Cara Menggunakan Baking Soda untuk Gigi Lebih Putih

Memiliki deretan gigi yang putih merupakan idaman setiap orang. Namun, untuk menjaga gigi tetap putih bukan perkara mudah. Penggunaan baking soda untuk gigi dipercaya mampu memutihkan gigi.

Memperoleh manfaat gigi putih, dapat dilakukan dengan menyikat gigi dengan baking soda atau menggunakan memilih pasta gigi yang mengandung baking soda.

cara menggunakan baking soda untuk gigi lebih putih - alodokter

Langkah Pemakaian

Nah, bagi Anda yang tertarik menggunakan baking soda untuk gigi, lakukan cara berikut ini:

  • Siapkan wadah atau gunakan telapak tangan Anda sebagai wadah baking soda. Setelahnya, basahi sikat gigi dengan air dan oleskan sikat gigi tersebut ke wadah atau telapak tangan yang berisi baking soda. Anggaplah baking soda sebagai pasta gigi dan sikatlah gigi Anda sekitar satu menit.
  • Perpaduan antara buah stroberi dan baking soda dapat memutihkan gigi secara alami. Anda dapat membuat pasta dengan campuran dari dua bahan ini. Caranya dengan menghaluskan buah stroberi terlebih dahulu lalu campurkan dengan baking soda dan aduk hingga merata. Setelah itu, aplikasikan pasta tersebut pada gigi dan diamkan. Setelah 5 menit, barulah sikat gigi Anda untuk menghilangkan bekas campuran tadi.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika memilih baking soda untuk gigi. Meski dianggap efektif menghilangkan noda pada gigi, tidak disarankan menggunakan baking soda sebagai pengganti pasti gigi secara terus menerus. Sebab, kandungan fluoride yang terdapat pada pasta gigi yang bermanfaat dalam mencegah gigi berlubang, tidak terdapat pada baking soda.

Sebagai alternatif untuk tetap mendapatkan manfaat dari baking soda, Anda dapat menyiasati dengan memilih pasta gigi yang mengandung bikarbonat, yaitu kandungan yang terdapat dalam baking soda.

Memutihkan Gigi Tidak Bisa Dilakukan Sembarangan!

Selain baking soda untuk gigi, bahan alami lainnya seperti lemon, cuka apel, dan kunyit  ditengarai dapat memutihkan gigi. Hanya saja, khasiat bahan alami tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Alternatif lain yang dapat dilakukan untuk memutihkan gigi adalah dengan menggunakan obat-obatan seperti strip pemutih, gel pemutih, dan obat kumur pemutih. Tetapi,  pemutihan gigi yang dilakukan dengan pengawasan dokter gigi lebih dianjurkan karena akan memberikan hasil yang lebih maksimal. Keamanannya pun lebih terjaga karena telah lebih dulu dilakukan pemeriksaan terkait kondisi dan kesehatan gigi pasien.

Memutihkan gigi sebaiknya dihindari tanpa konsultasi dokter, terutama pada kondisi seperti:

  • Mengalami penyakit gusi, email gigi yang aus dan akar gigi terbuka
  • Gigi bernoda gelap
  • Sedang mengandung
  • Masih berusia dibawah 16 tahun
  • Memiliki gigi yang sensitif dan alergi terhadap bahan pemutih gigi

Selain itu, untuk menjaga deretan gigi tetap putih, sebaiknya mulai menghilangkan kebiasaan merokok, mengonsumsi minuman bersoda atau berkafein yang dapat mempengaruhi warna gigi. Jangan lupa menyikat gigi setiap hari dan memeriksakan gigi secara teratur ke dokter tiap 6 bulan sekali.

Memutihkan gigi dapat dilakukan dengan berbagai macam cara dan pilihan, termasuk menggunakan baking soda untuk gigi. Namun jika Anda memiliki kondisi khusus, sebaiknya konsultasikan upaya pemutihan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi untuk menjamin keamanannya.