. Sementara untuk taburan, pilihlah potongan buah-buahan segar daripada sirop manis atau krim kocok.

Agar santapan brunch menggugah seleramu, pilihlah makanan yang rasanya sedap dan segar karena cenderung membuatmu puas sehingga tidak perlu porsi besar. Sementara untuk minumannya, kamu bisa memilih perasan air jeruk ataupun jus jeruk murni. Selamat menikmati!