Alami Luka Memar, Ini Pertolongannya

Luka memar terjadi karena adanya pembuluh darah kecil yang mengalami kerusakan. Akibatnya, darah keluar dari pembuluh darah ke jaringan yang ada di bawah kulit, sehingga menyebabkan timbulnya luka memar yang berwarna biru, merah, ungu, atau bahkan hitam.

Luka memar dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti adanya benturan, melakukan olahraga yang terlalu keras, atau bahkan tanpa alasan yang jelas. Memar yang terjadi tanpa alasan jelas dan disertai gejala gusi berdarah dan mimisan dapat menandakan terjadinya kelainan perdarahan.

alami luka memar, ini pertolongannya - alodokter

Luka memar yang disebabkan benturan biasanya dapat hilang dalam 2-4 minggu. Sebagian luka memar dapat hilang dengan sendirinya atau dengan diobati sendiri. Namun, beberapa luka memar yang disertai pembengkakan dan rasa sakit berlebih dan selama 30 menit atau lebih, dapat menjadi tanda adanya kondisi yang lebih serius.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi luka memar dengan tepat dan bisa mempercepat hilangnya bekas luka.

Pertolongan Pertama Pada Luka Memar

Guna mengatasi luka memar, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan es ke bagian tubuh yang terkena luka memar. Pertama, bungkus beberapa es batu dengan menggunakan kain atau handuk untuk mengompres luka memar. Lakukan hal ini selama setengah jam agar bengkak dan rasa sakit dapat berkurang. Kompres dengan atau memakai es diberikan dengan tujuan untuk menyempitkan pembuluh darah yang mengalami cedera, agar luka memar tidak semakin membesar.

Anda juga bisa menggunakan kain yang sudah direndam atau dibasahi air dingin. Lakukan hal ini beberapa kali selama sekitar 10 menit. Sedangkan untuk mengurangi rasa sakit, Anda bisa mengonsumsi obat-obatan seperti ibuprofen atau acetaminophen.  Kemudian, istirahatlah agar bagian tubuh yang mengalami cedera tidak perlu banyak bergerak.

Jika luka memar terjadi cukup besar pada bagian kaki, pada 24 jam pertama disarankan untuk tidak banyak bergerak dan menaikkan atau mengangkat bagian kaki yang mengalami memar.

Setelah prosedur pengompresan dengan kompres dingin, setelah lebih dari tiga hari umumnya luka memar dapat dikompres dengan menggunakan handuk hangat selama kurang lebih 10 menit. Hal ini dilakukan agar aliran darah meningkat, sehingga memungkinkan kulit menyerap darah lebih cepat. Pastikan setelah kompres hangat ini tidak ada rasa nyeri dan luka membaik.

Biasanya luka memar dapat hilang dengan sendirinya atau cukup dengan melakukan perawatan sendiri di rumah. Namun, jika rasa sakit yang Anda alami terjadi lebih dari 30 menit, maka hal tersebut dapat menjadi tanda bahwa luka memar tersebut merupakan cedera yang cukup serius. Segera konsultasikan kepada dokter jika luka memar disertai rasa sakit yang sangat parah, pembengkakan, atau kondisi memar tidak kunjung membaik setelah lebih dari dua atau tiga minggu.